Skip to main content

6 Hikmah Teman Dengan Berbagai Karakter Yang Memberikan Manfaat


www.azid45.web.id - 6 Hikmah Teman Dengan Berbagai Karakter Yang Memberikan Manfaat. Assalamualaikum.Wr.Wb, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan hikmah teman yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Kita sebagai makhluk sosial sejatinya harus berinteraksi antar sesama. Oleh karena itu, teman, saudara, maupun yang lainnya merupakan hal yang penting bagi kita untuk berinteraksi dari berbagai aspek dalam kehidupan.

Dalam kehidupan ini, mengenai teman secara sederhana terdapat 6 hikmah ketika kita berteman dengan berbagai karakter. Diantara 6 hikmah tersebut adalah;

Pertama, teman yang bersifat keras. Kadang kita sebagai manusia memiliki sikap yang keras dan teguh pendirian. Hal tersebut ternyata secara tidak langsung memiliki dampak positif yang luar biasa, yaitu bahwasannya jika kita mengambil hikmah ketika teman kita ada yang bersifat keras sejatinya telah mendidik kita untuk memiliki sifat berani dan bersikap tegas.

Kedua, teman yang bersifat lembut. Selain bersifat keras, kadang seorang teman memiliki sifat yang sebaliknya yakni bersifat lembut. Teman yang bersikap lembut ini, banyak dicari oleh orang. Teman yang bersikap lembut dapat mengajarkan kepada kita cinta dan kasih sayang terhadap sesama.

Ketiga, teman yang cuek dan masa bodoh. Teman yang satu ini memang kadang mengesalkan dikarenakan dengan cuek dan masa bodohnya membuat kita jadi gregetan sama teman tersebut. Ketika kita memiliki teman seperti itu saat dinasihati maka tidak akan direspon alias masa bodoh. Namun disisi lain, teman yang cuek dan masa bodoh sejatinya memberikan pelajaran kepada kita agar berfikir bagaimana agar kita bersikap perhatian terhadap orang lain.

Keempat, teman yang tidak bisa dipercaya dan kata-katanya sulit dipegang kebenarannya. Teman yang seperti ini sebenarnya memberikan contoh kepada kita untuk berfikir dan merasa betapa tidak enaknya dikhianati oleh karena itu belajarlah untuk menjadi orang yang dapat dipercaya. Dengan berteman seperti itu, kita dapat bercermin diri, agar tidak memiliki  sifat yang seperti demikian dan kita tahu betapa hati kita sakit jika kita dilakukan seperti itu.

Kelima, teman yang jahat dan hanya memanfaatkan kebaikan orang lain. Model teman ini sejatinya membuat kita agar kita bertindak bagaimana bisa berbuat banyak kebaikan namun tetap waspada.

Keenam, teman yang judes dan cerewet. Teman yang seperti ini sebenarnya dia adalah orang yang baik dan mengingatkan kepada kita meskipun dalam berbicara kadang berlebihan.

Itulah 6 hikmah berteman dengan berbagai karakter yang dapat memberikan manfaat. Tanpa orang-orang seperti itu kita akan selalu terlena dalam zona nyaman dan tidak berkembang. Oleh karena itu kita sepatutnya bersyukur kepada Allah selalu dalam setiap keadaan dan terimalah setiap orang dalam hidup kita.

Karena Allah tidaklah pernah salah dalam mempertemukan kita dengan siapa pun, tinggal bagaimana cara kita menyikapinya. Karena karakter orang seperti yang saya sebutkan diatas tadi secara tidak langsung selain melatih kesabaran kita, juga membuat kita semakin dewasa dan bijaksana.

Orang pintar bisa gagal, orang hebat bisa jatuh, tetapi orang yang rendah hati dan sabar dalam segala hal akan selalu mendapat jalan untuk menempatkan diri dengan seimbang karena kokoh pijakannya.

Demikianlah 6 Hikmah Teman Dengan Berbagai Karakter Yang Memberikan Manfaat. Semoga artikel ini bermanfaat, amin.
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar
Close Disqus