Skip to main content

4 Faktor Yang Mempengeruhi Kemampuan Membaca Bahasa Arab


Menurut Lamb Amold ada empat factor yang mempengaruhi membaca yaitu:
a)    factor fisiologis, yang termasuk factor fisiologis adalah kesehatan fisik (misalnya alat bicara, alat pendengaran, dan alat penglihatan), pertimbangan neurologis (misalnya berbagai cacat otak), dan jenis kelamin.
b)   Factor intelektual. Secara umum intelegensi peserta didik tidak sepenuhnya mempengaruhi berhasil atau tidaknya peserta didik dalam membaca. Pendipat ini sesuai dengan penelitian Ehansky yang dikutip oleh Harris dan Sipay yaitu bahwa secara umum ada hubungan positif antara kecerdasan yang diindikasikan oleh IQ dengan rata-rata peningkatan remedial membaca.
c)    Factor lingkungan. Factor lingkungan mencakup: a) latar belakang dan pengalaman peserta didik dirumah, dan b) social ekonomi keluarga peserta didik. Rumah sebagai tempat bernaung setiap hari mempengaruhi pribadi dan penyesuaian dari peserta didik dalam masyarakat.
d)   Fakor psikologis. Dari sisi psikologis, factor yang mempengaruhi kemampuan membaca mencakup: a) motivasi, b) minat, c) kematangan social, emosi, dan penyesuaian diri. Motivasi adalah factor kunci dalam belajar membaca, dan kuncinya adalah guru harus mendemonstrasikan kepada peserta didik praktik pengajaran yang relevan dengan minat dan pengalaman anak sehingga anak memahami belajar itu sebagai suatu kebutuhan.[1]


[1] Farida Rahim, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, (Jakarta: Bumi Aksar, 2007), hal.16-30

PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar
Close Disqus