Skip to main content

5 Permainan Bahasa Arab untuk Mengukur Kemampuan Membaaca Qira'ah



Adapun tujuan dari pembelajaran maharah qiro’ah adalah memahami isi dan makna bahasa tulis. Oleh karena itu permainan bahasa yang dapat digunakan untuk pembelajaran keterampilan ini adalah sebagai berikut:
v  Uji pengetahuanmu ( ikhtabir ma’luumaatik)
Guru memberi beberapa soal teka-teki dalam bentuk tertulis dengan bentuk yang lucu dan kritis kemudian siswa menjawabnya. Atau guru menuliskan pertanyaan pada kartu dengan 10 pertanyaan dan jawabannya ada pada kartu lain. Hal ini dilakukan untuk menguji wawasan siswa setelah mereka membaca.

v  Sobekan cerita ( al Auroq al Mumazzaqoh)
Guru memilih cerita-cerita pendek dari buku, majalah, koran dan sebagainya. kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian, selanjutnya guru menceritakan cerita tersebut, setelah selesai siswa disuruh mengurutkan sesuai dengan cerita yang telah dibacakan.
v  Antonim (Al-Mudhod)
Guru menunjukkan kata yang ditulis di kartu kemudian siswa menyebutkan lawan kata tersebut, atau siswa disuruh mengambil kartu secara acak, dan siswa yang mendapatkan kartu langsung menyebutkan lawan katanya. Apabila siswa tidak bisa menjawab, maka ia harus mendapat hukuman.
v  Mengeluarkan kata yang asing (Takhrij Al-Kalimah Al-Ghoribah)
Guru memperlihatkan secara cepat beberapa jenis atau kelompok kata, (seperti: mufrod, mutsanna, jama’, mudzakkar, muannas, isim fail, isim maful, isim makan,dst atau kelompok contoh: alat-alat sekolah, dapur, petani, nelayan, dokter,dst) satu diantara kelompok kata tersebut ada yang asing, siswa harus mencarinya dan membacanya. Bagi siswa yang menjawab dengan benar bisa diminta untuk memberikan argumentasi dari jawabannya.
v  Kursi yang benar dan yang salah (Al- Kursi As-Shohih Dan Al-Khoto’)
Permainan ini untuk menguji atau mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam memahami teks bacaan. Langkah yang harus dilakukan oleh guru adalah: membentuk kelompok yang terdiri dari 2 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 6 siswa yang berjajar saling berlawanan menghadap ke arah kursi tersebut. kemudian guru membacakan ungkapan yang terdiri dari ungkapan benar dan salah untuk nomor 1, begitu juga untuk urutan berikutnya. Apabila mereka benar dalam menduduki kursi, maka kelompok tersebut mendapatkan satu point. Untuk ungkapan yang ada dalam kartu dapat di ambil dari pelajaran yang telah dipelajari atau pengetahuan umum.


PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar
Close Disqus