Ilmu bahasa adalah ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Yang terbagi menjadi 2 macam
1.      Ilmu Bahasa teoritis
Adalah Ilmu yang di dalamnya memuat beberapa ilmu, di antaranya ilmu aswat, ilmu fonemat, ilmu sejarah-sejarah, ilmu ma’ani, ilmu shorof dan ilmu nahwu.
2.      Ilmu bahasa praktis (penerapan)
Adalah ilmu yang berisi tentang berbagai ilmu pembelajaran bahasa Asing dan terjemahnya. Ilmu nafs, dan ilmu bahasa sosial.
Ketika kamu ingin mengetahui beberapa ilmu-ilmu di atas, mungkin kamu bisa mengetahuinya dengan keterangan di bawah ini :
1.      Ilmu aswat(suara/bunyi)

Adalah ilmu yang menjelaskan tentang suara/ bunyi bahasa, pemindahannya dan perolehannya. Ilmu ini di bagi menjadi 3 bagian: ilmu suara ucapan, ilmu suara fisik  dan ilmu suara pendengaran.
1.      Ilmu suara, membahas dalam mengucapkan suara dan perpindahan atau tranmisinya dalam penuturan. Keilmuan ini di bagi menjadi 3 bagian, ilmu penerapan suara, llmu suara fisik dan ilmu suara yang didengar. Semua ilmu membahas tentang pengucapan suara, perpindahan dan penuturannya
2.      Ilmu fonem, adalah keilmuan yang membahas tentang fungsi dan penjelasan pembagian fonem dalam penggunaan bahasa
3.      Ilmu sejarah bahasa, membahas tentang perkembangan bahasa
4.      Ilmu shorof. Membahas tentang beberapa fonem dan distribusinya, morfem adalah unit terkecil dari bahasa yang bermakna
5.      Ilmu nahwu, membahas tentang susunan kata dalam  kalimat, sebagian menyebutnya sebagai ilmu aturan-aturan. Sebagian lagi menyebut, gabngan antara ilmu shorof dan ilmu nahwu adalah sebagai ilmu qowaid.
6.      Ilmu semantik, membahas tentang penerapan semantik dan hubungan antara mufrodad dalam mencari makna, sebagian ulama’ menyebutnya dengan ilmu dilalah (semantik)
7.      Ilmu psikolinguistik, yang mempelajari ilmu bahasa dari perilaku fenomena sendiri dalam hal efek pertumbuhan dan psikologis yang terjadi sebelum, selama atau setelah percakapan.
8.      Ilmu bahasa sosial, mempelajari tentang ilmu bahasa dalam masyarakat dari segala dialek akibat letak geografi, dialek sosialnya, dan juga ruang lingkup masyarakat, cerminan dasar disebabkannya bahasa.

Dan manfaat mempelajari bahasa adalah sebagai berikut:
1.      Lebih baik kita mengetahui tentang bunyi pengucapan yang di keluarkan sebaiknya disesuaikan dengan pelafalan bahasa yang diinginkan. Seperti kita pertama belajar pelafan bahasa ibu. Dengan begitu mungkin kita akan mengetahui kesamaan posisi dan perbedaan dalam aturan suara antara bahasa yang di inginkan dengan bahasa ibu.
2.      Lebih baik kita mengetahui bahwa ilmu shorof sifatnya dan dapat dipahami dalam menyusun kata dan membaginya pada salah satu shorfiyah yaitu morfem dalam bahasa ibu dan bahasa yang diinginkan.

-          Pentingnya bahasa arab
Bahasa arab menempati bahasa khusus di antara bahasa –bahasa dunia.  
1.      Bahasa Al-Quranul karim, bahasa arab adalah bahasa yang di gunakan dalam kitab al-quran. Oleh karena itu bahasa ini diperlukan oleh para muslim untuk membaca dan memahami al-quran guna mengambil perintah, larangan dan hukum syari’ah.
2.      Bahasa sholat, setiap muslim menginginkan untuk menunaikan sholat, menunaikan sholat haruslah dengan berbahasa arab. Maka bahasa arab termasuk dalam rukun dari beberapa rukun islam. Maka bersegeralah belajar bahasa arab karena hal itu adalah wajib untuk seluruh muslim
3.      Bahasa hadist yang mulia, bahwa bahasa ucapan rasulallah SAW adalah bahasa arab. Oleh karena itu ketika orang-orang muslim ingin membaca hadits dan menerapkannya, mereka harus mengetahui tentang bahasa arab.
4.      Arab merupakan negara perekonomian.
5.      Banyaknya pengguna bahasa arab. Bahasa arab merupakan bahasa pertama yang di gunakan di 22 negara di arab selebihnya bahasa arab menjadi bahasa kedua yang di gunakan, sekitar 70 % negara-negara yang menggunakan bahasa arab sebagai bahasa pertama.

Artikel Lainnya

Disqus CommentClick HereHide

0 komentar untuk Pentingnya mempelajari Ilmu Bahasa Arab