Skip to main content

Recent Disqus

Click Here On Load Disqus

Cara Membuat Video Sendiri Dengan Smartphone Secara Profesional Tanpa Ribet

Cara Membuat Video Sendiri Dengan Smartphone Secara Profesional Tanpa Ribet
Cara Membuat Video Sendiri Dengan Smartphone Secara Profesional Tanpa Ribet
www.azid45.web.id - Cara Membuat Video Sendiri Dengan Smartphone Secara Profesional Tanpa Ribet. Di tangan seorang ahli atau setidaknya orang yang faham dalam dunia videografi, kamera smartphone pun bisa menjadi senjata yang ampuh untuk menghasilkan karya yang tak kalah memukau dibandingkan dengan kamera sekelas DSLR.

Dengan perkembangan teknologi terkini, kamera ponsel keluaran terbaru saat ini rata-rata sudah mendukung kualitas HD dan beragam fitur canggih lainnya.

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana memaksimalkan kemampuan kamera smartphone untuk menghasilkan video dengan kualitas paling baik di kelasnya, bukan bermaksud membanding-bandingkan kamera ponsel dengan kamera profesional lho guys ! karena sudah jelas berbeda kelasnya.

Langsung saja, Berikut beberapa hal yang harus kita pahami untuk memaksimalkan kualitas video pada kamera Smartphone Anda agar terlihat seperti kamera profesional.

Pahami pengaturan dan fitur kamera smartphone.

Pelajari pengaturan dan fitur-fitur yang disediakan kamera smartphone yang akan kita gunakan, baca manual book atau review tentang smartphone yang kita gunakan.

Selalu gunakan resolusi tertinggi yang tersedia pada smartphone, tentunya dengan menyiapkan memori yang lebih untuk video dengan resolusi tinggi.

Jika tersedia, gunakan mode percantik untuk merekam gambar manusia atau gambar close-up lainnya. Dengan adanya mode percantik akan memperhalus gambar terutama pada wajah manusia juga mengurangi tingkat noise pada gambar.

Jika tersedia, gunakan juga fitur mode HDR untuk merekam video landscape untuk meningkatkan detil pada gambar video yang dihasilkan. Bila memungkinkan kita juga bisa menggunakan mode timelapse supaya video terkesan dramatis dan lebih unik.

Pelajari mode manual, karena nanti akan sangat berguna pada situasi tertentu, seperti pada kondisi cahaya yang relatif gelap atau tidak stabil dimana biasanya penghitungan pencahayaan dari smartphone sering meleset. Lebih lengkapnya pelajari lebih detil tentang dasar-dasar fotografi seperti aperture, ISO, shutter speed, dan lain sebagainya.

Jika aplikasi kamera (bawaan) dirasa kurang bagus, coba gunakan aplikasi kamera pihak ketiga seperti Camera MX, HD Camera Ultra, atau yang lainnya. Silahkan cek aplikasinya di playstore/ app store.

Ambil video dengan pencahayaan yang baik.

Bagi profesional cahaya memiliki peranan yang sangat penting dalam menghasilkan video dengan kualitas yang baik. Selain memperterang gambar, arah cahaya juga dapat mempengaruhi kesan dan dimensi pada sebuah gambar.

Berikut poin-poin dasar yang harus kita pahami tentang pencahayaan :

Usahakan memilih lokasi dengan pencahayaan yang cukup. Dikarenakan kalau video diambil pada kondisi cahaya yang kurang, hasilnya akan cenderung gelap dan noise.

Jika merekam video di dalam ruangan, pilihlah lokasi dekat jendela atau sumber cahaya, manfaatkan cahaya yang berasal dari luar jendela untuk menerangi objek.

Untuk lokasi di luar ruangan, hindari merekam video pada tengah hari karena cahaya matahari dari arah atas akan menghasilkan pencahayaan yang keras dengan bayangan yang tidak enak dipandang mata.

Jangan merekam video dengan kamera menghadap sumber cahaya, kecuali kita sudah paham dengan teknik backlight atau memang sengaja ingin membuat silluet. Karena pada kondisi backlight, objek akan cenderung lebih gelap daripada background.

Para profesional hampir selalu mempertahankan video yang stabil supaya enak ditonton, kecuali mereka memiliki konsep tertentu yang memerlukan sedikit goncangan untuk adegan tegang seperti perkelahian, gempa bumi, tsunami dll.

Berikut trik membuat video layaknya profesional

Hindari zoom in dan zoom out dari kamera smartphone langsung, karena dengan zooming getaran yang timbul akan semakin kuat. Adapun solusinya adalah mendekat pada objek yang akan kita rekam, serta usahakan jangan berjalan atau bergerak ketika merekam, kecuali kita menggunakan stabilizer.

Letakkan ponsel di tripod, meja, kursi, atau apa saja supaya tidak bergerak. Gunakan benda tersebut sebagai tripod. Ganjal dengan benda seperti buku supaya ponsel tidak bergeser, atau coba letakkan ponsel di lantai untuk mendapatkan angle yang lebih ekstrim dari arah bawah.

Jika masih ingin merekam video dengan memegang ponsel, peganglah dengan dua tangan dan sandarkanlah tubuh kita ke dinding, pohon, atau benda besar lain yang tidak bergerak.

Aktifkan fitur images stabilizer pada smartphone jika tersedia.

Supaya video tidak terlihat membosankan, rekamlah sebuah adegan beberapa kali dengan angle yang berbeda dan gabungkan jadi satu dengan software editing video, seperti sony vegas atau yang lainnya yang sudah tersedia efek stabilizer.

Fokuskan lensa kamera pada obyek.

Pastikan gambar benar-benar sudah fokus sebelum menekan tombol rekam untuk mendapatkan gambar video yang tajam.

Cobalah setting jarak antara objek ke background lebih jauh daripada jarak ponsel ke objek, kemudian aturlah fokusnya pada objek saja. Setelan seperti ini akan membuat video lebih berdimensi, dikarenakan kamera ponsel hanya fokus pada objek sedangkan background blur, atau bisa disebut bokeh.

Jika kamera ponsel kesulitan mengatur fokus, ganti settingan fokusnya ke mode manual. Dan perlu diketahui bahwasanya ada beberapa kamera ponsel yang kurang baik dalam melakukan pengambilan gambar video seperti ini.

Demikianlah tips dan trik membuat video profesional dengan menggunakan kamera ponsel Android kita. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita di dunia videografi.

Artikel Dari: http://www.djazimbersatu.id/ (Peserta Promo Template Simple Responsive V 3.5)
KOLOM ILMU Seorang Blogger Pemula yang ingin menjadi blog profesional
Reactions
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar