Skip to main content

Apa Itu Cloud Hosting, Cara Kerja, dan Manfaatnya bagi Bisnis

Apa Itu Cloud Hosting, Cara Kerja, dan Manfaatnya bagi Bisnis

www.azid45.web.id, Apa Itu Cloud Hosting, Cara Kerja, dan Manfaatnya bagi Bisnis - Semakin banyak penjualan yang dimiliki bisnis Anda, semakin banyak lalu lintas di situs web Anda akan meningkat. Sebelumnya, Anda telah menggunakan shared hosting. Ini bagus untuk usaha kecil hingga menengah. Namun, di shared hosting, Anda akan dibatasi oleh kapasitas penggunaan. Juga, Anda perlu berbagi server dengan situs web lain.

Jika Anda menginginkan bisnis yang lebih baik, tentu penyedia layanan hosting akan menawarkan hosting Virtual Private Server (VPS). Namun, masalahnya adalah biaya yang tidak terukur dan Anda membutuhkan seorang ahli untuk mengelola manajemen server.

Oleh karena itu, lebih baik Anda menggunakan cloud hosting. Sebab, bisa dibilang cloud hosting adalah shared hosting beraroma VPS. Apakah itu benar? Di bawah ini adalah pemahaman tentang cloud hosting, cara kerjanya, dan manfaat menggunakannya.



Apa itu Cloud Hosting?

Secara garis besar, cloud hosting adalah web hosting yang mampu menggabungkan beberapa server. Jadi, antara beban (load) dengan jam kerja server harus seimbang. Jadi, kualitas kinerjanya akan sangat baik. Jika ada masalah dengan salah satu server, maka segera ditransfer ke server lain. Hal ini menyebabkan uptime selalu maksimal karena saling backup antar server.

Kemudahan penskalaan dan sumber daya pribadi adalah kuncinya. Jadi, memang benar bahwa cloud hosting adalah shared hosting beraroma VPS. Manajemen manajemen seperti shared hosting, tetapi kualitas dan sumber dayanya mendekati VPS.

Cara Kerja Cloud Hosting

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa penggunaan server dikondisikan dengan baik. Jika server utama sedang down, server lain dapat dengan cepat menggantikan server yang bermasalah. Misalnya, masalah yang dihadapi adalah kelebihan beban. Anda tidak perlu khawatir karena dalam hitungan detik, server pengganti telah hadir dan dapat melakukan proses yang diinginkan website.

Manfaat Menggunakan Cloud Hosting

Selain itu, resource yang disajikan seperti VPS hosting. Dikatakan cepat karena servernya mampu menampung ribuan trafik lebih banyak dari shared hosting. Juga lebih mudah dikelola daripada hosting VPS. Setelah server aplikasi selesai menerima semua perintah, maka data akan diproses. Akibatnya, di akhir proses akan ada halaman berbeda yang diperbarui sesuai dengan perintah.

Inilah yang akan dilihat pengguna dimana kemudian konsumen juga akan merasakan manfaatnya. Contoh mudahnya seperti menggunakan email di aplikasi Gmail atau Yahoo. Pengguna tidak perlu mengunduh perangkat lunak khusus untuk dapat menggunakan layanan ini karena semua data yang terletak di beberapa server berbeda telah terintegrasi secara umum atau global. Yang dibutuhkan pengguna untuk dapat menikmati layanan ini hanyalah koneksi internet.

Bahkan dalam layanan online GoJek, semua memori dan perangkat lunak pengguna sebenarnya tidak berada di komputer tetapi terintegrasi langsung menggunakan sistem cloud dengan perantara komputer serta koneksi internet. Singkatnya, cloud computing adalah sistem yang sekarang banyak digunakan oleh beberapa perusahaan terkenal dan perusahaan baru maupun oleh organisasi karena akan sangat berguna, terutama untuk penyimpanan data yang sangat efisien.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Cloud Hosting?

Mengakomodasi Lebih Banyak Lalu Lintas

Keunggulan layanan ini adalah dapat menampung lebih banyak trafik. Jadi Anda tidak perlu khawatir website akan down. Sebab, sifatnya yang berupa server gotong royong membuat traffic website tetap berjalan normal. Distribusi server yang sesuai dengan kebutuhan Anda menjaga keamanan situs web Anda meskipun banyak pelanggan yang mengaksesnya. Jadi, Anda tetap bisa fokus mengembangkan bisnis Anda.

Kinerja Aman

Apa yang paling ditakuti oleh pengguna layanan hosting? Tentu saja, kualitas keamanannya tidak mumpuni. Jadi, inilah keuntungan dari cloud hosting. Keamanan di situs web Anda benar-benar terjaga. Tidak akan ada penipuan, pencurian, atau pencurian baik data pribadi maupun data pengguna. Algoritma yang dapat berubah sesuai permintaan membuat perlindungan data sangat aman.

Manajemen Manajemen Mudah

Kekhawatiran Anda tentang cara mengelola manajemen cloud hosting telah dihapus. Karena sangat mudah untuk mengelolanya. Tersedianya berbagai control panel seperti shared hosting membuat Anda cukup familiar.

Kapasitas Lebih Besar

Adanya banyak server pada sebuah cloud hosting membuat layanan hosting ini memiliki kapasitas yang lebih besar. Dengan begitu, Anda dapat menampung lebih banyak data dan file. Dengan kapasitas yang besar Anda juga bisa membangun website yang memiliki banyak konten dan memiliki trafik yang tinggi. Tentunya tanpa khawatir website Anda akan mengalami masalah.

Mampu Menangani Lalu Lintas Tinggi

Sebuah website yang besar tentunya sudah memiliki banyak pengunjung. Jika salah memilih hosting, maka website bisa mengalami down atau tidak bisa diakses. Menggunakan cloud hosting bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda yang sudah memiliki website dengan traffic tinggi. Karena cloud hosting dapat menampung trafik yang sangat besar.

Performa Website Lebih Stabil

Sistem cluster pada cloud hosting membuat website lebih stabil. Jika ada salah satu server yang bermasalah, maka server lain akan bekerja menggantikan server tersebut. Dengan begitu, website akan selalu online, sehingga tetap bisa diakses oleh pengunjung.

Demikian pembahasan mengenai Cloud Hosting, semoga artikel ini bermanfaat.

PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar
Close Disqus