10 Aspek Ujaran Kebencian dalam Masyarakat

10 Aspek Ujaran Kebencian dalam Masyarakat


Penyebaran ujaran kebencian baik dalam konten dan konteks selalu memiliki tujuan antara lain untuk menghasut dan menyulut kebencian terhadap individu dan/atau kelompok masyarakat dalam berbagai komunitas. Yang dibedakan dari aspek:[1]
1.   Suku
2.   Agama
3.   Aliran keagamaan
4.   Keyakinan/Kepercayaan
5.   Ras
6.   Antar golongan
7.   Warna kulit
8.   Etnis
9.   Gender
10. Kaum difabel (cacat)
11. Orientasi seksual

Konten serta konteks dalam ujaran kebencian yang menistakan atau merendahkan martabat seseorang karena latar belakang agama, suku, dan ras diperlukan penindakan dengan cara ketegasan karena kebebasan berekspresi tidak boleh disalahgunakan untuk menghancurkan kebebasan hak asasi orang yang lain. Sehingga sering kali menyebabkan timbulnya konflik yang menyebabkan perpecahan baik itu intern golongan maupun antar golongan. Konflik adalah sebuah fakta yang tidak bisa dicegah karena timbul atas dasar rasa kebersamaan golongan yang ingin mempertahankan kemenangan dan ujaran kebencian juga sering terdengar dari mimbar agama, baik khutbah maupun pengajian. Tidak jarang khatib atau penceramah menyampaikan ujaran kebencian dengan menista kelompok lain baik intra maupun antar agama, menuduh orang, kelompok atau aliran lain sebagai thagut dan sesat, sehingga memicu konflik yang berkaitan dengan SARA.[2]  


[1] Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Surat Edaran Kapolri Nomor: SE/06/X/2015 tentang Penanganan Ujaran Kebencian (Hate Speech), 3.

[2] Ayumardi Azra, “Ujaran Kebencian dan Kebebasan”, Republika, (05 November 2015), 4.


Reaksi:
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar Disqus
Tutup Komentar

0 Response to "10 Aspek Ujaran Kebencian dalam Masyarakat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel