2 Hakikat Ketrampilan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Arab

2 Hakikat Ketrampilan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Arab


Membaca merupakan salah satu keterampilan yang tidak mudah dan sederhana, tidak sekedar membunyikan huruf-huruf atau kata-kata akan tetapi sebuah keterampilan yang melibatkan berbagai kerja akal dan pikiran. Membaca merupakan kegiatan yang meliputi semua bentuk berpikir, memberi penilaian, memberi keputusan, menganalisis dan mencari pemecahan masalah.[1]
Atau membaca adalah melihat dan memahami isi dari apa yang tertulis dengan melisankan atau di dalam hati dan mengeja atau melafalkan apa yang tertulis. Jadi, membaca mencakup dua kemahiran yaitu mengenali simbol-simbol tertulis yang ada didalamnya atau memahami isinya (Ahmad Izzan, 2009: 149).[2] Membaca dapat diklasifikasikan menjadi dua macam, yaitu:[3]

a)      Membaca dari segi penyampaian
·         Membaca nyaring (Qiro’ah Jahriyah): membaca dengan menekankan kepada aktifitas anggota bicara: lisan, bibir, tenggorokan untuk mengeluarkan bunyi.
·         Membaca dalam hati (Qiro’ah Shomitah): membaca dengan melihat huruf dan memahami makna bacaan tanpa aktifitas organ bicara.
b)      Membaca dari segi bentuknya
·      Membaca intensif (qira’ah mukatstsafah), yang mempunyai karakteristik sebagai berikut;
a.    dilakukan di kelas bersama pengajar
b.    bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, utamanya dalam membaca dan memperkaya perbendaharaan kata serta menguasai tata bahasa yang dibutuhkan dalam membaca
c.    pengajar mengawasi dan membimbing kegiatan itu serta memantau kemajuan peserta didik
·      membaca ekstensif (qira’ah muwassa’ah) yang mempunyai karakteristik sebagai berikut:
a.    kegiatan membaca dilakukan di luar kelas
b.    tujuannya untuk meningkatkan pemahaman isi bacaan
c.    sebelum kegiatan dilakukan pengajar mengarahkan, menentukan materi bacaan dan mendiskusikannya.


[1]  Dr.H. Bisri Mustofa, M.A. dan Dr.H.M.Abdul Hamid, M.A., Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN Maliki Press, 2012), hal: 99
[2]  Ahmad Izzan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, ( Bandung: Humaniora, 2009), hal: 149
[3] Abd.Wahab Rosyidi,M.Pd dan Mamlu’atul Ni’mah,M.Pd, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, ( Malang: UIN Maliki Press, 2011), hal: 95

Reaksi:
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar Disqus

0 Response to "2 Hakikat Ketrampilan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Arab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel