Perbandingan Syarat Calon Pemimpin Pejabat Negara Islam dan Non I

Perbandingan Syarat Calon Pemimpin Pejabat Negara Islam dan Non I


Syarat Calon Presiden atau Pejabat Negara Di Negara-Negara Islam
a.      Negara Malaysia
Malaysia[1] adalah Negara yang penduduknya mayoritas islam, selain memiliki hubungan historis dengan Indonesia Malaysia juga merupakan Negara dan bangsa serumpun dengan Indonesia yaitu sebagai bangsa melayu.

Syarat-syarat menjadi calon (ahli) anggota parlemen Negara Malysia adalah sebagai berikut:[2]
1)      Warga Negara Malaysia
2)      Tidak kurang dari 21 tahun
3)      Waras fikiran
4)      Bukan seorang mufis
5)      Tidak mempunyai rekod jenayah
6)      Seorang ahli tidak boleh memegang jawatan kedua-dua Dewan Rakyat dan Dewan Negara dalam satu masa.
b.      Republik Islam Iran
Syarat – syarat untuk menjadi seorang presiden di Negara Republik Islam Iran adalah:[3]
1)      Tidak pernah bertugas di dalam Monarki Iran
2)      “Loyal” kepada Republik Islam Iran
Pandangan penyusun terhadap perbedaan syarat eks terpidana di berbagai Negara Islam (Malaysia, Iran, dan Indonesia) untuk menjadi pejabat publik atau negara berbeda – beda. Malaysia dan Iran “menutup pintu rapat-rapat” bagi eks terpidana. Dalam UU Negara tersebut tidak dijelaskan ukuran pertanggungjawaban maksimal-minimal tindak pidana yang dilakukan, malinkan kriteria seseorang melakukan tindak pidana apapun tidak mungkin menjadi pejabat negara.
Syarat Calon Presiden atau Pejabat Negara Di Negara Non-Islam
a.      Amerika Serikat
Syarat-syarat untuk menjadi seorang presiden di Negara Amerika Serikat antara lain:[4]
1)      Warga Negara Amerika Serikat
2)      Dapat memangku jabatan presiden, dan
3)      Telah mencapai umur 35 tahun dan
4)      Telah berdiam di Amerika Serikat selama 14 tahun
Negara adikuasa Amerika yang dikenal sebagai Negara “pedagang” demokrasi di negara-negara Islam termasuk Indonesia sebagai salah satu negara konsumen tetap tidak menetapkan kriteria atau syarat eks terpidana untuk menjadi pejabat Negara atau publik. Hal ini terbukti banyaknya para pejabat Negara Amerika eks terpidana. Bahkan ada senator yang juga eks pelacur.


[1] Malaysia merupakan Negara yang memiliki banyak kesamaan dengan bangsa Indonesia dari aspek mazhab sendiri Malaysia juga menganut mahzab seperti halnya di Indonesia. Hal ini sengaja penyusun bandingkan agar tercapai sebuah pandangan atau perspektif perlakuan Negara terhadap eks terpidana yang memiliki banyak kesamaan.
[3] http://www.wikipedia.org.id/wiki/daftar_presiden_iran, akses 21 Maret 2012. Iran dalam pandangan penyusun memiliki pengaruh besar terutama dalam hal historitas revolusi di Negara para mullah tersebut. Pengaruh tersebut tidak hanya bergema di daerah atau Negara muslim saja, tetapi juga menjadi argument penerapan agama sebagai pengemudi kebijakan, budaya, dan sosial.

Reaksi:
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar Disqus

0 Response to "Perbandingan Syarat Calon Pemimpin Pejabat Negara Islam dan Non I"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel