Skip to main content

Inilah Teknik Yang Efektif dalam Pembelajaran Ashwat Tingkat Lanjut

Agar kemampuan siswa melafalkan semua jenis huruf akan tercapai maka pada tingkatan ini seharusnya mulai di ajarkan huruf yang sulit pelafalannya, Cara yang di anggap efektif dalam mengajarkan bunyi bahasa Arab yang sulit kepada siswa adalah dengan mencontohkan pelafalan setiap bunyi yang kemudian diikuti oleh siswa. Selain dalam bentuk bunyi tunggal, contoh pelafalan tersebut sebaiknya diberikan dalam bentuk kata bermakna dimana huruf yang di contohkan berada di awal, di tengah dan di akhir kata. Contoh:

ص – ص – ص – ص
 صام – صوم – صدر –– صار
مصير – قصور – انتصر – أصغى
 خالص-  يتربّص-  اخلاص- خاص
Teknik lain yang di anggap efektif untuk mencontohkan pelafalan bunyi bahasa Arab adalah dengan menggunakan pasangan minimal (tsuna’iyyah sughro/ minimal pair), yaitu dua kata yang berbeda maknanya karena perbedaan apa saja, apakah di awal, di tengah, atau di akhir. Latihan membedakan bunyi bahasa Arab dengan pasangan minimal dapat dilakukan dengan cara guru melafalkan pasangan minimal dengan jelas, sementara siswa menyimak dan memperhatikan gerak bibir dan mulut guru mereka supaya terlihat dengan jelas perbedaan kedua kata tersebut. Contoh pasangan minimal yang dapat membantu guru menggunakan teknik ini adalah:
مسحوب - مصحوب ، فسد - فصد، سرّة - صرّة.
Tentunya teknik ini akan semakin mempertajam lisan siswa dalam melafalkan dan membedakan huruf-huruf yang berdekatan makhrajnya.
Pada tingkat ini, siswa sudah memiliki pengetahuan tentang kebahasaan, Makharijul Huruf Arabiyah, dan pengidentifikasian bunyi suara melalui beberapa mufrodat, selanjutnya seorang pelajar setidaknya bisa menganalisis bunyi-bunyi bahasa Arab dari beberapa kalimat atau sebuah teks, seorang pelajar dapat membedakan dan menganalisis beberapa bunyi bahasa Arab yang hampir sama, seorang pelajar dapat membunyikan bentuk tunggal maupun jama’. Oleh karena itu, guru harus memberikan drill pada siswa dalam pelafalan bunyi-bunyi Arab, seperti dalam membedakan tiga atau dua huruf yang hampir sama, kemudian dirangkai dalam kalimat, contoh: ص ش م  kemudian disusun dalam sebuah kata.
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar
Close Disqus