8 Rahasia Menjadi Orang Yang Cerdas

8 Rahasia Menjadi Orang Yang Cerdas


www.azid45.web.id - Assalamualaikum.wr.wb, kali ini saya akan share artikel dari teman saya muti'atul azizah yang sedikit saya editing biar tampil beda. Sebenarnya judul artikel aslinya adalah "Rahasia kecerdasan orang yahudi" namun kali ini saya rubah judulnya menjadi "8 Rahasia menjadi orang yang cerdas". 

Menurut Diandra Wicaksono dalam bukunya "belajar orang Yahudi" menjelaskan bahwa orang Yahudi memiliki bebarapa rahasia untuk menjadikan keturunannya cerdas. Lantas bagaimana cara mereka untuk menjadi cerdas? berikut akan dijelaskan, namun sebelum menjelaskan hal itu saya akan mengantitesis akan artikel tersebut. Kita ketahui bahwa orang barat dan timur dalam artian non-islam dan Islam di era teknologi sudah berbeda jauh dibanding dengan era abad pertengahan. Dimana saat itu teknologi orang Islam berkembang pesat, sedang saat itu orang non-Islam masih berseteru akan hakikat tuhan sehingga kedepannya muncul para filosofis seperti Renedescartes. Namun dalam waktu yang berbeda dan berjalan, diakui atau tidak orang Islam secara teknologi mengalami kemunduran dimata dunia dibanding dengan orang non-Islam. Yahudi misalnya, diakui bahwa orang yang paling unggul dalam bidang teknologi, ilmu pengetahuan, kedokteran, politik, ekonomi dan sosial. Hal ini sudah pasti berbeda jauh dengan orang Islam pada era Dinasti Abbasiyah utamanya. 

Dari kajian tersebut, kemudian saya men-generalalisasi-kan bahwa kemungkinan rahasia yang dilakukan orang non-Islam bisa saja dilakukan oleh siapa saja, dan agama manapun. Lantas bagaimana cara mereka menjadi cerdas, sejatinya mereka cerdas adalah hasil kerja ilmiah mereka dan tentunya dengan usaha yang maksimal. Untuk rahasianya sendiri, saya sebagai editing atas tulisan muti'atul azizah yang merupakan teman saya sendiri dengan referensi dari Diandra menyimpulkan ada 8 Rahasia menjadi orang yang cerdas, yakni;

Ada banyak sekali rahasia yang dilakukan oleh orang Yahudi untuk mencetak anak yang cerdas. Rahasia-rahasia itu diantaranya adalah memperhatikan pembinaan otak sejak dalam kandungan, memperhatikan genetika, melakukan pembinaan di masa kecil, rahasia imajinasi kaum Yahudi, rahasia prinsip belajar orang Yahudi, rahasia menajamkan daya ingat, memperhatikan tempat dan waktu belajar yang efektif, lima tradisi pelecut kekuatan jiwa dan pencegah lenyapnya kekuatan jiwa. Dari sekian rahasia tersebut akan dikupas satu persatu secara lebih detail.

Pertama, Secara alamiah agar memperoleh generasi yang cerdas alangkah baiknya kita memperhatikan pembinaan otak sejak dalam kandungan. Seorang ibu, hal yang pertama adalah menjaga bayi dari kandungannya untuk pembinaan otak sibayi sejak. Ada beberapa hal untuk menjaganya, diantaranya mendengarkan musik klasik untuk merangsang otak janin, atau mendengarkan ayat suci al-Qur'an bagi agama Islam dengan tujuan merangsang otak si janin, mengerjakan soal matematika untuk memacu kecerdasan otak bayi dalam kandungan, memperhatikkan makanan waktu hamil seperti susu, roti, daging, ikan dan minyak ikan, dan menjauhi asap rokok agar terhindar dari nikotin dalam kandungan rokok yang mengakibatkan kerusakan otak si janin.

Kedua, memperhatikan genetika. Secara alamiah ada beberapa faktor untuk merangsang seorang seseorang menjadi cerdas salah satunya dari penyakit genetika yang bernama askhenazim [suku yang cerdas orang Yahudi]. Jadi untuk menjadi orang yang cerdas, kita harus memperhatikan genetika yang memiliki kecerdasan, seseorang bisa diarahkan dengan menikah kepada orang yang memiliki keturunan cerdas dengan begitu keturunannya juga menjadi cerdas.

Ketiga, Melakukan pembinaan dimasa kecil. Selain melakukan pembinaan terhadap anaknya pada saat dalam kandungan dan menjaga makanan juga perlu melakukan pembinaan kepada anaknya ketika masih kecil seperti; melatih penguasaan bahasa semenjak kecil [minimal bahasa inggris dan arab] karena kedua bahasa tersebut adalah bahasa internasional. Dengan belajar bahasa maka sang anak akan leluasa membaca berbagai macam literatur keilmuan dan perkembangan otaknya akan lebih dinamis. Selain melatih berbahasa, bermain musik, memang dalam irama musik dari penelitian dokter dapat menyegarkan pendengaran, merangsang kekuatan otak dan menenangkan jiwa. Dengan begitu anak ketika belajar akan cepat meresap pada otak mereka. Sejatinya, untuk orang Islam bisa dengan diperdengarkan ayat al-Qur'an karena dalam penelitian terdapat manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan musik. Selain kedua hal tersebut, anak juga bisa diarahkan untuk mempelajari beberapa pelajaran yang wajib mereka kuasai seperti matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, olahraga memanah, menembah, lari dan sains.

Keempat, berimajinasi. Imajinasi yang secara wajar akan menjadikan otak kita selalu menciptakakn sesuatu yang spektakuler dan menggugah dunia bila kita mewujudkannya. Dengan berimanjinasi pula, orang dapat berkarya yang belum pernah dipikirkan oleh seseorang sebelumnya. Imajinasi juga merupakan proses awal untuk melahirkan kekuatan otak yang dapat mewujudkan karya-karya besar di dunia nyata yang kesemua itu tentunya harus memiliki sikap asertif dan afirmasi, positif, tidak pernah menyerah untuk mewujudkan imajinasi tersebut, membuat perencanaan yang matang dan mempertimbangkan segala resiko yang ditanggung, selalu mengimajinasi sesuatu yang produktif, konstruktif dan bermanfaat bagi seluruh umat serta berimajinasi dengan keyakinan yang tinggi.

Kelima, Terampil. Untuk menjadi orang cerdas kita perlu untuk terampil, salah semboyan untuk terampil yaitu "Dimana ada kesulitan, disana ada solusi". Setiap ada masalah yang kita hadapi kita harus terampil untuk menyelesaikannya kerana pada dasarnya setiap masalah pasti ada solusi atas permasalahannya tersebut. 

Keenam, Memiliki prinsip belajar. Prinsip belajar yang perlu kita tanamkan diantaranya adalah belajar rasa ingin tahu dan bertanya. Dengan rasa ingin tahu dan bertanya dalam pelajaran atau dalam belajar menjadikan luasnya ilmu pengetahuan yang selalu dinamis dan tidak mutlak [kecuali yang memang mutlak seperti matahari membawa panas] tidak "apa kata" yang dijadikan patokan ilmu pengetahuan tanpa mencari tahu dan bertanya sebab dan akibat. Dalam betanya disini juga harus sistematis dan bertahap yakni pengetahuan, pemahaman, aplikasi, sintesis dan evaluasi.

Ketujuh, Selalu menajamkan daya ingat. Ada beberapa hal untuk meningkatkan daya ingat diantaranya adalah dengan membayangkan gambar dalam pikiran dan menggunakan simbol. Selain itu juga menjaga makanan untuk meningkatkan daya ingat seperti; ikan salmon dan tuna, mengkonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian, serta mengkonsumsi air 8 gelas sehari atau minimal 2 liter sehari.

Kedelapan, Memperhatikan tempat dan waktu belajar. Tempat yang efektif untuk belajar adalah di dekat air karena bisa membawa kesejukan untuk otak yang pada akhirnya bisa menambah daya hafalan. Selain tempat, kita juga setidaknya tidak menggunakan bantuan elektronik agar tidak mengganggu kosentrasi otak. Adapun waktu yang baik untuk belajar adalah dipagi hari baik itu pukul 3, 4, 5, 6, 7 pagi, karena kondisi otak masih sejuk dan tenang.

Dari kedelapan rahasia menjadi korang yang cerdas, ada hal yang perlu diperhatkan pula yakni jiwa kita harus tetap kuat dan tidak boleh pasrah dan putus asa. Ada bebarap yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan jiwa kita seperti selalu duduk didepan, mengontak mata lawan bicara, berjalan lebih cepat, selalu berkata jujur, dan senyum mempesona. Dan untuk menghindari lemahnya jiwa kita, kita tidak boleh pernah puas, menghindari masalah, menghindari sifat lupa dan pangatang menyerah.

Demikianlah 8 rahasia menjadi orang cerdas, semoga bermanfaat. Wassalamualaikum.wr.wb

Referensi :
Diandra Wicaksonno. 2015. Belajar orang Yahudi. Yogyakarta: Diva Press.
Artikel dari Muti'atul Azizah denga judul Rahasia kecerdasan orang Yahudi.
Reaksi:
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar Disqus

0 Response to "8 Rahasia Menjadi Orang Yang Cerdas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel