Skip to main content

Download Makalah Analisis Kesalahan dalam Bahasa


www.azid45.web.id, Pada kesempatan kali ini saya akan share makalah tentang analisis kesalahan dalam bahasa. Makalah ini saya peroleh dan saya editing agar bermanfaat buat teman-teman semua. Berikut sekilas latar belakang dari makalah ini dan daftar pustakanya.

Latar Belakang

Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah bahasa Indonesia yang sesuai dengan faktor-faktor penentu berkomunikasi dan benar dalam penerapan aturan kebahasaannya. Apabila penggunaan bahasa, secara lisan maupun tertulis menyimpang dari faktor-faktor penentu berkomunikasi dan kaidah bahasa, maka terjadilah kesalahan berbahasan.

Kesalahan berbahasa disebabkan oleh faktor pemahaman, kemampuan atau kompetensi. Apabila pelajar belum memahami sistem linguistik bahasa yang sedang dipelajari, dia sering membuat kesalahan tatkala menggunakan bahasa tersebut. Kesalahan ini selalu berulang dan terjadi secara sistematis dan konsisten. Hal ini berlaku umum, artinya terjadi pada beberapa pelajar. Kesalahan berbahasa dapat diperbaiki oleh guru melalui pengajaran remedial, latihan, dan praktik berbahasa. Ada beberapa pengklasifikasian dalam kesalahan berbahasa. Pada makalah ini, akan dibahas beberapa klasifikasi kesalahan berbahasa yang dilakukan para penutur bahasa.

Daftar Pustaka

Arifin, E. Zaenal dan Farid Hadi. 1991. 1001 Kesalahan Berbahasa. Jakarta:CV Akademika Pressindo.Badudu, J.S. 1985. Pelik-pelik Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Prima.Tarigan, Henri Guntur. 1992. Pengajaran Analisis Kontrastif Bahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henri Guntur. (1988). Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.

Demikian ringkasan makalah tentang analisa kesalahan dalam bahasa, untuk mendownloadnya anda bisa klik pada tombol download berikut ini, nanti akan dialihkan pada file makalah.

kode makalah : 4. Analisis Kesalahan dalam Pemerolehan Bahasa.docx

Keterangan: Dokumen berikut ini, akan dialihkan atau diredirect kelaman linku-1.blogspot.com agar terjaga dari virus dan keamanan file. Jika anda tidak tahu cara untuk melewati redirect ini, anda bisa lihat tutorial disini (cara melewati redirect linku-1.blogspot.com)

Kode: 4. Analisis Kesalahan dalam Pemerolehan Bahasa
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar
Close Disqus