Makna Al-hasanah dan As-Sayyiah dalam al-Qur'an Menurut Para Mufassir

Makna Al-hasanah dan As-Sayyiah dalam al-Qur'an Menurut Para Mufassir

wwww.azid45.web.id - Makna al-hasanah dan as-sayyiah dalam al-Qur'an menurut para fufassir. Sering kita dalam kehidupan sehari-hari menjumpai perbuatan baik dan berbuatan buruk, dimana kata tersebut dalam al-Qur'an berarti al-hasanah dan as-sayyiah. Namun apakah hanya itu saja makna dari al-hasanah dan al-sayyiah?. Sebelum menjawab pertanyaan tersebut perlu kita ketahuai bahwa kata kedua kata tersebut terdapat dalam al-Qur'an kurang lebih ada 14 ayat bahkan mungkin lebih dari itu, seperti Q.S 3:120, 9: 50, 7: 168, 42: 48, 7: 131, 7: 130, 28: 84, 11: 14, 25: 70, 26: 30, 9: 52, 13: 31, 5: 106, dan 2: 156.

Dalam ayat tersebut, secara umum kebanyakan mufassir menterjemahkan arti al-hasanah adalah segala kenikmatan dan as-sayyiah berarti musibah. Lebih lanjut, Abu Aliyah menyatakan bahwa al-hasanah dan as-sayyiah merupakan keadaan senang dan keadaan susuah. Sedangkan As-Sady menyatakan bahwa al-hasanah itu adalah kemakmuran. Hal tersebut ditandai denan semakin banyaknya kendaraan-kendaraan dan binatang ternak mereka, semakin baiknya keadaan hidup mereka dan adanya istri yang melahirkan anak-anak mereka, adapaun untuk as-sayyiah sendiri, menurut As-Sady adalah kemadharatan yang terjadi pada harta mereka, yang menurut mereka diakibatkan karena kesialan yang dibawa oleh Nabi Muhammad. Sebagaimana pernyataan orang yang meninggalkan agama terdahulu mereka " karena kami telah meninggalkan agama kami dan mengikuti Muhammad maka kami ditimpa oleh bencana ini". Maka Allah menyatakan, "Katakanlah, semuanya dari sisi Allah" maksudnya dari ayat tersebut adalah baik al-hasanah maupun as-sayyiah berasal dari Allah.

Lebih lanjut lagi, mengutip dari Ibnu Abbas, al-Waliby menyatakan bahwa makna al-hasanah adalah kemenangan yang diberikan oleh Allah dalam perang badar. pendapat tersebut senada dengan pendapat adh-dhahak. Dalam kutipan yang sama, al-Waliby juga menyatakan bahwa al-hasanah merupakan apa yang diperoleh berupa harta ghanimah (harta rampasan perang) dan kemenangan, dan semuanya itu berasal dari Allah. Sedangkan as-sayyiah dalam pandangan al-Waliby merupakan apa yang menimpa Rasulullah pada saat perang Uhud ketika wajah beliau terluka dan tulan paha beliau patah. Kemudian berkata, al-hasanah adalah kenikmatan yang diberikan Allah kepadamu dan as-sayyiah adalah ujian yang diberikan Allah kepadamu.

Demikian pula dalam tafsir Abu Shalih yang mengutip perkataan Ibnu Abbas, bahwa kata al-hasanah adalah kemakmuran dan hujan, sedangkan as-sayyiah adalah kemarau dan bencana. Sedangkan Ibnu Qutaibah menelaskan makna al-hasanah dan as-sayyiah yang berkaitan dengan Q.S an-Nisa' 79 bahwa al-hasanah adalah kenikmatan dan as-sayyiah adalah bencana. Berkenaan dengan ayat tersebut juga, Abu al-Faraji mengemukakan tiga pendapat; pertama bahwa al-hasanah adalah kemenangan yang diberikan oleh Allah pada perang badar sedangkan as-sayyiah adalah apa yang terjadi pada perang uhud, kedua bahwa al-hasanah adalah ketaatan sedangkan as-sayyiah adalah kemaksiatan, dan ketiga bahwa al-hasanah adalah kenikmatan dan as-sayyiah adalah bencana. Dari berbagai pendapat, pendapat inilah yang paling mendekati kebenaran.

Demikianlah makna dari kata al-hasanah dan as-sayyiah dalam perspektif al-Qur'an menurut para mufassirin. Hakikatnya, makna al-hasanah dan as-sayyiah dapat diartikan kenkmatan maupun kebaikan dan as-sayyiah diartikan keburukan atau bencana tergantung sudut pandang dari ayat yang dipahami.
Reaksi:
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar Disqus
Tutup Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel