Skip to main content

Cara Cepat Ingat dalam Materi Pelajaran

Cara Cepat Ingat dalam Materi Pelajaran

www.azid45.web.id - Assalamu'alaikum.wr.wb, pada kesempatan kali ini saya akan membagi pengalaman saya tentang cara cepat ingat dalam materi pelajaran. Saya share tips ini karena kehabisan ide untuk menulis dan mengisi blog ini. Dalam pengalaman saya tidaklah semua orang mampu untuk mengingat pelajaran secara cepat. Saat mereka belajar baik dirumah maupun di sekolah, perlu proses untuk ingat dalam pelajaran terutama pelajaran seperti biologi yang banyak akan bahasa latin. 

Mereka yang cepat ingat dalam pelajaran, akan cepat menerima dan cepat paham sedangkan yang sulit mengingat pelajaran kebanyakan sulit untuk menerima dan paham materi pelajaran karena membutuhkan proses yang panjang. Untuk itu, disini akan membagikan beberap tips agar kita sebagai peserta didik maupun mahasiswa tidak lagi menggunakan sistem SKS (sistem kebut semalam) yang tentunya kadang tidak efektif.

Dalam belajar dan mengingat pelajaran memang waktu, tempat, dan cara belajar sangat mempengaruhi proses otak kita. Menurut pengalaman saya, sejatinya waktu belajar yang efektik lebih baik dilakukan pada pukul mulai 3 pagi atau sehabis sholat subuh. Dalam waktu tersebut, secara kesehatan, otak kita masih segar karena habis istirahat dan udara pada jam tersebut masih alami tidak tercampur dengan zat kimia. Dengan belajar pada waktu tersebut secara tidak langsung otak akan cepat merespon setiap materi pelajaran yang kita baca. Untuk itu, tidaklah heran jika pada malam hari orang tua menyuruh anaknya untuk belajar maka mereka akan merasa dalam hatinya menolak perintah tersebut karena secara kesehatan mereka sudah lelah dan terkuras tetaga mereka pada aktifitas di siang hari.

Selain waktu, kita juga harus memperhatikan tempat untuk kita belajar. Kebanyakan orang jika mereka belajar ditempat yang ramai dan dalam keadaan letih maka akan dipastikan otak mereka akan lama merespon materi yang mereka baca atau yang diajarkan. Untuk itu tempat yang baik dalam belajar adalah tempat yang sejuk, dan hening. Orang barat biasanya belajar ditempat yang dekat dengan air karena tempat tersebut merupakan tempat yang cocok untuk belajar dan cepat menerima materi pelajaran. Selain tempat tersebut, belajar dengan diiringi musik yang menyejukkan juga dapat mempengaruhi otak untuk cepat merespon materi pelajaran. Kalau saya sendiri, lebih baik belajar pada waktu sehabis subuh atau pukul 3 pagi selain dapat shalat tahajud, juga pada pukul tersebut suasananya masih hening dan sejuk. Dengan begitu, otak kita akan cepat memproses materi pelajaran yang kita baca dan akan mudah mengingat pelajaran tersebut.

Selanjutnya adalah cara untuk belajar. Waktu dan tempat yang efektif dalam belajar kadang tidak menentukan kesuksesan kita untuk cepat dalam mengingat materi pelajaran. Hal tersebut karena mungkin cara dalam belajarnya kurang tepat. Menurut saya pribadi, cara agar kita cepat untuk mengingat pelajaran adalah dengan membaca secara pasti baik itu perlahan maupun cepat tetapi harus mencerna setiap materi yang kita baca tadi. Dengan mencerna kita akan mudah dalam memahami pelajaran yang kita baca. Selain itu cara yang efektif adalah dengan membaca berulang, kita tidak perlu membaca banyak-banyak, cukup 3-4 lembar sehari atau satu tema setiap harinya dan alangkah baiknya materi tersebut dibaca sebanyak 3 kali atau lebih dengan begitu secara tidak langsung kita akan hafal sendiri dan cepat mengingat materi yang kita baca. Namun kesmua itu belumlah cukup menurut saya, langkah terakhir adalah menulis ulang materi pelajaran yang kita baca tadi sepemahaman kita tanpa melihat buku yang kita baca tadi, untuk materi seperti matematika, fisika, atau pun fisika yang notabenya hitungan kita harus mengerjakan soal-soal agar kita lebih paham dan cepat ingat akan rumus-rumus yang kita baca sebelumnya.

Demikianlah cara cepat ingat dalam materi pelajaran. Mungkin bisa teman-teman coba dan praktekkan. Jika ada tambahan atau kritikan silakan menulis komentar dibawah. Semoga bermanfaat.
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar
Close Disqus