5 Tanda Rumah Yang Tentram Menurut Islam

5 Tanda Rumah Yang Tentram Menurut Islam

5 Tanda Rumah Yang Tentram Menurut Islam


www.azid45.web.id - Assalamualaikum.wr.wb, pada kesempatan kali ini saya akan share 5 tanda rumah yang tentram menurut Islam. Sebelum membahas tanda-tanda tersebut kiranya peru dipahami terlebih dahulu maksud tentram disini merupakan tentram dari segi kenyamanan hati dan ketenangan jiwa. Rumah yang besar dan bersih kadang kala belum tentu nyaman dan tentram jikalau didalamnya banyak percecokan keluarga, baik itu suami istri maupun ibu dengan anak dan lain sebagainya.

Untuk itu selain rumah yang bersih dan indah dari segi kesehatan membuat nyaman dan kesehatan badan, juga harus mampu menentramkan jiwa agar kita tidak mudah terkena penyakit. Pada dasarnya kebanyakan penyakit muncul berasal dari sering emosi, dengan emosi darah akan menjadi tinggi, dengan darah meningkat tinggi drastis lama-kelamaan stabilitas tubuh akan menurun dan mudah untuk dimasuki virus atau bakteri, dengan begitu kita akan mudah untuk sakit.

Oleh karena itu, dalam keluarga dan menjaga rumah agar tetap tentram, selain membersihkan setiap hari seperti menyapu, mengepel, dan membuang sampah secara rutin juga harus dijaga secara batinia hati pemilik rumah. Setidaknya rumah yang tentram menurut Islam (dari al-Qur'an dan Hadits) dalam buku "kado pernikahan" menyebutkan ada 6 tanda rumah yang tentram, yaitu;

Pertama, rumah tersebut hidup
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW;
مثل البيت الذي يذكر الله فيه واليت الذي لايذر الله فيه مثل الحي والميت
Artinya; perumpamaan rumah yang didalamnya selalu disebut nama Allah dengan rumah yang didalamnya tidak pernah disebut nama Allah adalah sebagaimana orang hidup dan oang mati.(HR. Muslim)

Dalam hadits tersebut jelas menjelaskan bahwa maksud dai rumah harus hidup disini adalah dimana penghuni rumah senantiaasa mengagungkan nama-nama Allah dengan berdizikir, membaca al-Qur'an, dan beribadah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.

Kedua, menjadikan rumah sebagai kiblat (tempat Shalat)
Sebagaimana pada point pertama, untuk menghidupkan rumah setidaknya kita sebagai umat islam harus senantiasa beribadah kepada Allah, salah satu dari ibadah yang menjadikan rumah menjadi tentram adalah melaksanakan shalat sunah didalam rumah. Hal ini Rasulullah SAW sendiri menyampaikan kepada umatnya bahwa shalat sunah lebih utama dikerjakan di rumah.
خير صلاة المرء في بيته إلا الصلاة المكتوبة
Artinya; sebaik-baik shalat seseorang adalah dirumahnya kecuali shalat wajib. (Dalam kitab Shalahul Jami')

Dengan melaksanakan ritual ibadah di dalam rumah selain menentramkan hati, juga menentramkan suasana rumah dan rumah akan menjadi lebih hidup serta penuh cahaya dengan cahaya. Selain hadits Rasulullah yang menganjurkan untuk senantiasa melaksanakan ibadah sunah didalam rumah, al-Qur'an surat Yunus;87 juga memerintahkan kepada kita untuk senantiasa mendirikan shalat didalamnya sebagaimana Allah memerintahkan Nabi Musa As.
وَأَوۡحَيۡنَآ إِلَىٰ مُوسَىٰ وَأَخِيهِ أَن تَبَوَّءَا لِقَوۡمِكُمَا بِمِصۡرَ بُيُوتٗا وَٱجۡعَلُواْ بُيُوتَكُمۡ قِبۡلَةٗ وَأَقِيمُواْ ٱلصَّلَوٰةَۗ وَبَشِّرِ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ
Artinya; Dan kami wahyukan kepada Musa dan Saudaranya, ambillah olehmu berdua beberapa buah rumah di Mesir untuk tempat tinggal bagi kaummu dan jadikanlah olehmu rumah-rumahmu itu tempat shalat dan dirikanlah olehmu sembahyang serta gembirakanlah orang-orang beriman.

Selain menentramkan jiwa, rumah yang didalamnya dilaksanakan shalat merupakan rumah yang penuh keberkahan, yang senantiasa dikunjungi oleh para malaikat dan dijauhi oleh syaitan, serta rahmat Allah senantiasa turun didalamnya.

Tiga, saling menasehati diantara anggota keluarga
Rumah yang tentram senantiasa berdiri di atas sikap saling menasehati. Seorang kepala keluarga yang baik akan selalu bertanya kepada istri dan anak-anaknya dalam hal melaksanakan ibadah, seperti apakah sudah melaksanakan shalat wajib?, apakah sudah berdzikir? dan apakah sudah membaca al-Qur'an?. Sedang seorang ibu rumah tangga yang baik akan senantiasa memotivasi suaminya dan anak-anaknya untuk mengerjakan amalan yang shalih dan shalihah, mendidik anak-anaknya dengan suri tauladan yang baik, yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Hal tersebut pernah dilakukan oleh Rasulullah kepada Istrinya Aisyah;\
قومي فأوتري يا عائشة
Artinya; bangun dan witirlah wahai Aisyah. (HR. Muslim)

Beliau juga bersabda seraya menasehati kepada kita, "Allah menyayangi seorang laki-laki yang bangun malam lalu shalat, kemudian membangunkan istrinya untuk shalat, dan bila istrinya menolak ia percikan air pada wajahnya, Dan Allah juga menyayangi seorang perempuan yang bangun malam lalu shalat, kemudian membangunkan suaminya untuk shalat, dan bila suaminya menolak ia percikan air pada wajahnya" Hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam kitabnya Musnad Ahmad dan dishahihkan oleh Al-Bani didalam Shahihul Jami'.

Keempat, Membaca al-Qur'an didalamnya
Sebagaimana yang sudah disinggung pada point pertama, yakni rumah yang hidup adalah penghuni senantiasa membaca al-Qur'an didalamnya. Dengan membaca al-Qur'an selain hati menjadi tentram juga rumah akan menjadi tentram dan penuh keindahan dan cahaya didalamnya. Dengan begitu isi rumah akan senantiasa dilindungi oleh Allah SWT karena termasuk golongan orang yang bertaqwa kepada Allah.

Memang dalam sebuah kitab Shahihul Jami' Rasulullah pernah bersabada bahwa perintah membaca surat al-Baqarah didalam rumah, namun menurut saya pribadi selain membaca surat al-Baqarah kita juga senantiasa membaca surat yang lain karena membaca al-Qur'an baiknya dilakukan setiap hari, terutama saat usai subuh dan maghrib. Meskipun yang utama adalah surat al-Baqarah sebagaimana sabda Rasulullah tersebut.
اقرؤوا سورة البقرة في بيوتكم فإن الشيطان لا يدخل يقرأ فيه سورة البقرة
Artinya; Bacalah surat al-Baqarah didalam rumah kalian, sesungguhnya syetan tidak akan masuk kedalam rumah yang didalamnya dibacakan surat al-Baqarah.

Kelima, Perbanyak berdzikir didalamnya
Sebagaiamana telah disebutkan pada point pertama pula, rumah yang hidup adalah rumah yang senantiasa dibuat untuk berdzikir. Dengan begitu rumah selain terlihat hidup akan menjadikan rumah tersebut tentram. Selain hal tersebut, dengan berdzikir pula, dapat membentengi diri kita, rumah kita, dan orang-orang yang kita cintai.

Sebagaimana sabda Rasulullah agar senantiasa berdzikir kepada Allah, "apabila seorang menyebut nama Allah ketika hendak masuk rumahnya dan ketika hendak makan, maka setan berkata kalian bangsa setan tidak bisa menginap dan tidak bisa makan, dan jika seseorang tidak menyebut nama Allah ketika hendak masuk rumahnya maka setan berkata kalian bisa masuk dan menginapnya, dan jika seseorang tidak menyebut nama Allah sewaktu hendak makan maka setan berkata kalian bisa menginap dan makan didalamnya."(HR Muslim)

Demikianlah atikel tentang 5 tanda rumah yang tentram menurut Islam, semoga artikel ini bermanfaat untuk semua. Amin.
Reaksi:
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar Disqus

0 Response to "5 Tanda Rumah Yang Tentram Menurut Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel