Skip to main content

Recent Disqus

Click Here On Load Disqus

Alasan Template Blog Harus Valid HTML5 100%

Alasan Template Blog Harus Valid HTML5 100%
Alasan Template Blog Harus Valid HTML5 100%
www.azid45.web.id - Alasan Template Blog Harus Valid HTML5 100%. Seiring perkembangan zaman, bahasa pemograman kian berkembang salah satunya adalah tentang HTML. Sejak tahun 1995 HTML mengalami perkembangan dalam perbaikan agar pengguna nyaman memakainya. Hal ini tentunya dibuktikan dengan sebuah terobosan baru dari HTML4 menjadi HTML5 pada tahun 2014.

Apa saja kelebihan template blog valid HTML5?

Sejak 2014 hingga sekarang HTML5 masih eksis digunakan oleh berbagai web developer untuk membangun template mereka agar memiliki peforma yang baik. Setidaknya dengan menggunakan HTML5 kita tidak perlu lagi menggunakan plugin flash, audio, dan video. Hal tersebut tidak lain  HTML5 ini sudah support audio, dan video.

Selain itu, HTML5 juga sudah support canvas dan icon SVG. Tentunya dengan menggunakan HTML5 blog Anda akan menjadi lebih fast loading. Manfaat lain dari HTML5 adalah juga ramah mobile atau bisa disebut dengan mobile freindly.

Untuk masalah fast  loading mungkin Anda akan bertanya-tanya? apa hubungannya fast loading dengan valid HTML5?. Salah satu cara menajdikan blog fast loading cukup menggunakan lazy load, sehingga tanpa valid HTML5 sebuah blog pasti sudah fast loading, baik itu lazy load adsense, image, google analytics, javascript, css maupun yang lainnya.

Seberapa Penting Blog Harus Valid HTML5?

Bagi saya valid HTML5 itu penting, meskipun ada sebuah cara untuk mempercepat loading namun sejatinya cara tersebut adalah sebuah kamuflase. Metode lazy load dari pengalaman saya adalah sebuah teknik untuk menunda sementara sebuah web blogger sehingga tools fast loading seperti Gtmetrix tidak akan merender gambar, adsense, script maupun css eksternal yang Anda gunakan.

Namun dengan valid HTML5 tanpa lazy load pun blog kita tetap cepat untuk diakses meskipun masih kalah jauh dengan blog yang valid AMP. Untuk meningkatkan peforma kecepatan blog, Anda juga bisa mengkompress gambar dan membuat sebuah chace browser pada template blog Anda. Untuk hal ini ada bisa membaca template dinamis masa kini (sumber bacaan utama dari kompiajaib.com)

Apakah dengan menggunakan valid HTML5 mempengaruhi nilai SEO?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya akan memberikan pernyataan dari blog contentseoupdate. Pada artikel yang dirilis pada tahun 2016 ini, menyebutkan bahwa sebuah blog valid HTML5 hanya mempengaruhi SEO dengan nilai sangat kecil. HTML5 hanya mempermudah search engine untuk menelusuri seluruh bagian pada suatu blog/ website.

Lanjutnya, bahwa sebuah blog valid HTML5 tidak menjamin suatu website berada pada posisi puncak dari hasil pencarian search engine, jika blog tersebut tidak memiliki backlink berkualitas serta konten yang baik. Dengan penyataan ini dapat disimpulkan bahwa blog yang tidak valid HTML5 juga mempunyai peluang yang besar untuk naik di posisi teratas pada pencarian searh engine.

Pernyataan lain juga dilontarkan olehnya yaitu bahwa blog yang valid HMTL5 juga memiliki ketiga pintu besar SEO tersebut (backlink, konten, dan kualitas DA/PA) akan menghasilkan blog yang unggul di search engine. Dari pernyataan ini dapat disimpulkan bahwa perlu memperhatikan ketiga hal terasebut serta membuat blog anda valid HTML5 agar blog Anda dapat dengan mudah bersaing dengan lawan yang lain.

Bagi saya sendiri sebuah blog valid HTML5 merupakan faktor pendukung pada serp pencarian google. Hal ini terdapat tiga alasan dari pengalaman saya untuk meningkatkan performa blog agar valid HTML5 100%, diantaranya adalah:

  1. Mengetahui Error SEO pada gambar. Agar blog valid HTML5 tentunya blog Anda harus SEO friendly khususnya pada gambar. Dari pengalaman saya sebuah blog yang SEO friendly pada gambar adalah harus menggunakan tag alt pada setiap gambar. Hal ini ketika Anda cek pada tools valid HTML5 juga akan menunjukkan peringatan sebuah keharusan menggunakan alt pada setiap gambar. Untuk nilai SEO lainnya saya belum mengatahuinya, dikarenakan batas minimum keilmuan saya terkait SEO.
  2. Mengetahui Error Schema Markup. Agar blog valid HTML5 juga harus memperhatikan schema markup. Bisa jadi pada tahun 2017 blog Anda memiliki schema markup valid HTML5 akan tetapi bisa jadi blog Anda pada tahun 2020 ini terdapat error schema markup. Hal ini meneurut saya bisa jadi google melakukan update alogaritma sehingga schema markup juga berubah. Salah satunya adalah schema marcup product, dan breadcrumbs. Untuk Anda yang ingin melihat kode schema markup google Anda bisa lihat di developer google.
  3. Mengetahui Duplikat ID, name dan Error penambahan type. Untuk alasan ketiga ini saya belum bisa menjelaskan mengapa duplikat Id, name dan error type text/css atau text/javascript menjadi tidak valid HTML5. Mungkin dari pihak developer memiliki alasan tersendiri agar kita tidak menggunakan ID yang sama (lebih dari satu penamaan ID yang sama), error penggunaan name karena sudah terdapat ID, dan error text/css dan text/javascript.

Dari berbagai analisis ini, dapat disimpulkan bahwa tidak ada salahnya meningkatkan peforma blog agar valid HTML5 sebagaimana menggunakan template blog yang valid AMP. Meskipun saya melihat dari berbagai template blog yang tidak valid HTML5 secara sempurna sering juga nangkring page one pada pencarian google.

Selain itu jika Anda meningkatkan peforma blog agar valid HTML5 Anda harus merelahkan beberapa fitur bawaan blogger, seperti error balas komentar blogger, beberapa error kode css pada desainer template, dan error lainnya yang tidak terduga.

Demikianlah artikel sederhana ini terkait Alasan Template Blog Harus Valid HTML5 100%. Semoga bermanfaat. Amin.
Reactions
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar