Skip to main content

Recent Disqus

Click Here On Load Disqus

Cara Mencegah Virus Corona Masuk di Tubuh Kita

Cara Mencegah Virus Corona Masuk di Tubuh Kita
Cara Mencegah Virus Corona Masuk di Tubuh Kita
www.azid45.web.id - Cara Mencegah Virus Corona Masuk di Tubuh Kita. Mungkin Anda tidak asing lagi dengan virus yang satu ini, ya virus corona merupakan viru yang sedang viral akhir-akhir ini. Virus corona tersebut pertama kali dijumpai di Negeri Tirai Bambu Tiongkok atau kita sering sebut dengan Cina.

Tahukah Anda, bahwa virus corona ini menyebar ketika partikel virus dapat masuk melaui mata, hidung dan mulut. Oleh karena itu ketika Anda menjumpai orang yang batuk/bersin/sakit (salah satu ciri orang terkena virus corona) maka hindarilah mereka dengan jarak antara 0,5 - 2 M agar menjagamu tetap aman dari jangkauan partikel virus tersebut. Selain itu untuk keamanan Anda, berikanlah mereka masker agar mereka bisa batuk/bersin didalam masker untuk melindungi orang-orang di sekitar.

Secara umum, bisa jadi kita belum tahu orang mana yang sedang mengidap sakit corona. Untuk itu, hindarilah keramaian karena orang yang terinfeksi virus corona bisa jadi tidak menunjukkan gejala apapun baik itu batuk maupun bersin. Namun perlu Anda ketahui msekipun demikian mereka masih dapat menularkan penyakitnya.

Perlu Anda ketahui juga, terkadang air liur orang yang sakit terinfeksi virus corona dapat menempel di berbagai benda seperti tangan mereka, kenop pintu, mouse, pegangan kereta, tisu, gelas, perangkat digital, tombol lift maupun pegangan tangga bahkan kadang juga nempel di bagian luar masker. Jika Anda tidak sengaja menyentuh benda-benda itu, lalu menyentuh wajahmu atau wajah temanmu maka bisa jadi Anda bisa jatuh sakit terinfeksi juga oleh virus corona. Oleh karena itu untuk menghindari hal tersebut alangkah baiknya sebelum Anda menyentuh wajah terlebih dahulu mencuci tangan Anda.

Viru ini dapat menempel pada permukaan benda lebih dari 24 jam dan satu-satunya cara yang efektif untuk membasminya adalah dengan mencucinya menggunakan sabun. Oleh karena itu kita perlu mengikuti 5 langkah pencegahan agar terhindar dari virus corona.

Pertama, Jangan menyentuh wajahmu atau wajah orang lain.

Kalaupun Anda harus menyentuh wajah maka cucilah tanganmu dengan sabun secara menyeluruh terlebih dahulu. Maksud menyeluruh adalah cucilah mulai dari belakang telapak tangan, selah-selah jari, bagian bawah kuku hingga sampai siku. Setelah itu tunggulah selama 20 detik agar tangan Anda netral dari virus corona.

Kedua, Buanglah masker setelah terasa kotor dan jangan pakai masker lebih dari satu hari.

Bakteri dapat berkembang biak didalam maskermu jika dipakai terlalu lama, oleh karena itu jangan pakai masker lebih dari satu hari. Selain itu janganlah Anda menyentuh bagian luar masker karena bisa jadi luar masker Anda terdapat partikel virus corona. Namun jika Anda sudah menyentuhnya janganlah khawatir dan panik Anda bisa mencuci tanganmu sesegera mungkin dengan menggunakan sabun.

Ketiga, Jangan berbagi makanan, alat makan, gelas dan handuk.

Untuk menghindari partikel virus corona baiknya Anda menggunakan sendok, piring dan gelas saji sekali pakai. Janganlah Anda meminjam atau menggunakan barang orang lain yang menurut Anda mengalami kejala virus corona karena dengan barang tersebut bisa jadi Anda ikut tertular.

Keempat, Anda bisa membuka pintu dengan  menggunakan siku.

Jika tangan Anda ingin steril dari partikel virus maka Anda bisa menggunakan siku untuk membuka pintu atau Anda juga bisa menggunakan masker tangan. Dengan begitu Anda akan sulit untuk terjangkit virus corona.

Kelima, Selalu mencuci tangan dengan sabun.

Cucilah tangan Anda menggunakan sabun baik itu sebelum makan ataupun setelah pergi ke tempat umum. Kita harus ingat, bahwa partikel virus corona bisa masuk melalui mata, hidung dan mulut Anda. Oleh karena itu jagalah tangan Anda agar selalu bersih dan jagalah wajah Anda dengan masker.

Demikianlah artikel Cara Mencegah Virus Corona Masuk di Tubuh Kita. Semoga bermanfaat. Amin

Untuk bahan bacaan dan informasi lebih lanjut Anda bisa download infografis corona atau baca referensi dibawah ini:

"how to avoid the coronavirus? wash your hands", by Elizabeth Rosenthal, in The New York Times, Opinion. (28 Januari 2020)

"The Wuhan Viurs: How to Stay Safe", by Laurie Garrett, in Foreiga Policy, Report. (25 Januari 2020)

"This Annimation Shows How Far Your Sneeze Can Actually Travel", by Chia-Yi Hou Anda Andrea Schmitz, in Business Insider. (21 Januari 2020)
Reactions
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar