Skip to main content

Cara Memberi Hukuman Yang Baik Bagi Peserta Didik Menurut Islam

Cara Memberi Hukuman Yang Baik Bagi Peserta Didik Menurut Islam


www.azid45.web.id - Cara memberi hukuman yang  baik bagi peserta didik menurut Islam. Assalamualaikum.wr.wb, Salah satu komponen dalam pendidikan adalah sekolah. Sekolah merupakan komponen kedua setelah keluarga. Disekolah inilah anak akan mendapatkan tambahan pendidikan baik itu akhlak, sopan santun, karakter, sains (ilmu pengetahuan) maupun keagamaan yang bersifat teologi.

Mengenai itu semua, pemeintah sekarang menekankan pada pendidikan karakter sejak pembentukan kurikulum 2006 hingga saat ini. Dengan pendidikan karakter inilah pemerintah berharap anak bangsa menjadi generasi yang berakhlak dan berkompenten. Sehingga dalam kebijakan pemerintah yang waktu itu mengklasifikasikan pendidikan karakter dengan setidaknya terdapat 18 Nilai pendidikan karakter. 


Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan karakter yang semula memiliki 18 nilai di kaji pada era pemerintahan Jokowi dengan KEMENDIKBUD Bapak Muhajri Efendi akhirnya memperoleh kebijakan baru menjadi 5 karakter utama. Dimana 5 karakter tersebut diberi nama Pengutan Pendidikan Karakter (PPK). Dengan pembaharuan pendidikan karakter inilah perlu adanya manifesto terhadap PPK salah satunya adalah relegiusitas.


Tak diragukan lagi nilai yang satu ini merupakan nilai penting dalam meningkatkan kualitas karakter peserta didik. Dengan unsur ini, peserta didik memperoleh nilai karakter akhlak yang mengarah kebaikan dan melarang berbuat prilaku buruk. Dengan nilai tersebut tentunya juga tidak mengkesampingkan nilai yang lain, karena hakikatnya kelima nilai penguatan pendidikan karakter tersebut saling berhubungan.

Sejatinya agama sudah mengatur semua itu, sebagaimana kita yang beragama Islam dimana kita harus mencontoh suri tauladan Nabi Muhammad SAW yang penuh kasih sayang terhadap keluarga dan umatnya. Dengan hal meneladani nabi muhammad saw sudah dipastikan peserta didik di lingkungan sekolah akan patuh terhadap peraturan sekolah dan memiliki akhlak yang baik.

Namun disisi lain, yang perlu diperhatikan tentang kebijakan sekolah salah satunya adalah hukuman. Hukaman merupakan hal penting dalam mengembangkan karakter, dengan hukuman bisa menjadikan peserta didik antara jera dan justru mwnjadikan mereka enggan untuk sekolah.

Di Indonesia sering sekali terjadi peristiwa yang mencemarkan nama baik pendidikan Indonesia akibat sebuah hukuman. Salah satunya adalah hukuman fisik, dimana seorang guru memukul maupun menampar peserta didiknya karena mereka melakukan lesalahan. Al-hasil peserta didik ikut membalas dan akhirnya guru tersebut kena imbas akan hukuman yang diberikan kepada peserta didiknya.

Kajadian tersebut merupakan salah satu contoh dalam mendidik dan membangun karakter peserta didik. Sejatinya menghukum seperti push up, lari, jalan jongkok, hingga hukuman fisik kadang kala perlu untuk menjerakan peserta didik namun hukuman tersebut bisa menimbulkan luka yang membekas bagi peserta didik. Untuk itu alangkah baiknya hukuman tersebut kita hindari dan memberikan hukuman yang bermanfaat.

Salah satu hukuman yang efektif dan efesian adalah dengan menghunbungkannya dengan nilai religus, seperti istighfar, membaca al-quran dan berwudlu. Dengan hukuman tersebut, secara tidak langsung sudah memohon ampun kepada Tuhannya atas kesalahan yang mereka perbuat serta tidak akan luka membekas di hati mereka terhadap guru yang memberikan hukuman, disamping itu pula jika Allah berkenan dengan hukuman tersebut akan menjadikan hidayah bagi peserta didik tersebut menjadi lebih baik dan tidak akan pernah pengulanginya kembali.

Demikianlah, alangkah baiknya kita menghukum peserta didik kita dengan hal yang baik-baik dengan hal tersebut akan menghasilkan hal yang baik pula.

"Sebaik-baik manusia adalah berbuat baik kepada sesama"

PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar
Close Disqus