Skip to main content

Recent Disqus

Click Here On Load Disqus

4 Hormon Yang Menentukan Kebahagiaan Seseorang

4 Hormon Yang Menentukan Kebahagiaan Seseorang
Konten [Tampil]
4 Hormon Yang Menentukan Kebahagiaan Seseorang

www.azid45.web.id4 Hormon Yang Menentukan Kebahagiaan Seseorang. Menurut Biologi, hormon merupakan suatu zat yang penting bagi manusia. Diantara penelitian yang ada, hormon dapat mengubah kondisi seseorang, mislanya "histamin" merupakan hormon yang mengandung zat menjadikan seseorang merasa gatal, selain itu juga hormon kadang kala menjadikan seseorang itu merasa sedih maupun sebaliknya (tersenyum atau tertawa). Secara kesehatan, dan ilmu kedokteran semua itu memang terjadi salah satunya akibat dari hormon.

Seseorang yang tersenyum maupun tertawa, setidaknya terdapat 4 hormon yang menjadikan kita sebagai manusia mampu untuk tersenyum atau tertawa, yaitu hormon endorfin, dopamine, serotonin, dan oxytocin. Pertama, hormon endorfin merupakan hormon yang keluar ketika kita berolahraga. Dengan berolahraga maka tubuh kita akan melepaskan endorfin. Hormon ini membantu tubuh kita untuk mengatasi rasa nyeri saat berolahraga, dan dengan munculnya hormon tersebut menjadikan kita bahagia. Selain berolahraga, ada cara lain untuk memunculkan hormon endorfin yaitu dengan tertawa. Setidaknya kita perlu menghabiskan 30 menit berolahraga setiap hari, membaca atau menonton hal-hal yan lucu untuk mendapatkn hormon endorfin.

Kedua, hormon dopamine. Hormon dopamine muncul akibat kebahagian kita saat menjadi yang terbaik atau mendapt sebuah pujian yang baik. Misalnya, ketika seseorang mendapat penghargaan untuk pekerjaannya di kantor maupun dirumah, mereka sejatinya akan merasa berhasil dan baik karena hal tersebut diakibatkan hormon dopamine. Dalam sebuah penelitian, sebagian besar ibu rumah tangga tidak merasa bahagia dengan apa yang mereka peroleh, sebab mereka tidak mendapatkan pujian dari sang suami atau yang lainnya atas yang sudah mereka kerjakan atau lakukan. Dengan begitu, sejatinya mereka tidak dapat mengeluarkan hormon dopamine karena tidak ada pujian disetiap apa yang mereka kerjakan dan hasilnya kebanyakan ibu rumah tangga akan melampiaskan amarahnya akibat tidak adanya sebuah pujian atau rasa terimakasih atas yang ia kerjakan. Oleh karenanya kita sebagai suami atau anggota keluarga setidaknya harus mengakui kehebatan ibu rumah tangga dan memujinya dengan begitu hormon dopamine akan muncul dan menjadikan ibu rumah tangga bahagia dan lebih baik.

Ketiga, hormon serotonin. Hormon ini dilepaskan tatkala seseorang bertindak dengan cara yang dapat menguntungkan orang lain. Dengan atas pemberian yang kita sampaikan kepada orang lain baik melalui media informasi IT maupun cetak maupun memberikan informasi yang berguna diinternet seperti menulis artikel di blog, menjawab pertanyaan orang di group facebook, twitter, whtasapp, maupun line akan menimbulkan dan memunculkan hormon serotonin. Dengan begitu orang tersebut akan merasa bahagia karena mereka merasa bermanfaat bagi orang lain.

Keempat, hormon oxytocin. Hormon ini dilepaskan ketika seseorang menjadi dekat dengan orang lain seperti memeluk teman dekat kita atau keluarga kita. Selain hal tersebut, hormon oxytocin akan muncul tatkala seseorang berjabat tangan kepada orang lain atau meletakkannya dibahu orang lain, maka secara tidak langsung mereka akan merasa bahagia karena hal tersebut dapat melepaskan hormon oxytocin.

Dari keempat hormon tersebut, setidaknya kita sekarang bisa mengerti mengapa kita harus memeluk seorang anak yang memiliki hati yang buruk, mengapa kita harus berolahraga setiap hari minimal 30 menit, mengapa kita harus memiliki tujuan baik kepada orang lain, dan mengapa kita harus bersikap baik kepada orang lain. Karena kesemua perbuatan tersebut akan menghasilkan atau dapat melepaskan hormon kebahagiaan bagi seseorang.

Demikianlah 4 Hormon Yang Menentukan Kebahagiaan Seseorang, semoga bermanfaat. Amin
Reactions
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar