Pengertian Balaghah dan 3 Bidang Kajian Dalam Ilmu Balaghah

Pengertian Balaghah dan 3 Bidang Kajian Dalam Ilmu Balaghah
www.azid45.web.id - Pengertian ilmu balaghah dan 3 kajian dalam ilmu balaghah. Assalamualaikum.wr.wb, pada kesempatan kali ini saya akan membahas ilmu balaghah yang pernah saya share di blog saya kumpulanhadis.blogspot.com, dimana sudah dirujuk oleh bebarapa mahasiswa sebagai skripsi. Namun sayang sekali blog tersebut sudah saya hapus, sebenarnya saya menyesal menghapusnya. Mengapa blog tersebut saya hapus?, tidak lain karena saya sedikit kesal karena tidak kunjung mendapat approve dari google adsense.

Pengertian Ilmu Balaghah Menurut Bahasa dan Istilah


Sejatinya ilmu balaghah ini, tidak lain hasil kajian dari bahasa yang terdapat dalam al-Qur'an sehingga banyak sekali contoh yang ada pada ilmu balaghah juga merujuk pada al-Qur'an. Secara umum balaghah "بلاغة" berasal dari kata - بلغ - yang memiliki arti "sampai". Makna tersebut sebagaimana terdapat dalam al-Qur'an surat al-Kahfi:90;

حَتَّى إِذَا بَلَغَ مَطْلِعَ الشَّمْسِ وَجَدَهَا تَطْلُعُ عَلَى قَوْمٍ لَمْ نَجْعَلْ لَهُمْ مِنْ دُونِهَا سِتْرًا

Artinya: hingga apabila Dia telah sampai ke tempat terbit matahari (sebelah timur) Dia mendapati matahari itu menyinari segolongan umat yang Kami tidak menjadikan bagi mereka sesuatu yang melindungi dari cahaya matahari itu.

Selain ayat tersebut, sesungguhnya masih banyak ayat yang menyebutkan makna balaghah yang berarti sampai.

Adapun kata balaghah menurut Abdul Qadir Husein ialah "مطابقة لمقتضى الحال مع فصاحته" yang berarti sesuai dengan situasi dan kondisi. Istilah tersebut selaras kaitannya dengan kata "كلام" (ucapan), dimana "متكلم" (pembicara) harus menyusun dan menyampaikan ucapannya sesuai dengan situasi dan kondisi para pendengarnya, sehingga perubahan situasi dan kondisi para pendengar menuntut perubahan susunan ucapannya. Situasi dan kondisi  yang menuntut pembicaraan panjang lebar (إطناب), tentu berbeda dengan situasi dan kondisi  yang menuntut pembicaraan ringkas (يجازإ). Berbicara kepada orang cerdas tentu berbeda dengan berbicara kepada orang yang kurang cerdas. Oleh karena itu muncullah istilah “  مقام مقاللكل “ yang artinya untuk setiap situasi dan kondisi ada كلام yang sesuai dengannya.

Dalam kajian sastra, balaghah ( بلاغة ) ini menjadi sifat dari كلام dan متكلم , sehingga lahirlah sebutan كلام بليغ dan بليغ متكلم.  Maksud dari كلام بليغ yaitu ucapan atau pembicaraan yang sesuai dengan situasi dan kondisi pendengar serta terdiri dari kata-kata yang fashih, adapun بليغ متكلم yaitu orang yang mampu menyampaikan pembicaraannya sesuai dengan situasi dan kondisi pendengarnya dengan kata-kata yang tepat nan indah.

Nilai balaghah ( بلاغة ) setiap كلام bergantung kepada sejauh mana كلام itu dapay memenuhi tuntutan situasi dan kondisi, setelah memperhatikan فصاحة (kejelasannya)-nya. كلام فصيح yaitu kalam yang jika dilihat dari aspek nahwiyah tidak dianggap menyalahi aturan, yang dapat mengakibatkan ضعف التأليف (lemah susunan) dan تعقيد (rumit), dari aspek bahasa tidak terdapat kata-kata  غرابة (asing), dan jika dilihat dari aspek sharaf tidak menyalahi qiyas, seperti tidak menggunakan kata “  الأجلل” yang menurut aturan sharaf seharusnya “ الأجلّ “. Sedangkan jika dilihat dari aspek ذوق terbebas dari تنافر (berat pengucapannya), baik hanya dalam satu kata seperti مستشزرات ataupun dalam beberapa kata, meskipun satuan kata-katanya tidak bersifat تنافر.

Secara ilmiah, ilmu balaghah merupakan suatu disiplin ilmu yang mengarahkan pembelajarannya untuk bisa mengungkapkan ide pikiran dan perasaan seseorang berdasarkan kepada kejernihan jiwa dan ketelitian dalam menangkap keindahan.

Tiga Kajian dalam Ilmu Balaghah 


Ilmu balaghah merupakan sebuah disiplin ilmu yang berkaitan dengan masalah kalimat, yaitu mengenai susunannya, maknanya, pengaruh jiwa terhadapnya, serta keindahan dan kejelian pemilihan kata yang sesuai dengan tuntutan. Sebagai sebuah disiplin ilmu, ilmu balaghah mempunyai tiga bidang kajian, yaitu:

Ilmu bayan ( علم البيان )
Secara etimologi, بيان berarti ‘terbuka’ atau ‘jelas’. Sedangkan dalam ilmu balaghah, ilmu bayan adalah ilmu yang mempelajari cara-cara menyampaikan suatu gagasan dengan redaksi yang bervariasi. Ilmu ini pertama kali dikembangkan oleh Abu Ubaidah Ibn al-Matsani dengan kitab karangannya yang berjudul مجاز القران . Objek yang menjadi kajian ilmu ini adalah   تشبيه (penyerupaan), مجاز  (majaz), dan  كناية (konotasi).

Ilmu ma’ani ( علم المعانى )
Secara etimologi معانى berarti ‘maksud’, ‘arti’, atau ‘makna’. Para ahli ilmu ma’ani mendefinisikan sebagai pengungkapan melaluai ucapan sesuatu yang ada dalam pikiran atau disebut juga gambaran dari pikiran.

Sedangkan menurut istilah, ilmu ma’ani adalah

علم يعرف به أحوال اللفظ العربي التى بها يطابق مقتضى الحال

“Ilmu yang mempelajari hal ihwal bahasa Arab yang sesuai dengan tuntutan situasi dan kondisi.”
Ilmu ini pertama kali dikembangkan oleh Abd al-Qahir al-Jurzanji. Adapun objek kajiannya yaitu kalimat-kalimat bahasa Arab.

Ilmu badi’ ( علم البديع)
Menurut pengertian leksikal, badi’ adalah suatu ciptaan baru yang tidak ada contoh sebelumnya. Sedangkan secara terminologi adalah suatu ilmu yang mempelajari segi-segi (metode dan cara-cara yang ditetapkan untuk menghiasi kalimat dan memperindahnya) dan keistimewaan- keistimewaan yang dapat membuat kalimat semakin indah, bagus dan menghiasinya dengan kebaikan dan keindahan setelah kalimat tersebut sesuai dengan situasi dan kondisi dan telah jelas makna yang dikehendakinya.

Peletak dasar ilmu badi’ adalah Abdullah Ibn al-Mu’taz (W. 274 H). Adapun Objek kajian ilmu ini adalah upaya memperindah bahasa, baik pada tataran lapal (  محسنات لفظية) maupun makna (  محسنات معنوية).

Demikianlah Pengertian ilmu balaghah dan 3 kajian dalam ilmu balaghah, Semoga bermanfaat. Amin.
Bagikan :
Reaksi:
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar Disqus

0 Response to "Pengertian Balaghah dan 3 Bidang Kajian Dalam Ilmu Balaghah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel