12 Tipe Guru Saat Mengajar Dikelas

12 Tipe Guru Saat Mengajar Dikelas

www.azid45.web.id - 12 Tipe Guru Saat Mengajar Dikelas. Assalamaualaikum, Wr.Wb. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang tipe guru saat ngajar dikelas. Mengatakan guru, mungkin dibenak anda memiliki banyak kenangan bukan, seperti ada guru yang killer alias menakutkan dan memberikan nilai yang hampir dibawah KKM, ada guru yang baik hati, murah hati, dan suka memberikan nilai yang fastastis juga sehingga kita suka dengannya, ada juga guru yang tegas, setiap tugasnya harus dikerjakan, namun tetap sayang pada murid-muridnya bahkan ada juga guru yang cantik atau tampan sehingga kita sebagai murid suka dengan pelajarannya. Semua itu yang pasti guru merupakan "pahlawan tanpa tanda jasa".

Dengan adanya guru sejatinya membantu kepada kita dalam memperoleh illmu, baik mulai dari ilmu pengetahuan iptak, sosial, dan bahkan keagamaan. Dimana semua itu kita dapatkan pastinya dalam proses pembelajaran yang berbeda-beda, mulai metode yang digunakan, media saat mengajar, bahkan tipe guru saat mengajar kepada muridnya ketika dikelas.

Menganai tipe guru saat mengajar dikelas, disini saya membaca dari gambar yang dishare oleh @Azkasyah_pusat setidaknya mengkategorikan tipe guru di kelas menjadi 12 tipe, yaitu;

Pertama, Guru Text Book. Guru tipe ini ketika mengajar selalu dan terpaku pada buku, kata-katanya harus sama dengan materi yang ada dibuku. Jika memberikan soal kepada murid-muridnya maka jawabannya harus sama persis yang ada dibuku, baik itu kata-katanya, kalimatnya dan pendapat tokoh semuanya harus sama sesuai sumber rujukan di buku. Guru ini, karena saking terfokusnya pembelajaran dengan buku sehingga tatkala dia tidak membawa buku, dia suka menjadi kelabakan dan kadang murid pun jadi merasa takut salah sama dia.

Kedua, Guru Pelawak. Jika tipe pertama adalah suka terpaku dengan buku, maka untuk tipe selanjutnya adalah guru yang suka melawak. Guru ini biasanya guru yang suka ditunggu-tunggu oleh muridnya, mereka tidak sabar mendengarkan cerita dan banyolannya. Dia tidak akan berlama-lama mengajarkan materi pelajaran, namun dalam proses pembelajarannya dikelas dia lebih banyak bercerita hal-hala lucu mulai dari pengalaman pribadinya, pengalaman temannya, dan lain sebagainya. Guru tipe ini cocok mengajar di jam-jam nagntuk seperti jam terakhir atau jam habis istirahat.

Ketiga, Guru Peneliti. Guru tipe selanjutnya adalah guru peneliti, guru ini dalam pemikirannya selalu bersifat empiris jadi segala sesuatunya harus bersifat fakta dan bukti. Bisanya guru tipe ini mengajarkan pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) seperti Biologi, Fisika, dan Kimia. Jika praktek, guru tipe ini sering mengajak mruid-muridnya ke laboratorium untuk meneliti. Murid akan percaya dan mudah menyerap materi dengan setiap uji coba yang mereka lakukan dari hasil tuga yang diberikan oleh guru, namun murid yang suka copy-paste tugas yang diberikan dari internet maka guru tipe ini pasti mengetahuinya.

Keempat, Guru Jaim. Guru tipe yang keempat adalah guru jaim. Guru tipe ini sering bersikap perfect dihadapan murid-muridnya, walau hal itu secara logika maupun bukti salah guru tipe ini tetap dengan pendiriannya. Biasanya guru tipe ini dalam berpenampilan dan memakai banju sangat baik bahkan kadang-kadang asesorisnya berlebihan. Kebanyakan guru tipe ini adalah guru cewek yang belum menikah.

Kelima, Guru Tak Kasat Mata. Tipe selanjutnya adalah guru tak kasat mata. Maksud dari guru tipe ini bukanlah guru yang memiliki ajian bisa menghilang namun yang dimaksud adalah guru yang jarang ke kelas. Jika guru tipe ini ke kelas maka tidak lain adalah hanya memberikan tugas dan tugas, setelah itu keluar lagi dan menghilang baik karena alasan dinas, ada pekerjaan lainnya, atau apapun. Biasanya guru tipe ini kalau memberikan nilai hampir sama semua, pastinya hal ini dikarenakan guru tipe ini hampir 100% tidak mengenal dengan murid-muridnya. Untuk murid yang ingin banyak tanya dengan pelajaran, dia akan kesulitan menemui guru invisible seperti tipe ini.

Keenam, Guru Killer. Selain guru tak kasat mata yang menurut saya adalah guru malas juga ada uru killer. Guru tipe ini, ketika dia masuk kelas maka murid-muridnya harus siap ditanya, kalau tidak bisa menjawab bisa jadi guru tipe ini akan mengomel dan berceramah panjang lebar. Jika memberikan soal, meskipun pertanyaannya singkat namun jawabannya bisa berlembar-lembar. Guru tipe ini sering memberikan nilai minim hampir dibawah KKM, sehingga sering memberikan remidial. Jika guru tipe ini mengajar, murid-muridnya ingin cepat-cepat selesai jam pelajarannya.

Ketujuh, Guru Penulis. Selanjutnya adalah guru penulis. Guru tipe ini hobinya menulis, dia akan menjelaskan sedikit, kemudian akan menulis dipapan tulis dan siswa harus ikut menulis. Dia akan mengecek tulisan murid-muridnya. Kadang dia asik sendiri menulis dan berbicara dengan papan tulis, sedangkan murid-muridnya tidak memperhatikan.

Kedelapan, Guru Sahabat. Tipe guru tipe ini disukai oleh murid-muridnya. Meski dikelas dia menjaga jarak, akan tetapi ketika diluar kelas dia bersahabat. Dia bisa tahu kondisi pribadi setiap murid-muridnya. Muridnya tetap bisa menghormati guru tipe ini tapi juga bisa berteman dengan guru tipe ini. Biasanya guru tipe ini banyak menjadi idola murid-muridnya.

Kesembilan, Guru Pelupa. Tipe selanjutnya adalah guru pelupa. Guru ini sering lupa, ketika dia menjajikan untuk menjelaskan materi selanjutnya tetap dia justru menjelaskan materi yang itu-itu saja. Kadang dia lupa dengan PR atau ulangan hari sebelumnya yang pernah dia ajarkan. Buat murid yang malas, guru tipe ini merupakan guru favoritnya.

Kesepuluh, Guru Muda. Guru tipe ini biasanya seorang mahasiswa baru lulus dan magang di sekolah. Sifatnya baik dan bersahabat dengan muridnya. Kalau parasnya cantik atau tampan maka sering menjadi viral dikalangan murid-muridnya. Guru ini sering membawa media sebagai alat bantu. Kadang dia juga sering mengajak atau diajak welfie muridnya.

Kesebelas, Guru Pendongen. Guru tipe ini di sela-sela pelajarannya selalu mendongeng cerita-cerita tentang kehidupannya dan men-sharing segala sesuatu tentang mengalamannya. Mulai dari kesulitan ekonomi sampai pengalaman cinta monyet dimasa kecilnya pun dia ceritakan. Ketika guru tipe ini mendongeng, murid-muridnya kadang mendengarkan dan sering ditinggal tidur.

Kedua Belas, Guru Motivator. Tipe guru yang terakhir adalah guru motivator. Guru tipe ini mempunyai pengalaman yang banyak, dia bisa memberikan semangat dan memotivasi siswanya untuk giat belajar. Dia akan mengajarkan banyak ilmu kehidupan kepada murid-muridnya, dan banyak menceritkan pengalamannya yang bisa meningkatkan opstimisme murid-muridnya.

Naah, pernah bertemu guru tipe apa dikelas? guru favoritnya tipe yang mana?. Sejatinya apapun tipe guru anda, mereka tetap orang yang sangat berjasa untuk kita bisa sehebat ini karena mereka sabar mengajarkan kepada kita mulai dari membaca, menulis, dan membuka wawasan baru buat kita.

Demikianlah 12 tipe guru saat mengajar dikelas. Semoga artikel ini bermanfaat, Amin.
Buka Komentar Disqus

0 Response to "12 Tipe Guru Saat Mengajar Dikelas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel