Skip to main content

4 Tips Sukses Belajar Secara Online

4 Tips Sukses Belajar Secara Online

www.azid45.web.id - 4 Tips Sukses Belajar Secara Online. Assalamualaikum.Wr.Wb, Di era sekarang merupakan era teknologi, dimana hal tersebut ditandai semakin berkembangnya teknologi informatika untuk memudahkan manusia saat mereka bekerja, belajar, maupun yang lainnya. Perkembangan ini biasa disebut dengan Era Revolusi Industri 4.0 dengan generasi milenial. Pada zaman tersebut, Gedget sangat besar pengaruhnya terhadap kebutuhan manusia. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran pun sudah marak menggunakan via online, mulai dari quipper, Ruang Guru, BISA, Schoology dan lain sebagainya.

Dalam pembelejaran online, setidaknya antara guru harus memiliki kesiapan yang sudah matang seperti kurikulum, dan kesiapan materi yang diajarkan untuk muridnya yang tentunya berbasis media dan yang harus diupload secara online agar nantinya murid bisa efektif dalam belajarnya. Disamping itu murid juga harus memiliki kesiapan agar sukses dalam pembelajaran online, dikarenakan pembelajaran online sama halnya belajar secara individu dan tidak diragukan lagi seorang murid kadang meresa bosan dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena inilah, saya disini akan share 4 tips agar seorang murid sukses belajar secara online. Apa saja itu?, untuk menjawabnya bisa simak tips berikut ini;

Pertama, Serius dan Sungguh-sungguh dalam Belajar. Dalam salah satu syair yang dinisbatkan kepada Imam Asy-Syafi'i, disebutkan 6 hal yang harus dimiliki agar seseorang bisa meraih ilmu. Salah satunya adalah ijtihad (kesungguhan). Oleh karena itu, dalam pembelajaran apapun, seperti pembelajaran online, langkah awal kita harus memiliki kesungguhan dalam menuntut ilmu. Dengan begitu, kita akan serius dalam belajar secara individu tanpa disuruh-suruh oleh orang lain untuk belajar.

Kedua, Repitisi. Repitisi adalah mengulang-ulang materi. Ini adalah tradisi para ulama. Dalam salah satu riwayat, Imam Al-Muzani (salah satu murid terbaik Imam Asy-Syafi'i) berkata, "Saya telah membaca Ar-Risalah karya Asy-Syafi'i 50 kali". Adakah yang pernah menamatkan satu buku, dari halaman awal hingga halaman akhir, sampai 50 kali?. Dari sini, dapat disimpulkan bahwa ternyata, mengulang-ulang pelajaran adalah langkah teknis terpenting untuk meraih ilmu. Oleh karena itu setelah memperoleh ilmu secara online kita sebagai murid tidak cukup disitu saja, namun harus diulang-ulang agar kita lebih paham dan hafal dalam pelajaran yang disampaikan.

Ketiga, Niat. Niat merupakan hal yang penting dalam setiap perbuatan kita. Hal  tersebut telah dijelaskan oleh Rasulullah bahwa segala perbuatan tergantung pada niat. Oleh karena itu luruskan niat dalam belajar. Ini harusnya di poin pertama. Niatkan belajar untuk meraih ridha Allah ta'ala. Kemudian, perjelas tujuan belajar. Belajar ilmu syar'i untuk apa?. Dengan begitu kita akan fokus dalam belajar, karena secara umum kita sudah mengetahui manfaat dari apa yang akan kita pelajari.

Ketiga, Mengatur Waktu. Belajar online adalah media bagi yang kesulitan secara waktu dan / atau tempat untuk belajar tatap muka (langsung). Ia bukan solusi untuk yang malas belajar. Bagi yang malas belajar, mau pakai media apapun baik online atau tidak, tidak akan meraih keberhasilan. Oleh karena itu kita dalam belajar apapaun, baik online atau tidak kita harus tetap mengatur waktu kita secara khusus untuk fokus dalam belajar. Dengan begitu, kita akan tenang saat belajar karena sudah terdapat waktu khusus yang tidak bisa dikesampingkan dengan hal yang lain.

Demikianlah 4 Tips Sukses Belajar Secara Online. Semoga tips tersebut, bermanfaat untuk semuanya. Amin.
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar
Close Disqus