Skip to main content

Recent Disqus

Click Here On Load Disqus

3 Cara Menjadi Guru Profesional Di Era Milenial

3 Cara Menjadi Guru Profesional Di Era Milenial
www.azid45.web.id - 3 Cara Menjadi Guru Profesional Di Era Milenial.  Assalamualakum, Wr.Wb. Bertemu lagi pada saya blog pendidikan dan perkembangan Islam. Pada kesempatan kali ini saya akan share 3 cara menjadi guru profesional di era milenial. Teknologi di era milenila ini sangatlah berkembang dibanding generasi-generasi sebelumnya. Dimana pada era ini banyak sekali perkembangan diberbagai bidang akibat teknologi yang semakin pesat. Dengan adanya digitalis dari semua bidang baik pendidikan, kesehatan, politik dan lain sebagainya kita sebagai guru tentunya sangatlah mudah untuk mengakses berbagai informasi terkait perkembangan pendidikan di seluruh dunia, mulai dari medida pembelajaran, model pembelajaran, metode pembelajaran dan bahkan sumbar pembelajaran.

Baca juga : 5 kesalahan guru yang dilakukan dalam proses pembelajaran

Dari sinilah kita sebagai guru tentunya harus memiliki sikap profesionalisme yang lebih tinggi dibandingkan dengan era sebelumnya. Dengan meningkatkan profesionalisme guru, kita harus terus meningkatkan kemampuan dan kompetensi diri sebagai seorang guru baik itu dengan saling berbagi pengetahuan dan ketrampilan dalam mengajar antar sesama guru maupun saling memberikan informasi seputar pendidikan antar sesama guru.

Namun dari itu semua, ada tiga hal penting untuk mengupgrade sikap profesionalistas kita sebagai guru, yaitu;

Pertama, mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kompetensi diri

Dengan pelatihan ini, kita sebagai guru akan menjadi lebih terupgrade dalam sisi ilmu pengetahuan yang mungkin tidak akan ada pada berbagai sumber informasi di internet. Dengan berbagai pelatihan tentunya juga kita lebih mengetahu perkembangan pembaharuan terhadap aturan-aturan terkait pembelajaran yang ada di Indonesia, seperti perubahan pembuatan RPP yang berbasis Abad 21, silabus yang harus memiliki nilai C4-C6 dalam teori pembelajaran Bloom dan lain sebagainya.

Kedua, saling berbagi pengetahuan dengan sesama guru

Masing-masing guru pasti memiliki pengetahuan dan pengalaman berbeda-beda. Oleh karena itu, kita sebagai guru harus sering membagi pengalaman dan pengetahuan antar sesama guru dan sering bertanya terkait hal-hal yang baru yang belum kita ketahui kepada sesama guru yang sudah mengetahui perkembangan informasi terkait pendidikan.  Seperti kata pepatah, ilmu yang dibagi tidak akan berkurang, justru akan semakin bertambah.

Baca Juga: 4 ketrempilan yang harus ada pada kurikulum abad 21

Dengan teknologi digital, semua informasi cukup mudah kita dapatkan. Seperti, kita sebagai guru bisa bertanya pada forum atau group facebook guru, Twitter, Whatssapp, maupun telegram. Meskipun hal tesebut bisa dilakukan, juga harus meluangkan waktu untuk bertemu secara langsung dan berdiskusi terkait pengetahuan baru, hal ini selain dapat mengupgrade secara langsung dan pemahaman secara langsung juga dapat meningkatkan nilai kekeluargaan antar sesama guru.


Ketiga, Menguji kompetensi diri anda sebagai seorang guru

Bila Anda sudah mengikuti pelatihan dan informasi terkait pendidikan, Anda harus mengetahui seberapa jauh peningkatan kemampuan diri Anda. Salah satu cara untuk mengetahui kemampuan diri adalah dengan mengikuti lomba guru seperti lomba mengajar, lomba menulis, dan lomba yang berhubungan dengan kompetensi diri. Dari lomba tersebut, Anda bisa mengukur seberapa jauh kemajuan yang sudah dibuat.

Demikianlah 3 Cara Menjadi Guru Profesional Di Era Milenial. Semoga bermanfaat, Amin.
KOLOM ILMU Seorang Blogger Pemula yang ingin menjadi blog profesional
Reactions
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar