Skip to main content

Recent Disqus

Click Here On Load Disqus

4 Keterampilan Yang Harus Ada Pada Kurikulum 2013 Abad 21

4 Keterampilan Yang Harus Ada Pada Kurikulum 2013 Abad 21
Konten [Tampil]

www.azid45.web.id - 4 ketrampilan yang harus ada pada kurikulum 2013 abad 21. Sudah pernah dengar 4C atau 4 keterampilan yang harus termuat dalam materi pembelajaran pada kurikulum 2013?. Mungkin dari guru senior dan yang sering mengikuti pelatihan tentang pendidikan sudah akrab dengan 4C tersebut, namun mungkin juga dari golongan mahsiswa maupun guru baru yang notabenya baru lulus kuliah dan masih belum memiliki pengalaman mengajar seperti saya ini kadang tidak akrab dengan 4C bahkan belum mengetahuinya.

Sejatinya 4C sudah ada sejak 2016 bahkan mungkin sebelum itu, namun untuk menuju abad 21 ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan merancang system kurikulum berbasis karakter sehingga memunculkan PPK (penguatan pendidikan karakter). Pada PPK ini terdapat 5 point religius, nasionalis, mandiri, integritas, dan gotong royong tersebut yang juga harus ada pada kurkulum 2013 abad 21 nantinya. Lantas 4C sendiri meliputi apa saja?. Berikut penjelasannya.

Empat keterampilan yang harus ada pada kurikulum 2013 abad 21 atau biasa disebut 4C merupakan kepanjangan dari communicatian, collaboation, critical thinking and problem solving, dan creativity and innovation. Communication adalah salah satu kunci kesuksesan hidup ini baik dari level keluarga, sekolah, maupun masyarakat itu sendiri. Kita sebagai guru, sejatinya harus mempunyai kaidah tersendiri untuk bekomunikasi dengan peserta didik kita. Dengan komunikasi tersebut, kita sebagai guru akan paham akan peseta didik kita. Tanpa komunikasi yang baik, sejatinya menjadikan gep antara guru dan peseta didik dan pada akhirnya peserta didik tidak akan suka dengan mata pelajaran yang kita sampaikan.

Collaboration merupakan kemampuan bekolaborasi atau bekerja sama, saling bersinergi serta saling menyatukan potensi kita dengan potensi orang lain demi tujuan tertentu. Dengan bekolaborasi, peseta didik akan lebih paham terhadap materi yang diajarkan. Dimana kolabari tersebut bisa dilaksanakan dengan kera kelompok untuk memecahkan suatu masalah terhadap materi yang sedang diajarkan. Dengan bekerja sama, anak yang tidak paham menjadi paham, dan anak yang sudah paham akan lebih paham karena menjelaskan kepada anak yang belum paham. Disamping itu kita sebagai seorang guru akan lebih mudah untuk menyimpulkan terhadap masalah tersebut, dikarenakan mereka sudah paham terhadap pemecahan masalah dari hasil bekerja kelompok.

Critical thinking and problem solving merupakan salah satu solusi dalam menyelesaikan problem yang dihadapi antara peserta didik dan guru. Kita sebagai guru sejatinya kurang etis untuk membentak-bentak muridnya didepan temannya apa lagi didalam kelas. Seperti diam! kamu ngeyel, dasar bodoh! dan sebagainya. Dengan perketaan tersebut sejatinya dapat mematikan daya critical thinking peserta didik. Lantas apa itu critical thinking? critical thinking merupakan kemampuan untuk memahami sebuah masalah yang rumit untuk mengkoneksikan informasi satu dengan yang lainnya, sehingga menghasilkan sebuah solusi terhadap permasalahan. Disini tidaklah membutuhkan orang yang pintar yang memiliki nilai yang tinggi, namun orang yang paham akan situasi dan cerdas akan mampu berfikir kritis dan menemukan solusi berbagai problem yang dialami.

Creativity and innovation merupakan kemampuan seseorang dalam menciptakan penggabungan baru. Kreativitas akan sangat tergantung kepada pemikiran kreatif seseorang, yakni sebuah gagasan baru. Dengan gagasan baru tersebut akan menghasilkan inovasi baru. Untuk itu kita sebagai guru harus selalu memiliki inovasi dan ide yang kreatif bagi peserta didiknya baik itu berupa media maupun metode pembelajaran.

itulah sekilas penjelasan singkat mengenai 4C yang harus ada pada kurikulum 2013 abad 21. Semoga bermanfaat.
Reactions
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar