Skip to main content

Recent Disqus

Click Here On Load Disqus

7 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Lemot dan Cepat Panas

7 Cara Ampuh Mengatasi HP Android  Lemot dan Cepat Panas
Konten [Tampil]
7 Cara Ampuh Mengatasi HP Android  Lemot dan Cepat Panas
www.azid45.web.id - 7 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Lemot dan Cepat Panas. Android anda cepat panas? ditambah lagi lemot? jika anda mengalama hal tersebut tentunya anda akan merasa jengkel bukan?. Ya, beberapa waktu lalu saya juga pernah mengalaminya dan sedikit jengkel menunggu respon HP android yang lemot.

Apakah HP lemot dan mudah panas dipengaruhi oleh spesifikasi HP yang kurang canggih atau masih rendah?, misalnya saja RAM HP masih 1 Gb, Memori Internal masih 4Gb, dan prosesor masih rendah. Menurut saya, tidak semua akibat HP android lemot dan panas karena spesifikasi yang sudah usang dan lama digunakan bisa jadi ada faktor lain seperti terkena virus, penggunaan aplikasi yang berlebihan, bug aplikasi yang baru diunduh dan lain sebagainya.

Jika anda mengalami HP android lemot dan cepat panas jangan cepat gelisah, anda setidaknya bisa mengatasinya dengan cara berikut:

Pertama, Luangkan Waktu untuk Update Software & Aplikasi 

Salah satu penyebab HP lemot adalah terdapat bug dari aplikasi smartphone "android" yang anda gunakan. Biasanya bug tersebut akan diperbaiki oleh developer dan kita sebagai pengguna harus memperbaruhi aplikasi  dengan cara update software pada pengaturan.

Dari hal ini ada baiknya anda mengaktifkan auto update sistem operasi pada smartphone anda agar anda tidak ketinggalan untuk segera mengupdate sistem operasi pada HP android yang sedang anda gunakan.

Kedua, Menghapus File Yang Tidak Penting

Penyebab yang sering terjadi saat HP android anda lemot adalah memori yang sudah tidak memadahi atau sudah tidak cukup. Oleh karena itu anda harus menghapus beberapa file yang tidak anda butuhkan agar HP kembali normal.

Meskipun begitu kadang juga ada beberapa aplikasi yang menyebabkan HP android anda lemot dan panas terutama adalah Game. Biasanya Game membutuhkan banyak RAM dalam menjalankan Game tersebut, oleh karena itu anda harus tahu spesifikasi HP android anda. Jika tidak kuat pada beberapa aplikasi yang membutuhkan kinerja lebih maka lebih baik anda menghapus aplikasi tersebut agar kinerja smartphone anda kembali bekerja dengan normal.

Ketiga, Upadate Aplikasi Yang Diperlukan Saja

Rekomendasi dari saya alangkah baiknya anda jangan selalu mengupdate setiap aplikasi yang ada pada smartphone anda. Bisa jadi dengan selalu mengupdate setiap aplikasi maka akan menjadikan HP android anda lemot dan cepat panas.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan memori tidak bisa menampung file pada aplikasi anda dan kinerja RAM akan menjadi berat saat update aplikasi tersebut. Jika anda menjumpai pada HP android yang anda gunakan mengupadate secara otomatis lebih baik anda batalkan terlebih dahulu dan pilih aplikasi yang memang anda butuhkan untuk di update misalkan saja "whatsapp".

Dengan begitu anda dapat meminalisir penggunaan RAM pada setiap aplikasi yang anda gunakan.

Keempat, Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Software Anti Virus

Lebih baik anda menggunakan cukup satu anti virus untuk mengamankan HP android anda karena jika terlalu banyak anti virus yang anda gunakan akan menyebabkan HP anda akan semakin lemot. Hal tesebut disebabkan kinerja anti virus berjalan secara otomatis di background layar HP Android anda.

Bayangkan saja misalnya anda memiliki lebih dari satu anti virus dan pada setiap aplikasi anti virus tersebut berjalan otomatis di background layar, sudah pasti akan mengganggu kinerja HP androd anda.

Kelima, Hindari Menggunakan Widget dari Aplikasi Bawaan HP

Seperti halnya anti virus widget bawaan HP seperti jam, cuaca, catatan dan lain sebagainya juga dapat membuat HP android anda lemot dan cepat panas karena memakan RAM yang cukup besar. Akibat hal tersebut tidak lain adalah kerena widget tersebut berjalan secara otomatis pada background layar HP.

Oleh karena itu pastikan anda menggunakan widget yang dibutuhkan dan penting saja seperti jam yang sudah terintegrasi dengan tanggal. Dengan begitu kinerja RAM akan sedikit berkurang dan HP anda tidak akan lemot.

Keenam, Rajin Untuk Scan Virus

Jika pada point sebelumnya anda tidak boleh terlalu banyak menginstall anti virus maka pada point ini anda diharuskan untuk rajin menggunakan anti virus tersebut untuk scan HP android anda secara berkala.

Dengan scan virus setidaknya menghindari virus berbahaya yang dapat mengganggu kinerja HP android anda karena bisa jadi HP anda lemot diakibatkan oleh virus yang menyerang pada HP android anda.

Ketujuh, Membersihkan Cache Aplikasi

Setiap kali anda menginstall sebuah aplikasi pastinya akan terdapat file cache yang fungsinya untuk menyimpan data sementara dari aplikasi yang anda instal. File cache tersebut jika anda biarkan menumpuk maka menyebabkan memori anda penuh serta mengganggu kinerja dari RAM.

Oleh karena itu anda baiknya harus rajin membersihkan file cache aplikasi tersebut. Anda bisa menghapus cache tersebut pada aplikasi terinstall yang ada di menu setting. Caranya anda tinggal klik saja aplikasi yang dituju kemudian pilih hapus cache.

Untuk efektifitas anda juga bisa menginstall aplikasi khusus menghapus cache seperti CCleaner. Anda bisa mengunduhnya di play store.

7 Cara Ampuh Mengatasi HP Android  Lemot dan Cepat Panas


Tambahan, Reset HP atau Beli HP Android Baru

Jika anda sudah melakukan ketujuh langkah tersebut namun HP android anda masih lemot maka anda perlu menggunakan langkah terakhir yaitu membeli HP baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari HP anda sebelumnya.

Dengan membeli HP baru pastinya anda tidak akan mengalami masalah seperti lemot dan panas. Jika anda belum memiliki uang untuk membeli HP baru anda bisa dengan cara mereset ulang HP android anda yang lemot dan cepat panas tersebut. Dengan mereset ulang maka HP android anda akan nampak didalamnya seperti HP yang baru beli dari pabriknya dan tentunya kinerja RAM akan kembali seperti awal saat kita beli.

Demikianlah artikel saya terkait 7 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Lemot dan Cepat Panas. Semoga artikel ini bermanfaat. Amin.
Reactions
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar