Skip to main content

Recent Disqus

Click Here On Load Disqus

Cara Decode Javascript Work 100%

Cara Decode Javascript Work 100%
Cara Decode Javascript Work 100%
www.azid45.web.id - Assalamualaikum.Wr.Wb sobat blogger pada kesempatan kali ini saya akan menyimpan pengalaman saya di blogger sederhana ini terkait Cara Decode Javascript Work 100%. Biasanya decode sendiri kadang juga disebut dengan deobfuscator, makanya kadang blogger mencari decode javascript dengan keyword cara deobfuscator javascript.

Seperti halnya tutorial sebelumnya terkait "kumpulan tag kondisional blogger terbaru" postingan kali ini juga bertujuan untuk penyimapanan data pribadi, dan pengalaman pribadi agar sewaktu-waktu lupa caranya bisa lihat tutorial ini. Oleh karena itu jika, Anda kurang begitu paham terkait tutorial ini bisa lihat ke sumber rujukan yang akan saya tulis dibawah.

Secara umum untuk decode sendiri ada beberapa tools online yang dapat Anda gunakan, namun tidak semuanya berhasil untuk menghasilkan decode yang bagus. Hal ini dikarenakan pembuat javascript mengenyscript atau encode javascriptnya menggunakan tools encode yang sulit ditembus tools decoder.

Selain itu kebanyakan dari pembuat script yang di encode menggunakan tools encode ganda, dan yang sering digunakan adalah tools encode eval picker dan obfuscator. Dengan encode tersebut, meskipun Anda menggunakan deobfuscator sekalipun bisa jadi hasil output decode tidak sesuai dengan javascript murninya.

Pada output decode ada sebuah kode angka yang sulit untuk kita pahami misalnya _0x55533. Tentunya saat melihat itu, kita akan mengirah hasil decode kita gagal, saya juga sempat pernah berfikiran seperti itu. Bahkan script hasil decode tersebut saya uji coba tidak berhasil atau tidak berfungsi.

Setelah saya mempelajari javascript, ternyata ada satu hal penting yang harus diperhatikan bahwasannya javascript itu sensitif dan tidak boleh ada kode angka didepan seperti yang saya contohkan tadi (_0x55533).

Setelah saya mencoba untuk mencari cara dan solusi untuk decode sebuah script yang di encode setidaknya ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu mengubah kode angka (_0x5553) menjadi sebuah huruf contoh "ouput" dan mengubah kode yang dibungkus dengan ['.....'] diganti dengan titik (.) contoh ['otob'] maka menjadi .otob

Misalkan ada kode var _0x5555[2A\...... akan kita decode dari tools decode https://beautifier.io/, dari kode tersebut akan menghasilkan keluaran sebagai berikut:

function call_func(_0x41dcx2) {
 var _0x41dcx3 = eval('(' + _0x41dcx2 + ')');
 var _0x41dcx4 = document['createElement']('div');
 var _0x41dcx5 = _0x41dcx3['id'];
 var _0x41dcx6 = _0x41dcx3['Student_name'];
 var _0x41dcx7 = _0x41dcx3['student_dob'];
 var _0x41dcx8 = '<b>ID:</b>';
 _0x41dcx8 += '<a href="/learningyii/index.php?r=student/view&amp; id=' + _0x41dcx5 + '">' + _0x41dcx5 + '</a>';
 _0x41dcx8 += '<br/>';
 _0x41dcx8 += '<b>Student Name:</b>';
 _0x41dcx8 += _0x41dcx6;
 _0x41dcx8 += '<br/>';
 _0x41dcx8 += '<b>Student DOB:</b>';
 _0x41dcx8 += _0x41dcx7;
 _0x41dcx8 += '<br/>';
 _0x41dcx4['innerHTML'] = _0x41dcx8;
 _0x41dcx4['setAttribute']('class', 'view');
 $('#StudentGridViewId')['find']('.items')['prepend'](_0x41dcx4);
};

Dari hasil itu saya dulu mengira masih terencode ternyata harus diubah terlebih dulu agar terlihat cantik kodenya. Cara mengubahnya bagaimana?

Ada cara, teknik, serta alat yang harus Anda lakukan yaitu:
1. mengubah kode angka dan tanda ['...'] sebagaimana yang saya jelaskan sebelumnya
2. gunakan notepad++ agar mudah untuk mereplace  kode yang akan kita ubah
3. tetap fokus, telaten, serta sabar saat mengubah kode

Berikut hasil kode yang telah di editing

function call_func(input) {
    var evaled = eval('(' + input + ')');
    var newDiv = document.createElement('div');
    var id = evaled.id;
    var name = evaled.Student_name;
    var dob = evaled.student_dob;
    var html = '<b>ID:</b>';
    html += '<a href="/learningyii/index.php?r=student/view&amp; id=' + id + '">' + id + '</a>';
    html += '<br/>';
    html += '<b>Student Name:</b>';
    html += name;
    html += '<br/>';
    html += '<b>Student DOB:</b>';
    html += dob;
    html += '<br/>';
    newDiv.innerHTML = html;
    newDiv.setAttribute('class', 'view');
    $('#StudentGridViewId').find('.items').prepend(newDiv);
};

Dari contoh kode diatas, saya juga sudah uji coba kode yang di enyscript dan berhasil 100%. Dari pengalaman saya, ada beberapa kendala saat decode salah satunya adalah jika encode javascriptnya terlalu panjang maka output decode kadangkala berantakan, serta Anda harus bisa memilih dan menentukan batas kode yang sesuai.

Jadi tergantung kreatifitas dan ketekunan Anda dalam proses decoding. Akan tetapi ingat, jika Anda menggunakan template gratis dan ingin menghapus credit link tidak saya sarankan untuk menghilangkan script tersebut. Hargailah pembuat template tersebut dengan link aktif sebagai backlink.

Jika Anda risih, bisa menggunakan teknik hiden dengan menambahkan style visibility:hidden!important dan opacity:1!important.

Demikianlah tutorial tentang Cara Decode Javascript Work 100%. Gunakan dengan bijak cara dan teknik ini. Jika Anda kesulitan, Anda bisa baca dan lihat sumber rujukan dibawah ini:

https://stackoverflow.com/questions/12921713/de-obfuscate-javascript-code-to-make-it-readable-again

https://www.youtube.com/watch?v=6DgStjYJ1eQ


Semoga bermanfaat. Amin
Reactions
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar
TFGbRFL5YFd6TZXvTFXbTmA7YXzUZG0TPXbTCI==