Skip to main content

Contoh Pembuatan Proposal Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa Arab


www.azid45.web.id - Contoh Pembuatan Proposal Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Bahasa Arab di MA YKUI Maskumambang Dukun Gresik.

Kurikulum 2013 atau yang biasa disebut dengan K-13 adalah kurikulum tetap yang diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan kurikulum tingkat satuan pendidikan atau yang biasa disebut dengan KTSP yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 memiliki tiga aspek penilaian yaitu aspek pengetahuan‚ aspek keterampilan‚dan aspek sikap serta perilaku. Aspek penilaian yang berlaku dalam kurikulum 2013 meliputi aspek pengetahuan‚ aspek keterampilan dan aspek sikap‚ dari ketiga aspek tersebut yang menjadi aspek penilaian paling penting adalah aspek sikap atau perilaku.

Dalam pengembangan kurikulum 2013 pengembangan pembelajaran yang dikehendaki adalah pembelajaran yang mengedepankan pengalaman‚ proses pembelajaran yang dikehendaki adalah proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.Pembelajaran bahasa arab pada hakikatnya terfokus pada aspek keterampilam yaitu menyima’‚ membaca‚ berbicara‚ serta menulis.

Berangkat dari pemikiran tersebut peneliti sebagai mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Program Studi Pendidikan Bahasa Arab berkeinginan untuk mengajukan penelitian. Adapun judul yang dipilih dalam penelitian ini adalah Efektifitas Kitab “العربية للناشئين ” Untuk Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas X Ma Ykui Maskumambang Dukun Gresik.

C. Rumusan Masalah

Masalah yang ingin diketahui dan dijawab oleh penulis pada penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Bagaimana penggunaan kitab العربية للناشئين untuk siswa kelas X MA YKUI Maskumambang Dukun Gresik?

2. Bagaimana kitab العربية للناشئين bisa meningkatkan keterampilan membaca untuk siswa kelas X MA YKUI Maskumambang Dukun Gresik?

3. Bagaimana efektifitas penggunaan kitab العربية للناشئين bisa meningkatkan keterampilan membaca untuk siswa kelas X MA YKUI Maskumambang Dukun Gresik?

D. Tujuan Pembahasan

Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dijabarkan di atas‚ maka tujuan dari penulisan penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Untuk mengetahui penggunaan kitab العربية للناشئين untuk siswa kelas X MA YKUI Maskumambang Dukun Gresik

2. Untuk mengetahui apakah kitab العربية للناشئين bisa meningkatkan keterampilan membaca untuk siswa kelas X MA YKUI Maskumambang Dukun Gresik

3. Untuk mengetahui efektifitas penggunaan kitab العربية للناشئين dalam peningkatan keterampilan membaca untuk siswa kelas X MA YKUI Maskumambang Dukun Gresik

E. Manfaat Penelitian

Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Untuk memberikan informasi tentang kitab al-‘arabiyah li al-nasyiin dalam efektifitas belajar maharah qiraah.

2. Agar penelitian ini dapat bermanfaat untuk penulis khususnya‚ dan para pembaca tentang efektifitas kitab al-‘arabiyah li al-nasyiin dalam peningkatan maharah qiraah.

F. Batasan Masalah

Agar penulis tidak menyimpang dan mengambang dari tujuan yang semula direncanakan sehingga mempermudah mendapatkan data dan informasi yang diperlukan‚ maka penulis menetapkan batasan-batasan sebagai berikut:

1. Membahas kitab al-‘arabiyah li al-nasyiin dalam qira’ahnya.

2. Kelancaran membaca sebelum menggunakan kitab al-‘arabiyah li al-nasyiin dan setelahnya.

3. Objek yang dimaksud adalah siswa kelas X unggulan Putri MA YKUI Maskumambang tahun ajaran 2015/2016.

G. Definisi Kata Dari Judul

Dari judul yang akan dibahas oleh penulis terdapat tiga kata kunci yaitu efektifitas‚ kitab al-‘arabiyah li al-nasyiin dan maharah qira’ah.

1. Efektifitas

Pengertian efektifitas secara umum menunjukkan sampai seberapa jauh tercapainya suatu tujuan yang terlebih dahulu ditentukan.

2. Kitab al-‘arabiyah lin nasyiin

Kitab al-‘arabiyah lin nasyiin adalah salah satu kitab bahasa arab yang cocok digunakan untuk mengembangkan keterampilan membaca bagi siswa karena banyak terdapat teks bacaan yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan membaca pada siswa di sekolah. Kitab ini digunakan untuk pembelajaran bahasa arab bagi non arab‚ seperti yang kita ketahui bahwa banyak kitab dan materi pembelajaran bahasa arab yang tersedia untuk belajar bahasa arab akan tetapi untuk meningkatkan keterampilan membaca kitab inilah salah satunya.

3. Maharah qira’ah

Keterampilan membaca (Maharah qira’ah) yaitu menyajikan materi pelajaran yang mengutamakan pada membaca‚ atau dalam arti lain membaca adalah suatu kemampuan mengenali serta memahami suatu tulisan dengan cara melafalkan atau mencerna bacaan dalam hati. Sedangkan menurut Tarigan membaca adalah proses yang dilakukan dan dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media tulisan.[1]Keterampilan membaca (maharah qira’ah) memiliki urgensi tersendiri khususnya dalam pembelajaran bahasa arab yaitu membaca merupakan kunci untuk membuka khazanah pengetahuan dan budaya Islam‚ dengan membaca maka seseorang akan mendapatkan ilmu dari apa yang telah dibaca‚ target pembelajaran maharah qira’ah adalah mampu membaca teks arab dengan fashih‚ mampu menerjemahkan serta mampu memahami teks dengan baik dan benar.

H. Metodologi Penelitian

1. Jenis penelitian

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian kualititatif adalah penelitian yang bersifat empiris atau dapat diamati dengan panca indera sesuai dengan kenyataan‚ hanya saja pengamatan atas data bukanlah berdasarkan ukuran-ukuran matematis yang terlebih dahulu ditentukan oleh peneliti dan harus disepakati oleh pengamatan lain‚ melainkan berdasarkan ungkapan subjek penelitian.

2. Populasi

Populasi adalah keseluruhan subjek penelitian.[2] Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putri MA YKUI Maskumambang Dukun Gresik.

3. Sampel

Sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang teliti.[3] Penelitian ini menggunakan sampel random yaitu semua subjek dianggap sama.[4] Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa putri kelas X MA YKUI Maskumambang baik yang bermukim di rumah maupun di pesantren.

I. Teknik pengumpulan data

Data adalah semua yang diperlukan oleh peneliti dalam penelitian‚ untuk mendapatkan data maka peneliti menggunakan beberapa metode yang sesuai dengan penelitian ini yaitu:

a. Observasi

Yaitu pengamatan dan pencatatan yang sistematis terhadap gejala-gejala yang diteliti.[5] Peneliti menggunakan metode ini secara langsung untuk mendapatkan data-data dari MA YKUI Maskumambang Dukun Gresik.

b. Wawancara

Yaitu tanya jawab lisan antara dua orang atau lebih secara langsung.[6] Dengan wawancara ini diharapkan agar bisa mendapatkan datadari guru‚ serta dari siswa tentang maharah qira’ah yang dilakukan melalui kitab al-‘arabiyah lin lasyiin.

c. Dokumentasi

Yaitu teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui dokumen-dokumen.[7] Dengan dokumentasi ini diharapkan bisa mendapatkan foto-foto mekanisme pembelajaran maharah qira’ah siswa MA YKUI Maskumambang Dukun Gresik.

J. Daftar Pustaka

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1998)
Hadi Amirul dan Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan (Bandung :94 Pustaka Setia, 1998)
Tarigan Henry Guntur, membacasebagaisuatuketrampilanbahasa (Bandung: Angkasa, 1994)


[1] Henry GunturTarigan, membacasebagaisuatuketrampilanbahasa (Bandung: Angkasa, 1994), hlm.7
[2] Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1998), hlm. 115.
[3] Ibid hlm 117.
[4] Ibid hlm 120.
[5] Amirul Hadi dan Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan (Bandung :94 Pustaka Setia, 1998), hlm. 94.
[6] Ibid hlm 97.
[7] Ibid hlm 110.
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar
Close Disqus