2 Pendekatan Penting dalam Manajemen Peserta Didik

2 Pendekatan Penting dalam Manajemen Peserta Didik

2 Pendekatan Penting dalam Manajemen Peserta Didik

www.azid45.web.id2 Pendekatan Penting dalam Manajemen Peserta Didik. Ada dua pendekatan yang digunakan dalam manajemen peserta didik yaitu pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif, yaitu sebagai berikut:

Pertama, Pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menitikberatkan pada segi administratif dan birokkratik lembaga pendidikan, dimana peserta didik diharapkan memenuhi segala tuntutan dan harapan lembaga pendidikan dengan asumsi bahwa apabila peserta didik memenuhi segala aturan, tugas harapan yang diinginkan oleh lembaga pendidikan maka akan menjadikan peserta didik yang berjiwa matang dan tercapai segala harapannya.

Kedua, Pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang menitikberatkan pada kesejahteraan peserta didik, dengan asumsi bahwa jika peserta didik senang dan sejahtera, maka mereka dapat belajar dengan baik dan merasa senang untuk mengembangkan diri di sekolah. Pendekatan ini menekankan pada perlunya lingkungan yang kondusif dan menyenangkan bagi pengembangan diri secara optimal.[1]

Kedua pendekatan tersebur memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, akan tetapi kita dapat menyatukan kedua pendekatan tersebut sehingga memunculkan pendekatan baru yang berpijak pada perlunya disediakan lingkungan yang kondusif sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, tetapi perlu tetap dipegang kendali kedisiplinan yang tinggi dengan memperhitungkan kehadiran, tugas dan pemenuhan aturan sekolah yang berlaku, hal itu agar proses pembelajaran berjalan dengan tertib, disamping menekankan bahwa untuk menjadi masyarakat yang terdepan diperlukan kedisiplinan.

[1] Elia, Manajemen Peserta Didik diakses dari www.idarah20PBA/makalah-manajemen-peserta-didik_10.html pada tanggal 5 Oktober 2013
Reaksi:
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar Disqus

0 Response to "2 Pendekatan Penting dalam Manajemen Peserta Didik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel