Skip to main content

3 Hal Yang Harus Diperhatikan dalam Menyusun Angket dan Langkah-Langkahnya


Sumber: www.gurupendidikan.co.id
Angket merupakan kata lain dari kuesioner (questionair). Pada dasarnya, kuesioner adalah sebuah daftar pertanyaan yang harus diisi oleh orang yang akan diukur (respoden). Dengan kuesioner ini orang dapat diketahui tentang keadaan atau data diri, pengalaman, pengetahuan sikap atau pendapatnya, dan lain-lain.[1] Angket sering digunakan untuk menilai hasil belajar ranah afektif, dapat berbentuk pilihan ganda dan skala sikap.
Adapun kuesioner dapat ditinjau dari beberapa segi, diantaranya adalah :
a.       Ditinjau dari segi siapa yang menjawab, maka ada :
1)      Kuesioner langsung
Kuesioner dikatakan langsung jika kuesioner tersebut dikirimkan dan diisi langsung oleh orang yang akan dimintai jawaban tentang dirinya.
2)      Kuesioner tidak lansung
Kuesioner tidak langsung merupakan kuesioner yang dikirim dan diisi oleh bukan orang yang diminta keterangannya. Kuesioner tidak langsung biasanya digunakan untuk mencari informasi tentang bawahan, anak, saudara, tetangga dan sebagainya.
b.      Ditinjau dari segi cara menjawabnya maka dibedakan atas :
3)      Kuesioner tertutup
Kuesioner tertutup adalah kuesioner yang disusun dengan menyediakan pilihan jawaban lengkap sehingga pengisi hanya tinggal memberi tanda pada jawaban yang dipilih.

4)      Kuesioner terbuka
Kuesioner terbuka merupakan kuesioner yang disusun sedemikian rupa sehingga para pengisi bebas mengemukakan pendapatnya.
a.       Tujuan pengembangan angket :[2]
1)      Mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang suatu pembelajaran.
2)      Membimbing siswa untuk belajar efektif sampai tingkatan penguasaan tertentu.
3)      Mendorong siswa untuk lebih kreatif dalam belajar.
4)      Membantu anak yang lemah dalam belajar.
5)      Untuk mengetahui kesulitan-kesulitan siswa dalam suatu pembelajaran.
b.      Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyusun angket :[3]
1)      Pertanyaan hendaknya pendek dan jelas.
2)      Mengandung satu jawaban.
3)      Pertanyaan tidak boleh menyinggung perasaan peserta didik.
c.       Langkah-langkah menyusun angket :
1)      Merumuskan tujuan
2)      Merumuskan kegiatan
3)      Menyusun langkah-langkah
4)      Menyusun kisi-kisi
5)      Menyusun panduan angket
6)      Menyusun alat penilaian


Contoh Angket:
1.      Bentuk pilihan ganda :
Saya lebih suka berinfaq atau bershadaqah dalam situasi:
a.       Ada orang yang mencatat dan mengumumkannya
b.      Banyak orang yang menyaksikannya, agar saya tidak disebut sebagai orang yang bakhil
c.       Ada atau tidak ada orang yang mengetahui, bagi saya sama saja
d.      Tidak ada yang mengetahui sama sekali
2.      Skala likert:[4]
Membayar infaq atau shadaqah memang baik untuk dikerjakan, akan tetapi sebenarnya bagi orang yang telah membayarkan zakatnya tidak perlu lagi untuk membayar infaq atau shadaqah. terhadap pertanyaan tersebut saya:
a.    sangat setuju
b.   setuju
c.    ragu-ragu
d.   tidak setuju
e.    sangat tidak setuju




[1] Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2003), hlm, 28.

[2] P4mriunismuh, Intrument Non Tes-1, http:// wordpress.com/2013/10/0, html.
[3] Junaidi, M. Baihaqi, Evaluasi Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah (MI), (LPTK IAIN SUNAN AMPEL, FAKULTAS TARBIYAH), hlm: 102.

[4] Ibid, hlm. 102

PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar
Close Disqus
Close Translate