4 Ciri Khusus Aspek Dari STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) Pada Dunia Pendidikan


www.azid45.web.id - 4 Ciri Khusus Aspek Dari STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic). Pada Dunia Pendidikan. Dunia pendidikan kian lama semakin berkembang. Teknlogi dan Informasi semakin bermanfaat untuk membantu proses pembelajaran dalam dunia pendidikan. Sehingga, masalah dalam dunia pendidikan pun memiliki konsep dasar untuk kemajuan peserta didiknya. Dalam konsep dasar tersebut salah satunya biasa kita kenal dengan STEM (science, technology, engineering, and mathematics) dimana konsep tersebut dapat menciptakan sebuah sistem pembelajaran secara kohesif dan aktif untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam proses pembelajaran. Solusi yang diberikan menunjukkan bahwa peserta didik mampu untuk menyatukan konsep abstrak dari setiap aspek yang ada. 

Namun aspek dalam STEM ini memberikan tantangan yang luar biasa bagi kita sebagai guru atau pendidik. Dimana kita harus mampu menyediakan sebua sistem pendidikan yang menciptakan kesempatan kepada peserta didik untuk menghubungkan antara pengetahuan dan keterampilan sehingga menjadi familiar bagi setiap peserta didik. Untuk itu, dalam perkembangannya, kita harus mensinergikan aspek STEM kedalam RPP selain 4 keterampilan (4C). Hal ini akan bermanfaat secara signifikan terhadap kurikulum 2013 yang sejaitnya sejalan dengan konsep STEM yakni manyatukan setiap proses pembelajaran melalui pengetahuan dan keterampilan, meskipun dalam kurikulum juga harus terdapat aspek religiusitas dan sosial.

Untuk mengetahui lebih lanjut, pada setiap aspek STEM memiliki 4 ciri khusus untuk membantu peserta didik menyelesaikan masalah secara komprehensif (menyeluruh) jika STEM diintegrasikan. Mengambil dari Torlakson, 4 ciri khusus tersebut diantaranya adalah pertama, sains yang mewakili pengetahuan mengenai hukum-hukum dan konsep-konsep yan berlaku di alam, kedua, teknologi yang merupakan keterampilan untuk mengatur masyarakat, organisasi, pengetahuan serta menggunakan alat buatan yang dapat memudahkan pekerjaan, ketiga, teknik yang merupakan pengetahuan untuk mengoperasikan maupun mendesain sebuah prosedur untuk menyelesaikan sebuah masalah dan keempat, matematika yang merupakan ilmu yang menghubungkan antara besaran, angka dan ruang yang dapat mengembangkan pola pikir secara logis dan dibuktikan secara empiris. 

Keempat ciri khas tersebut, jika diintegrasikan dalam proses pembelajaran akan menjadikan peserta didik lebih bermakna dalam memperoleh pengetahuan karena proses pembelajaran dengan menggunakan STEM secara langsun memberikan latihan kepada peserta didik untuk dapat mengintegrasikan masing-masing aspek secara sekaligus.

Demikianlah penjelasan tentang 4 ciri khusus STEM dalam dunia pendidikan. sejatinya tujuan utama dari STEM adalah mempersiapkan peserta didik agar dapat bersaing dan siap untuk bekerja sesuai dengan bidang disiplin ilmu yang diketahuanya dan dikuasainya. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar Disqus

0 Response to "4 Ciri Khusus Aspek Dari STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) Pada Dunia Pendidikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel