4 Langkah Mengatasi Nilai Raport Jelek Pada Anak

4 Langkah Mengatasi Nilai Raport Jelek Pada Anak


www.azid45.web.id - 4 Langkah Mengatasi Nilai Raport Jelek Pada Anak. Assalamualaikum.wr.wb. Sudah selesai ujian? mau ambil raport, namun raportnya jelek. Perlukah kita sebagai orang tua untuk memarahi atau memberi hukum anak kita?. Seharusnya perbuatan tersebut jangan dilakukan, kenapa? akibat dari hal tersebut salah satunya adalah menjadikan anak tertekan. Semakin tertekan maka semakin besar anak memberi respon negatif juga. Respon negatif bisa berupa penyesalan yang luar biasa, menyalahkan diri sendiri, dan kepercayaan diri pun runtuh. Bisa juga berupa bantahan, menyalakan faktor lain terhadap jeleknya nilai raport dan bisa pula membantah apa yang dikatakan orang tua.

Lantas bagaimana langkah orang tua menghadapi anak yang mendapatkan nilai rapor jelek?. Terdapat 4 hal yang harus dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi anak yang memperoleh nilai raport jelek, berikut 4 hal tersebut;

Pertama, Bertanya. Hindari perkataan atau pertanyaan yang menghakimi anak, yang membuat anak justru menghindari untuk bercerita keadaannya yang sebenarnya. Ajukan pertanyaan yang membantu anak merefleksikan nilai raport yang didaptkannya, seperti bagaimana nilai raportmu? apa nilai raport yang sudah sesuai dengan usahamu dan mana nilai yang harus diperbaiki?

Kedua, Dengarkan. Dengarkan cerita anak sampai selesai. Dengarkan dengan sepenuh hati, jaga nada suara dan ekspresi wajah anda. Pahami emosi yang dirasakan oleh anak. Biarkan semua unek-unek anak keluar secara tuntas, unek-unek yang tertahan hanya akan membuat komunikasi orang tua dan anak menjadi tersumbat.

Ketiga, Refleksikan. Ajukan pertanyaan agar anak merefleksikan usaha anak. Ketika raport anak jelek, tanyakan apakah nilai itu sudah sesuai harapan dan usahanya. Bila tidak sesuai harapan anak, tanyakan berapa nilai yang sebenarnya bisa dicapai oleh anak pada pelajaran tersebut. Ajak anak untuk berpikir mengenai perilaku belajar yang perlu diperbaiki agar mendapat nilai yang diharapkanny tersebut atau bisa juga perilaku belajar baru yang perlu dibentuk pada masa mendatang.

Keempat, Bangun komitmen. Bila sudah menemukan perilaku belajar yang perlu dilakukan, ajak diskusi untuk menyusun rencana. Tanyakan pada anak, dukungan yang dibutuhkan dari orang tua agar anak bisa menjalankan rencana tersebut.

Jadi, nilai raport anak jelek bukanlah akhir dunia. Jangan memberi respon negatif yang justru menhancurkan semangat belajar anak. Dengarkan dan dukung anak agar mampu bangkit atau semakin semangat belajar. Lakukan refleksi agar anak mampu menemukan solusi sendiri. Semgat belajar yang berkobar untuk menjalankan solusinya sendiri yang akan membuat anak bangkit, semakin semangat belajar dan mencapai hasil yang lebih baik. 

Demikianlah artikel 4 Langkah Mengatasi Nilai Raport Jelek Pada Anak. Semoga bermanfaat.
Reaksi:
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar Disqus
Tutup Komentar

1 Response to "4 Langkah Mengatasi Nilai Raport Jelek Pada Anak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel