Skip to main content

Recent Disqus

Click Here On Load Disqus

6 Alasan Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik

6 Alasan Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik

www.azid45.web.id - 6 alasan pentingnya pendidikan karakter terhadap pembentukan karakter peserta didikPastinya tidaklah asing lagi bagi kita sebagai mahasiswa fakultas pendidikan, seorang pendidik, dan apalagi peserta didik akan pendidikan karakter. Sejatinya pendidikan karakter merupakan pendidikan yang mengajarkan penanaman nilai-nilai moral kepada peserta didik berupa komponen pengetahuan dan tindakan sebagai pelaksanaan nilai-nilai kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, dan lingkungan sekitar. Semua komponen harus dilibatkan, termasuk pendidikan itu sendiri yang meliputi kurikulum, proses pembelajaran, kualitas hubungan warga sekolah, pelaksanaan kegiatan pengembangan diri (ekstrakurikuler), dan sarana prasarana pendukung lainnya.

Dalam pendidikan karakter, sejak dibuatnya kurikulum satuan pendidikan atau KTSP 2006 setidaknya ada dua puluh komponen pendidikan karakter akan tetapi pada tahun 2017 pendidikan karakter direvisi menjadi penguatan pendidikan karakter (PPK) oleh menteri pendidikan dan kebudayaan bapak Muhajri Efendy yakni menjadi 5 nilai utama; religius, nasionalis, mandiri, integritas, dan gotong royong.

Untuk itulah, hakikatnya pendidikan karakter merupakan suatu hal yang penting sebagai pondasi kualitas sumber daya manusia untuk menentukan kemajuan bangsa terutama kaum pemuda. Sebagai dasar tersebut, tentunya setiap anak perlu dibina sejak dini, karena semakin dini diberi wawasan tentang pendidikan karakter, makin mudah dalam penerapannya.

Dari gambaran itulah, perlulah kita memahami 6 alasan selain hal yang diutarakan diatas terhadap pentingnya pendidikan karakter terhadap pembentukan peserta didik. Berikut 6 alasan pentingnya pendidikan karakter terhadap pembentukan peserta didik;

  1. Banyak generasi muda saling melukai karena lemahnya kesadaran pada nilai - nilai moral 
  2. Peran sekolah sebagai pendidik nilai-nilai moral menjadi semakin penting saat banyak diantara peserta didik memperoleh sedikit pengajaran moral dari orang tua, masyarakat, atau lembaga agama. 
  3. Secara umum masih banyak nilai moral yang dapat diterima masyarakat seperti perhatian, kepercayaan, rasa hormat dan tanggung jawaab. 
  4. Demokrasi mempunyai kebutuhan khusus untuk pendidikan moral karena demokrasi merupakan aturan dari, untuk dan oleh rakyat (sesuai dengan teori trias politika) 
  5. Komitmen pada pendidikan karakter penting manakala kita mau untuk terus menjadi guru yang baik 
  6. pendidikan karakter yang efektif membuat sekolah lebih peduli terhadap lingkungan dan mengacu peforma peningkatan akademik. 

KOLOM ILMU Seorang Blogger Pemula yang ingin menjadi blog profesional
Reactions
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar