7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Makalah dan Artikel


www.azid45.web.id - Assalamualaikum.wr.wb, kali ini pada saya akan share 7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Makalah dan Artikel. Makalah atau artikel merupakann suatu naskah yang ditulis secara sistematis dan utuh yang berupa garis-garis besar mengenai suatu masalah. Dalam menulis artikel atau makalah, didalamnya memiliki pendekatan disiplin keilmuan tertentu, baik itu dari segi keilmuan pendidikan, kesehatan, maupun yang lainnya, baik itu menguraikan pendapat, gagasan maupun pemecahan masalah.

Bagi seorang pemula, membuat sebuah makalah atau artikel mungkin dapat dibilang sulit, karena kadang kala mereka belum mengetahui cara untuk membuat makalah yang baik dan benar serta apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat makalah. Sehingga kesemua itu akan mempengaruhi makalah atau artikel saat dipresentasikan.

Untuk menanggulangi masalah tersebut, maka diperlukan ketelitian dan kesabaran agar kesalahan dalam membuat makalah atau artikel dapat teratasi. Setidaknya ada 7 hal yang perlu diperhatikan dalam membuat makalah atau artikel agar ketika makalah atau artikel tersebut dipresentasikan tidak banyak terdapat kesalahan, barikut 7 hal yang perlu diperhatikan ketika membuat makalah atau artikel;

Pertama, Cover.

Cover merupakan hal yang utama perlu diperhatikan ketika membuat makalah atau artikel. Jika dalam format cover salah, seperti nama, guru/dosen pembimbing, dan judul maka bisa jadi makalah atau artikel teman-teman akan kena revisi dan kadang kala tidak akan dipresentasikan. Untuk itu dalam membuat cover yang perlu dipertahikan dan teliti diantaranya;


  1. ukuran font untuk judul (biasanya 14-16)
  2. Nama Mata kuliah/ Mata pelajaran
  3. Nama Dosen/ Guru pengampu (pastikan title sesuai dan benar)
  4. Ukuran logo perguruan tinggi/ sekolah (standar tidak besar dan tidak kecil)
  5. nama penyusun
  6. identitas perguruan tinggi/ sekolah (bila perguruan tinggi biasanya berisi prodi - fakultas - nama perguruan tinggi dan untuk sekolah berisi nama sekolah dan alamat sekolah)
  7. Tahun makalah atau artikel dibuat.

Adapun jenis font yang biasa digunakan untuk membuat makalah atau artikel adalah jensi font tiem new roman, namun bisa saja berubah sesuai dengan ketentuan guru/ dosen yang mengajar. Dan untuk huruf judul adalah KAPITAL.

Kedua, Latar Belakang.

Pada bagian latar belakang, makalah atau artikel setidaknya harus berisi tentang hal-hal yang melandasi topik yang akan dibahas atau alasan penulis dalam membuat makalah atau artikel kemudian dikatiken dengan realita yang ada. Untuk memperkuat pernyataan yang ada pada latar belakang ada baiknya teman-teman menyertakan data baik itu berupa teori yang mendukung, berita media atau kasus lapangan yang disertakan dengan sumber, kitab suci baik itu al-Qur'an hadits untuk umat Islam, injil untuk kristen, weda untuk hindu atau yang lainnya, serta buku-buku yang mendukung dengan topik yang dibahas.


Ketiga, Rumusan Masalah.

Pada bagian ini yang perlu diperhatikan adalah bagaimana penyusun makalah atau artikel membuat pertanyaan yang dapat memahamkan pembaca dan tentunya memiliki nilai yang tinggi agar pembaca penasaran akan jawaban dari pertanyaan tersebut. Kita dapat menggunakan rumus 5W+1H untuk membuat rumusan masalah tersebut dan jangan lupa untuk membeikan simbol tanda tanya (?) pada setiap akhir kalimat pertanyaan tersebut. Adapun saran saya alangkah baiknya jika pertanyaan tersebut diawali dengan pertanyaan bagaiamana, tidak apa, mengapa, atau dimana karena pertanyaan tersebut bernilai pengetahuan saja tidak bernilai analisis secara mendalam.


Keempat, Isi Makalah.

Pada bagian ini merupakan bagian yang paling penting karena mencakup hal-hal yang teman-teman bahas dan sekaligus menjawab rumusan masalah yang telah teman-teman buat sebelumnya yang pastinya dilandasi dengan teori yang relevan dan sumber yang jelas agar makalah atau artikel berbobot. Sumber referensi bisa disisipkan pada isi makalah atau artikel dengan dua model yaitu innote (catatan perut) dan footnote. Untuk membuat innote cukup teman-teman membuat tanda kurung () pada akhir kalimat dan berikan identitas sumber berupa nama penulis, tahun: halaman seperti Jujun, 2009:23. Adapun untuk membuat footnote teman-teman bisa langsung klik tombol ctrl+alt+F secara bersamaan. Format footnote berbeda dengan innote, untuk footnote adalah penulis, judul, (tempat terbit:penerbit, tahun terbit), halaman seperti Jujun, Filsafat Ilmu, (Jakarta: Reneka Cipta, 2009), 23. Catatan: untuk nama penulis tidak boleh dengan tittle atau gelar seperti Prof. Dr. Jujun, M.Ag cukup ditulis Jujun.

Kelima, Kesimpulan.

Kesimpulan merupakan sebuah intisari dari isi makalah atau artikel dan sekaligus jawaban singkat atas rumusan masalah dan dapat memahamkan pembaca. Perlu diperhatikan, ketika membuat kesimpulan harus sesuai dengan jumlah rumusan masalah, seperti jika rumusan masalah ada 2 maka simpulan yang teman-teman buat harus ada 2.

Keenam, Tata Letak.

Maksud disini adalah mendesain isi makalah secara keseluruhan agar menarik ketika dibaca. Untuk model kertas makalah atau artikel biasanya adalah A4 dengan margin kiri 4, atas 4, kanan 3, bawah 3 namun baiknya sesuaikan dengan anjuran atau perintah dari dosen/ guru pengampu. Untuk spasi sendiri biasanya adalah 1,5. Agar makalah terlihat teratur dan tertata rapi, buatlah alenia yang sama antara paragraf satu dengan yang lainnya, dan jika menggunakan poin untuk sub judul maka ketentunnya adalah A -1-a

Misalnya;

A. Ilmu
1. pengertian ilmu
pengertiann ilmu penurut para ahli
a. menurut plato
b. menurut aristoteles

B. Pengetahuan
........ dsb.

Ketujuh, Daftar Pustaka.

Daftar pustaka merupakan daftar sumber referensi yang tercantum secara spesifik dari berbagai buku, jurnal atau sejinisnya. Daftar pustaka memiliki fungsi untuk memberikan informasi atas referensi terkait makalah atau artikel bagi pembaca sebagai kajian lanjutan atau kajian ulang, disisi lain daftar pustaka juga berfungsi untuk sebuah apresiasi terhadap penulis akan eksistensi karya mereka. Untuk membuat daftar pustaka yang perlu diperhatikan adalah urutannya yaitu;

nama penulis (tanpa gelar atau title)
tahun terbit
judul (ditulis garis miring)
kota penerbit
titik dua
nama perusahaan penerbit
setiap poin diakhiri dengan tanta titik (.)

contoh : Jujun. 2009. Filsafat Ilmu. Jakarta: Reneka Cipta.

Perlu diingat untuk daftar pustaka jika sumber online alangkah baiknya jangan dari sumber referensi blogspot.com atau wordpress.com.

Catatan: kadang kala format daftar pustaka berbeda dengan contoh diatas, seseuaikan dengan kebijakan perguruan tinggi atau sekolah. Namun biasanya perguruan tinggi menggunakan format terbaru yakni seperti footnote hanya saja koma tinggal diganti titik dan tanpa halaman. Seperti Jujun. Filsafat Ilmu. Jakarta: Reneka Cipta. 2009.

Demikianlah artikel tentang 7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Makalah dan Artikel. semoga bermanfaat.
Reaksi:
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar Disqus
Tutup Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel