3 Kelebihan dan Kekurangan Komik Sebagai Media Pembelajaran

www.azid45.web.id - 3 kelebihan dan kekurangan komik sebagai media pembelajaran. Berbicara soal komik, yang ada dipikiran kita yakni cerita bergambar. Beberapa ahli mencoba merumuskan pengertian dari komik. Menurut McCloud (2002) komik adalah kumpulan gambar yang berfungsi untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan respon estetik bagi yang melihat. Sedangkan menurut Hurloock (1978) komik merupakan media yang dapat digunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan kepribadian anak. Franz & Meier (1994) juga memberikan definisi komik yaitu suatu cerita yang bertekanan pada gerak dan tindakan yang ditampilkan lewat urutan gambar yang dibuat secara khas dengan paduan kata-kata. Dapat disimpulkan bahwa komik merupakan media cerita bergambar yang dapat mengembangkan kepribadian anak.

Dari definisi di atas, menunjukkan bahwa komik dapat menjadi media pembelajaran yang menarik dan mampu meningkatkan minat belajar siswa. Seperti halnya yang disampaikan oleh Sudjana dan Rivai (2011) komik dapat dipergunakan sebagai bahan ajar karena dapat mengefektifkan proses belajar mengajar, meningkatkan minat belajar siswa dan menimbulkan apresiasi siswa. komik merupakan media alternatif yang tepat untuk pembelajaran, karena keterlibatan emosi pembacanya akan sangat mempengaruhi memori dan daya ingat akan materi pelajaran yang di dapat, hal tersebut adalah ungkapan dari seorang ilmuan saraf terkemuka, Dr. Joseph LeDoux (1994) (dalam DePorter, dkk, 2000)

Komik yang digunakan dalam pembelajaran memiliki beberapa Kelebihan yakni:

Pertama, Menarik perhatian siswa. Dengan adanya komik, siswa akan lebih tertarik dengan pelajaran. Materi yang ada dikemas ke dalam cerita bergambar yang dijelaskan dengan kalimat sederhana yang mampu dicerna siswa dengan mudah.

Kedua, Memotivasi siswa untuk belajar. Media pembelajaran yang menarik, membuat siswa termotivasi untuk belajar. Mereka akan memiliki rasa untuk terus belajar karena tertrik dengan komik tersebut.

Ketiga, Membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Komik biasanya berisi cerita berseri, dimana setiap serinya cerita akan bersambung. Dengan demikian akan menimbulkan rasa ingin tahu siswa. Terutama ketika komik berisi cerita yang menuntut siswa untuk mencari tahu sesuatu seperti pada komik-komik detektif.

Dari manfaat komik di atas dalam pembelajaran dapat disimpulkan bahwa komik mampu menjadi media pembelajaran yang cukup menarik dan efisien untuk diterapkan.

Disamping manfaat komik, ada juga kelemahan dari komik. Menurut Trimo (1992) kelemahan media komik yaitu: 1) Kemudahan orang membaca komik membuat malas membaca sehingga menyebabkan penolakan-penolakan atas buku yang tidak bergambar. 2) Ditinjau dari segi bahasa komik hanya mengguanakan kata-kata kotor atau kalimat yang kurang dapat dipertanggung jawabkan. 3) Banyak aksi-aksi yang menonjolkan kekerasan atau tingkah laku yang prevented

Kelemahan dari komik, dapat menjadikan pembelajaran sebelum menggunakannya sebagai media pembelajaran yang nantinya diterapkan dalam proses belajar mengajar.

Komik dapat dijadikan media pembelajaran yang efektif dan efisien. Namun pendidik yang menggunakan komik sebagai media pembelajaran harus dapat membuat cerita komik yang sederhana dan ringan hingga siswa yang membacanya dapat memahami materinya, tidak hanya sekedar membaca komiknya saja.

Artikel Lainnya

Disqus CommentClick HereHide

0 komentar untuk 3 Kelebihan dan Kekurangan Komik Sebagai Media Pembelajaran