Skip to main content

5 Manfaat Membaca Al-Qur'an Bagi Kehidupan Kita

4 Manfaat Membaca Al-Qur'an Bagi Kehidupan Kita


www.azid45.web.id - 5 manfaat membaca al-Qur'an bagi kehidupan kitaAssalamualaikum.wr.wb, pada kesempatan kali ini saya akan share 4 manfaat al-Qur'an bagi kehidupan kita. Telah kita ketahui bahwa al-Qur'an merupakan kitab suci bagi agama Islam dimana didalamnya terdapat banyak sekali hikmah yang dapat diambil dan sebagai hukum utama bagi umat Islam. Al-Qur'an adalah Kitab yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad melalui malaikat jibril, dimana terdiri dari atas 114 surat, 30 juz dan 6236 ayat dan dari masing-masing ayat dan juz memliki penjelasan secara mendetail mengenai seluruh isi jagad raya.
Sebagai pedoman dan dasar hukum utama bagi umat Islam, tentunya wajib bagi kita untuk membaca dan memahami al-Qur'an agar kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah. Dengan mempelajarinya tentunya juga kita akan memperoleh manfaat juga. Dari hal ini, saya akan share 5 manfaat utama membaca al-Qur'an. Diantara 5 manfaat membaca al-Qur'an adalah;

Mendapat Ketenangan
Pentingnya membaca Al Qur’an dapat memberikan ketenangan batin. Menurut penelitian seorang dokter ahli jiwa, dimana Al Quran dapat memberikan ketenangan kepada pembacanya yang mendengarkan.Hal ini dibuktikan dengan dalil berikut ini:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ
Artinya: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

Memberikan Kehormatan Kepada Orang Tua
Nabi Muhammad saw bersabda: “Tidak berkumpul sauatu kaum di salah satu rumah Allah SWT, sedang mereka membaca kitab-Nya dan mengkajinya, melainkan mereka akan dilimpahi ketenangan, dicurahi rahmat, diliputi para malaikat, dan disanjungi oleh Allah di hadapan para makhluk dan di sisi-Nya.” (HR. Abu Dawud).

Mencegah dan Mengatasi Kepikunan
Membaca Al Quran secara rutin dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kerja otak kita, sebab, Al Quran merupakan kumpulan wahyu yang sempurna yang dapat menenangkan jiwa, meningkatkan keyakinan dan menyeimbangkan hidup manusia. Itulah pentingnya membaca Al Quran bagi muslim.

Membersihkan Penyakit Hati
Pentingnya membaca Al Quran dapat membersihkan penyakit hati, yang dimaksud dengan penyakit hati adalah penyakit yang bersifat batiniyah atau rohaniyah. Seperti, sombong, riya, tamak, dengki, dan penyakit hati lainnya. Dengan membaca Al Quran, penyakit hati secara perlahan dapat dibersihkan. Hal ini sesuai dengan hadist Baihaqi dari Abdullah Bin Umar (sahabat Nabi):
;“Sesungguhnya hati ini (bisa) berkarat sebagaimana besi apabila terkena air. “

Seorang sahabat bertanya, bagaimana cara menghilangkan karat tersebut, ya Rasulullah? Beliau menjawab :

“Perbanyak dzikir dan membaca Al-Quran.“

Didalam Al-Quran terdapat beberapa ayat yang menjelaskan bahwa ia bisa menjadi obat penawar penyakit yang ada dalam dada. Yang dimaksud dengan penyakit yang ada dalam dada adalah penyakit hati.

Selain mengobati penyakit hati, membaca Al Quran dapat mengobati penyakit lainnya dan akan membuat kita sehat kembali. Seperti yang dijelaskan pada hadist:

“Hendaklah kamu menggunakan kedua obat-obat: madu dan Alqur’an”(HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud)

Mencerdaskan Otak
Berdasarkan penelitian para ahli, pentingnya membaca Al Quran sehabis magrib dan setelah subuh akan meningkatkan kecerdasan sampai dengan 80%. Hal ini dikarenakan, pada waktu tersebut ada pergantian siang ke malam dan sebaliknya. Di mana pada waktu-waktu tersebut terjadi 3 aktivitas sekaligus yaitu melihat, mendengar, dan membaca Al Quran.

Berbagai manfaat yang diberikan dengan membaca Al Quran tersebut di atas hanya sebagian yang saya jabarkan. Masih banyak lagi manfaat dan kegunaan lainnya ketika kita membaca Al Quran dengan penuh kekhusuan. Namun perlu diperhatikan disini, makna membaca tidak sebatas arti membaca sebagaimana kita membaca buku, tetapi dalam membaca disini adalah "Qara'ah" membaca arti dari makna ayat tersebut dan pastinya kita harus mempraktekkannya.

Demikianlah 5 manfaat membaca al-Qur'an bagi kehidupan kita. Semoga bermanfaat.
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar
Close Disqus