Biografi Ibnu Katsir dan Download Kitab Tafsir Ibnu Katsir Lengkap dan Gratis

Biografi Ibnu Katsir dan Download Kitab Tafsir Ibnu Katsir Lengkap dan Gratis

Biografi Ibnu Katsir dan Download Kitab Tafsir Ibnu Katsir Lengkap dan Gratis

www.azid45.web.id - Biografi Ibnu Katsir dan Download Kitab Tafsir Ibnu Katsir Lengkap dan Gratis. Assalamualaikum. Wr,Wb. Sudah mengenal tafsir Ibnu Katsir yang terkenal dari abad 13 M hingga sekarang Abad ke-21?. Tentunya mulai dari cendikiawan muslim, kaum akademisi Muslim, hingga rakyat Muslim sudah mengenalnya bahkan sudah berbagai kitab sejenis banyak mengadopsi tafsir al-Qur'an dengan tafsir Ibnu Katsir. Selama ini kita mengenal tafsir Ibnu Katsir karena pengarangnya bernama Ibnu Katsir. Lantas siapakah sebenarnya Ibnu Katsir itu dan siapa nama aslinya, serta apakah keilmuan Ibnu Katsir hanya bada bidang tafsir?. Sebelum mendownload kitab ini, alangkah baiknya kita mengenal sang pengarang kitab tersebut.

Biografi Ismail Ibnu Katsir Pengarang Kitab Tafsir Ibnu Katsir


Nama asli Ibnu Katsir adalah Ismail bin Katsir dan memiliki gelar lengkap dengan nama Ismail bin Umar al-Quraisyi bin Katsir al-Bashri ad-Dimasyqi, Imaduddin Abu Al-Fida al-Hafizh al-Muhaddits Asy-Syafi'i. Beliau adalah seorang pemikir dan ulama Muslim dari kota Bushra yang lebih dikenal  sebagai Ibnu Katsir. Beliau lahir pada tahun 1301 M di Bushra, Suriyah dan wafat pada tahun 1371 M di Damaskus, Suriyah. Belau dimakamkan disamping gurunya, Ibnu Taimiyah.

Dari hasil catatan sejarah, guru pertama beliau adalah Burhanuddin al-Fazari, seoran ulama menganut madzab Syafi'i maka tak heran dalam gelarnya juga terdapat As-Syafi'i yang menandakan beliau juga bermahdzab Syafi'i. Selain Burhanuddin al-Fazari, beliau juga berguru kepada Ibnu Taimiyah di Damaskus, Suriyah dan kepada Ibnu al-Qayyim. Selain seoran ahli tafsir beliau juga ahli hadits, beliau mendapatkan arahan ahli hadits terkemuka pada saat itu, Jamaluddin al-Mizzi, Suriyah yang kemudian dikemudian hari menjadi mertuanya. Beliau juga sempat mendengar langsung hadits dari ulama-ulama Hejaz serta memperoleh Ijazah dari al-Wani. Pada tahun 1336, beliau diangkat menjadi guru besar di Masjid Ummayyah Damaskus oleh Gurbernur Mankali Bugha.

Karya Ibnu Katsir


Pertama, Ilmu Tafsir. Ibnu Katsir menulis tafsir al-Qur'an yang terkenal dengan nama Tafsir Ibnu Katsir sebanyak 10 jilid. Hingga kini, tafsir tersebut masih menjadi bahan rujukan dalam dunia Islam. Selain tafsir Ibnu Katsir, beliau juga menulis buku Fada'il al-Qur'an yang berisi tentang ringkasan sejarah al-Qur'an.

Dalam pemikirannya tentang ilmu tafsir, beliau memiliki metode sendiri dalam menafsirkan al-Qur'an yaitu; 1) Tafsir yang paling benar adalah tafsir Alquran dengan Alquran sendiri. 2) Selanjutnya bila penafsiran Alquran dengan Alquran tidak didapatkan, maka Alquran harus ditafsirkan dengan hadis Nabi Muhammad, sebab menurut Alquran sendiri Nabi Muhammad memang diperintahkan untuk menerangkan isi Alquran. 3) Jika yang kedua tidak didapatkan, maka Alquran harus ditafsirkan oleh pendapat para sahabat karena merekalah orang yang paling mengetahui konteks sosial turunnya Alquran. 4) Jika yang ketiga juga tidak didapatkan, maka pendapat dari para tabiin dapat diambil.

Kedua, Ilmu Hadits. Selain ahli dalam bidang tafsir, beliau juga seorang ulama Muslim ahli dalam bidang hadits. Hal tersebut, dapat dibuktikan dalam tulisan beliau tentang ilmu haadits, diantaranya; 1) Jami al-Masanid wa as-Sunan (Kitab Penghimpun Musnad dan Sunan) sebanyak delapan jilid, berisi nama-nama sahabat yang banyak meriwayatkan hadis; 2) Al-Kutub as-Sittah (Kitab-kitab Hadis yang Enam) yakni suatu karya hadis; 3) At-Takmilah fi Mar'ifat as-Sigat wa ad-Dhua'fa wa al-Mujahal (Pelengkap dalam Mengetahui Perawi-perawi yang Dipercaya, Lemah dan Kurang Dikenal); 4) Al-Mukhtasar (Ringkasan) merupakan ringkasan dari Muqaddimmah-nya Ibn Salah; dan 5) Adillah at-Tanbih li Ulum al-Hadits (Buku tentang ilmu hadis) atau lebih dikenal dengan nama Al-Ba'its al-Hadits.

Ketiga, Ilmu Sejarah. Ibnu Katsir juga menguasai ilmu di bidang ilmu sejarah. Beberapa karya Ibnu Katsir dalam ilmu sejarah diantaranya, adalah; 1) Al-Bidayah wa an Nihayah (Permulaan dan Akhir) atau nama lainnya Tarikh ibnu Katsir sebanyak 14 jilid, 2) Al-Fusul fi Sirah ar-Rasul (Uraian Mengenai Sejarah Rasul), dan 3) Tabaqat asy-Syafi'iyah (Peringkat-peringkat Ulama Mazhab Syafii).

Keempat, Ilmu Fiqih. Dalam ilmu fiqih,Ibnu Katsir juga tidak diragukan lagi keahilannya. Dalam sejarahnya, beliau sering dimintai pendapat oleh penguasa atau raja saat itu pada persoalan-persoalan tata pemerintahan dan kemasyarakatan yang terjadi kala itu. Seperti, 1) pengesahan keputusan tetang pemberantasan korupsi pada tahun 1358 M, 2) upaya rekonsiliasi setelah perang saudara (peristiwa pemberontakan Baydamur tahun 1361 M), dan 3) menyeruhkan jihad pada tahun 1368 - 1369.

Download Kitab Tafsir Ibnu Katsir Lengkap dan Gratis


Bagaimana? sudah tahu secara singkat siapa Ibnu Katsir dan karya-karyanya selain tafsir Ibnu Katsir?. Jika sudah, saatnya anda mendwonload kitab tafsir Ibnu Katsir 30 Jusz dan Terjemahan Tafsir Ibnu Katsir lengkap dan gratis. Untuk mendownloadnya, anda bisa klik pada link berikut;

Reaksi:
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar Disqus

0 Response to "Biografi Ibnu Katsir dan Download Kitab Tafsir Ibnu Katsir Lengkap dan Gratis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel