Skip to main content

Recent Disqus

Click Here On Load Disqus

Hapus Dua Baris File robots.txt Ini Agar Google Adsense Kamu Tidak Terkena Banned

Hapus Dua Baris File robots.txt Ini Agar Google Adsense Kamu Tidak Terkena Banned
Hapus Dua Baris File robots.txt Ini Agar Google Adsense Kamu Tidak Terkena Banned
www.azid45.web.id - Hapus Dua Baris File robots.txt Ini Agar Google Adsense Kamu Tidak Terkena Banned. Assalamualaikum.Wr.Wb, pada kesempatan ini saya akan share pengelaman saya tentang robots.txt. Bagi teman-teman yang ingin bekerja sama menjadi publisher google adsense maka perlu adanya settingan robot sebagai salah satu kebijakaan google adsense. Tanpa settingan robots.txt pada blog teman-teman dapat dipastikan, google adsense tidak akan pernah menerima blog teman-teman sebagai media patner google adsense.

Secara standar, settingan file robots.txt sebagai perayapan adalah sebagai berikut:


User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: /

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: https://www.domain-anda.com/sitemap.xml

Dengan perayapan standar tersebut, setidaknya pihak google dapat merayapi blog teman-teman sebagai hasil review. Namun perlu diingat pastikan saat teman-teman sebelum daftar google adsense, file robots.txt seperti diatas harus terpasang terlebih dahulu.

Lantas apa itu perayapan bagi blog kita?. Menurut penjelasan google Perayap, dikenal juga dengan spider atau bot, adalah perangkat lunak yang digunakan Google untuk memproses dan mengindeks konten laman web. Perayap AdSense mengunjungi situs Anda untuk mengetahui kontennya guna menyediakan iklan yang relevan. (sumber: https://support.google.com/adsense/answer/50429?ctx=glossary)

Terus bagaimana cara kerja perayapan adsense?. Secara umum, ada beberapa fakta penting yang perlu diperhatikan terkait perayapan google adsense, yaitu:

1. laporan perayap diperbarui setiap minggu
2. perayap adsense perbeda dengan perayap google meskipun dalam satu cache yang sama.
3. mengatasi perayapan adsense tidak akan dapat mengatasi masalah perayapan google.
4. indeks perayap sesuai dengan URL.
5. perayap tidak akan mengakses laman atau directori yang dilarang oleh file robots.txt
6. perayap akan mengakses ulang situs bila tag dari kebijakan tersebut diterapkan.
7. perayap akan mencoba mengakses laman yang mengalihkan.
8. merayapi ulang situs oleh bot 1-2 minggu sekali.

Sumber: https://support.google.com/adsense/answer/99376

Dari keterangan diatas, point yang menarik adalah point ke lima. Dimana pada point tersebut menerangkan bahwa iklan akan dirayapi oleh adsense bilah pada file robots.txt terdapat baris "User-agent/*" dan untuk mencegah laman situs dirayapi oleh google adsense maka dibutuhkan untuk mencantumkan baris "User-agent: Mediapartners-Google" pada file robots.txt

Baca Juga: Cara mengubah tampilan iklan konten yang sesuai agar lebih menarik untuk dilihat

Dengan demikian, bagi teman-teman yang bekerja sama dengan publisher google adsense dan mengaktifkan baris "User-agent: Mediapartners-Google" pada file robots.txt maka pihak google adsense tidak akan merayapi laman tersebut, dan hasilnya adalah iklan akan sering blank atau tidak muncul. Oleh karena itu pihak google adsense menyarankan kepada publishernya agar menghapus baris tersebut agar laman situs teman-teman dapat dirayapi oleh google adsense dan pastinya iklan akan tetap muncul.

Dari file robots.txt diawal, setidaknya akan berkurang dan menjadi seperti dibawah ini:


User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: https://www.domain-anda.com/sitemap.xml

Pernyataannya kurang lebih seperti ini:

Jika Anda memodifikasi file robots.txt situs untuk melarang perayap AdSense untuk mengindeks laman Anda, maka kami tidak akan dapat menayangkan iklan Google di laman ini.

Untuk memperbarui file robots.txt agar mengizinkan akses perayap ke laman Anda, hapus dua baris teks berikut dari file robots.txt:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: /

Perubahan ini akan memungkinkan perayap kami mengindeks konten situs Anda dan menyediakan iklan Google. Perhatikan bahwa setiap perubahan yang Anda lakukan pada file robots.txt mungkin tidak tecermin dalam indeks kami, hingga perayap kami mencoba mengunjungi situs Anda lagi.

sumber: https://support.google.com/adsense/answer/10532

Bagi teman-teman yang belum melakukan settingan seperti diatas, saya sarankan untuk mensetting file robots.txt pada blog teman-teman. Dari pengalaman saya, banyak sudah para blogger profesional seperti kompiajaib.com telah menerapkan anjuran dari google adsense tersebut.

Demikianlah artikel saya tentang Hapus Dua Baris File robots.txt Ini Agar Google Adsense Kamu Tidak Terkena Banned. Semoga bermanfaat. Amin.
KOLOM ILMU Seorang Blogger Pemula yang ingin menjadi blog profesional
Reactions
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar