10 Cara Agar Lolos SBMPTN Tulis Tahun 2019 Dengan Mudah

10 Cara Agar Lolos SBMPTN Tulis Tahun 2019 Dengan Mudah

10 Cara SBMPTN Tulis Tahun 2019 Dengan Mudah

www.azid45.web.id - 10 Cara  Agar Lolos SBMPTN Tulis Tahun 2019 Dengan Mudah. SBMPTN merupakan singkatan dari seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri dimana sebuah tes yang dilakukan untuk bisa masuk ke Universitas yang kita inginkan. SBMPTN akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tahun ini dengan waktu pendaftaran sekitar bulan Mei - Juni mendatang. Oleh karena itu agar teman-teman lolos harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

Sebenarnya selain SBMPTN juga ada istilah SNMPTN yang biasanya didapatkan dijalur undangan. Dimana kemaren hari Jum'at, 22 Maret 2019 sudah diumumkan. Jika teman-teman sudah lolos jalur ini dan jurusan sesuai dengan apa yang diinginkan maka tidak perlu mendaftar lagi SBMPTN. Adapun untuk teman-teman yang ingin tes SBMPTN selain mendaftar sesuai dengan prosedur, teman-teman juga harus mempersiapkan diri dengan belajar TPA (Tes Potensi Akademik) dan TKD (Tes Kamampuan Dasar). Untuk biayanya sendiri kisaran Rp.200.000 yang dibayarkan ke Bank sesuai yang ditentukan, baik itu mandiri maupun BTN.

Jika persyaratan utama sudah teman-teman laksanakan, maka perlu teman-teman perhatikan 10 cara berikut agar bisa lolos SBMPTN 2019 dengan Mudah:

1. Ridha Orang Tua
Hal utama yang harus teman-teman lakukan adalah meminta persetujuan kepada orang tua. Hal tersebut merupakan hal yang sangat penting karena sebuah keridhahan orang tua dapat memperlancar segalanya. Sebagaimana pengalaman saya, tatkala orang tua tidak meridhai maka bisa jadi Tuhan Yang Maha Esa "Allah" juga tidak akan mengizinkan kepada kita untuk lolos SBMPTN. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda "keridhahan Allah ada pada keridhahan ibu bapak dan kemurkaan Allah ada pada kemurkaan Ibu bapak.

Jika teman-teman sudah diizinkan untuk mengikuti tes SBMPTN dengan Universitas yang disetujui oleh orang tua, maka tahap pertama sudah dianggap lolos dari segi kerelaan orang tua untuk melepas teman-teman untuk menuntut ilmu yang lebih tinggi.

2. Menentukan Jurusan yang Sesuai
Setalah diperbolehkan oleh orang tua, hal kedua adalah menentukan jurusan yang tepat dengan bakat teman-teman. Pilihan bakat ini merupakan hal yang sangat penting, karena didunia perkuliahan tidaklah menjamin teman-teman bisa menuntut ilmu kepada dosen secara penuh. Bisa jadi dosen hanya memberikan stimulus ilmu pengetahuan dan sisanya teman-temanlah yang harus mandiri untuk belajar terhadap ilmu tersebut. Dengan bakat dan skil yang sesuai juga tidak akan menjadikan beban berat untuk menyelesaikan pendidikan.

3. Semangat dan Percaya diri
Hal selanjutnya yang haru teman-teman lakukan adalah tanamkanlah semangat dan percaya diri pada diri teman-teman sendiri dan hilangkanlah rasa ketakutan diri supaya semua kemampuan pada diri temant-teman dapat tampil dengan maksimal. Optimis dan yakin dengan kemampuan kita sendiri dapat memberikan stimulus pada otak untuk positif thingking dan dengan bengitu semangat belajar kita juga akan lebih.

4. Menyusun Jadwal Belajar Dengan Baik
Selanjutnya teman-teman juga harus menyusun jadwal dengan baik. Beberapa bulan sebelum mengikuti tes, teman-teman perlu melakukan belajar secara bertahap supaya dapat mempelajari semuanya dengan waktu yang tepat dan materi yang pas untuk menghadapi SBMPTN dengan tes TPA dan TKD. Oleh karena itu, susunlah jadwal belajar temant-teman sebaik mungkin agar tidak bentrok dengan kegiatan lainnya serta fokuslah saat belajar.

BACA JUGA: 4 tips sukses belajar secara online

5. Sharing dan Belajar Bersama Teman
Mengapa hal ini dilakukan?, bisa jadi teman-teman saat belajar sendiri ada soal yang sulit bagi teman-teman maka janganlah dipendam sendiri melainkan teman-teman bisa sharing kepda teman kalian yang menurut teman-teman bisa menyelesaikan soal tersebut. Dengan begitu belajar bersama adalah sebuah solusi yang tepat bagi teman-teman untuk melaksanakan tes SBMPTN.

6. Mengkuti Les 
Jika teman-teman ragu belajar sendiri, maka kalian bisa mencoba untuk mengikuti bimbingan belajar kepada penyedia layanan bimbel yang pastinya sesuai dengan pilihan jurusan teman-teman dan dengan harga yang terjangkau.

BACA JUGA: Cara Cepat Ingat Materi dalam Pelajaran

7. Mencoba Beberapa Soal Yang Terkait
Hal selanjutnya adalah teman-teman harus berlatih untuk mengerjakan soal SBMPTN pada tahun sebelum-sebelumnya. Teman-teman bisa mendapatkan soal tersebut di internet baik berupa PDF, JPG, maupun Word. Untuk lebih memudahkan dalam menyelesaikan soal yang nantinya teman-teman buat berlatih, baiknya teman-teman cari soal yang sekaligus terdapat kunci jawabannya.

Ibarat pisau setelah di asah, perlu juga dicoba seberapa tajam pisau tersebut. Kita juga harus seperti itu, kita sudah belajar maka kita juga harus mengasahnya dengan berlatih mengerjakan soal yang terkait dengan SBMPTN.

8. Istirahat Yang Cukup dan Jangan Begadang
Sebulan sebelum mengikuti tes kita butuh belajar. Namun kita juga perlu menjaga performa tubuh kita. Oleh karena itu istirahatlah yang cukup dan jangan begadang dimalam hari. Mungkin teman-teman pada masa tersebut tentunya kadang tidak memiliki kegiatan yang berarti, dikarenakan teman-teman sudah pada masa kelulusan sekolah, oleh karena itu begadang adalah jalan bagi remaja untuk melakukan kegiatan dan pagi harinya baru tidur.

Jika teman-teman tidak ingin gagal maka jangan lakukan itu paling tidak sebulan sebelum tes. Teman-teman harus fokus untuk belajar, dan menjaga diri teman-teman agar tubuh tetap sehat dan memiliki performa yang baik. Usahakan setiap siang beristirahat satu jam, dan saat malam hari istirahant minimal 5-8 jam serta jangan berpergian jauh sehingga dapat mempengaruhi kesehatan.

9. Sharing dengan Senior Yang Pernah Ikut SBMPTN
Ibarat pepatah seubah pengalaman adalah hal yang sangat berharga. Dengan demikian, perluh juga kita untuk bertanya kepada senior kita yang pernah mengikuti tes SBMPTN dan lolos. Tujuan ini tidak lain adalah supaya dapat memberikan arahan khusu kepada teman-teman agar tidak salah dalam melakukan tindakan.

10. Berdoa
Hal terakhir yang dilakukan adalah seslalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa "Allah" untuk mempermudah segala urusan kita saat tes SBMPTN. Karena tanpa kita berdoa, bagaikan tong kosong yang nyaring bunyinya.

Mengapa demikian?, kita dihidupkan karena Tuhan, kita dimatikan karena Tuhan, dan kita meminta segalanya kemudian dikabulkan karean adanya Tuhan. Oleh karena itu haruslah kita berdoa juga untuk dimudahkan segala urusan kita terkait SBMPTN dan diberikan hal yang terbaik.

Doa yang paling bagus adalah doa diwaktu usai shalat, dan doa diwaktu yang lebih baik lagi adalah doa diwaktu selesai shalat tahajut dan diantara khatib jum'at duduk diantara khutbahnya (bagi Islam).

Demikianlah artikel saya tentang 10 Cara  Agar Lolos SBMPTN Tulis Tahun 2019 Dengan Mudah. Jika kalian berhasil maka agaplah bahwa itulah yang terbaik buat teman-teman, mungkin Tuhan memilik kehendak lain untuk teman-teman. Tetaplah semangat dan terulah belajar dangan rajin. Semoga ujian dan soal yang disediakan dapat dijawab dengan mudah. Amin.

Untuk mencari info terkait SBMPTN teman-teman bisa langsung menuju web resminya di https://sbmptn.ac.id/
Reaksi:
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar Disqus

0 Response to "10 Cara Agar Lolos SBMPTN Tulis Tahun 2019 Dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel