Skip to main content

Ingin Buat Email Profesional Untuk Bisnis? Di Rumahweb.com Saja

Ingin Buat Email Profesional Untuk Bisnis? Di Rumahweb.com Saja
Sejalan dengan perkembangan teknologi layanan Email kian lama semakin banyak. Jika kita dulu hanya mengenal email dengan ekstensi yahoo.co.id maka setidaknya anda sekarang menjumpai berbagai ekstensi email dengan berbagai varian domain mulai gmail.com, hotmail.com, yahoo.com, live.com, bahkan email profesional yang bisa anda buat sendiri melalui layanan penyedia domain.

Secara pribadi saya menganjurkan kepada anda seorang pebisnis/pengusaha untuk menggunakan email profesional. Mengapa demikian?, seberapa penting penggunaan email profesional dalam bisnis?, penyedia layanan email profesional yang asyik itu dimana?. Setidaknya pertanyaan ini akan terbayang bagi anda yang sedang membaca artikel ini bukan?, bahkan mungkin jadi ada pertanyaan lainnya yang ada di benak anda.

Pentingnya Email Profesional

Mengutip dari situs rumahweb.com "Di dunia bisnis, penggunaan email sangat penting untuk menjalin komunikasi antara Anda dengan calon pembeli atau pelanggan. Bagilah pengalaman, ide kreatif, atau strategi Anda dalam menggunakan email domain untuk memulai bisnis."

->rumahweb.com<-

pentingnya penggunaan email profesional
Dari kutipan tersebut, dapat saya ambil kesimpulan bahwa email suatu hal yang penting untuk menjalin komunikasi antara anda dengan calon pembeli. Untuk saya sendiri selain sebagai komunikasi tentunya branding yang paling penting adalah "kepercayaan seorang pembeli atau Relasi". Oleh karena itu email sangat penting untuk keberlanjutan bisnis anda kedepan. Dari sini saya menyarankan carilah email yang profesional dan jangan asal untuk membuat email.

Contoh saja, jika anda ingin membeli barang secara online di sebuah toko online sebut saja "Perusahaan A" dengan domain www.perusahaana.com dan dengan email [email protected] (sebagaimana yang saya sebutkan diatas) dan disisi lain anda juga menemukan toko online sebut saja "perusahaan B" dengan domain www.perusahaanb.com dan dengan email [email protected]. Pastinya secara nalar anda akan memilih perusahaan B bukan?, setidaknya alasannya adalah "profesionalitas".

Pengusaha yang profesional tentunya akan berfikir visioner jauh kedepan untuk perkembangan bisnisnya. Dengan perkembangan industri 4.0 ini internet adalah solusi utama untuk mengembangkan bisnis anda, domain adalah sarana untuk akses bisnis anda secara online, dan email profesional adalah sarana kepercayaan calon pembeli bagi anda untuk saling berkomunikasi.

Manfaat Email Profesional

Menurut situs webhostmu.com terdapat beberapa manfaat email, diantaranya adalah:
  1. Sebagai sarana untuk berkirim surat dengan harga yang murah (bahkan bisa gratis), dengan akses yang cepat, serta efektif.
  2. Sebagai sarana untuk mengirim dokumen dalam bentuk soft file baik berupa gambar, surat lamaran pekerjaan, proposal bisnis, penawaran kerja sama dan lain sebagainya.
  3. Sebagai sarana untuk komunikasi dua arah atau dalam satu group.
  4. Sebagai sarana dan media untuk promosi bisnis dengan layanan email marketing.
  5. Sebagai sarana syarat dasar akses untuk membuat akun media sosial, membership dan lain sebagainya.
  6. Sebagai sarana untuk mengakses layanan dan fitur di smartphone berbasis android, iPhone dan lain sebagainya.
Kalau menurut saya pribadi, email profesional memiliki 3 manfaat utama yaitu:

pentingnya penggunaan email profesional dalam bisini
Pertama, Memudahkan Untuk Saling Berkomunikasi dan Mengirim File

Dengan menggunakan layanan email anda dapat menghubungi karyawan anda, rekan bisnis anda, client anda, bahkan calon pembeli dan relasi anda dengan mudah. Ditambah lagi, saat ini email telah menyediakan bagi anda sebuah kapasitas secara maksimal yang bisa anda manfaatkan mulai mentransfer file berupa teks, gambar, hingga video tanpa batas. Jadi, file sebesar apapun anda dapat melampirkannya tanpa terkendala limit akses atau limit penyimpanan. Tentunya hal ini lebih efektif dan efesien dibanding surat manual yang selain merepotkan juga tidak bisa langsung sampai ke tujuan.

pentingnya penggunaan email profesional dalam bisini
Kedua, Meningkatkan Profesionalitas Bisnis

Melalui sarana email marketing tentunya akan membuat bisnis yang anda jalankan akan terlihat profesional dan mempunyai reputasi baik, terutama dengan domain sendiri. Dengan email profesional bisnis anda akan dipercaya oleh konsumen dan cepat direspon dalam penawaran bisnis anda baik  saat anda menawarkan produk anda ke pelanggan anda maupun yang belum pernah melakukan transaksi kepada anda.

pentingnya penggunaan email profesional dalam bisini
Ketiga, Memudahkan Anda Untuk Memperoleh Partner Bisnis

Dengan menggunakan email profesional dalam bisnis anda maka calon partner atau relasi anda akan tertarik kepada anda untuk saling bekerja sama. Karena dengan email profesional anda akan terlihat dimata mereka sebagai orang yang sudah profesional dan terpercaya. Jika perusahaan anda dianggap profesional dan terpercaya serta produk-produk yang anda tawarkan menarik tentu mereka tidak akan ragu untuk menjalin kerja sama.

Rumahweb.com Sarana Layanan Email Profesional Yang Direkomendasikan

Mengapa saya menyarankan memilih rumahweb.com? Jika anda berkunjung ke rumahweb.com maka anda akan disuguhkan pernyataan sebagai berikut:

Rumahweb Beroperasi 24 jam

"beropersi sejak 2002, Rumahweb meletakkan standar baru layanan hosting Indonesia dengan support 24 jam di dukung oleh "Orang Rumah" yang ramah dan berdedikasi tinggi"
Ingin Buat Email Profesional Untuk Bisnis? Di Rumahweb.com Saja
Cepat Tanggap dalam Melayanai
Ingin Buat Email Profesional Untuk Bisnis? Di Rumahweb.com Saja

Dengan slogan "Kami Selalu Ada Untuk Anda"

Kami bangga menyebut diri kami sebagai "Orang Rumah" karena kami selalu ada untuk anda. Kapanpun anda butuhkan kami selalu siap membantu anda dalam 24x7x365.

Kelebihan dalam Data Center Rumahweb


Datacenter Rumahweb telah dipersiapkan dengan matang untuk mampu memenuhi kebutuhan colocation server-server kami.

Dilengkapi dengan APC Symmetra UPS, FM-200 fire suppressor, fingerprint security, dan tambahan rackmount UPS pada setiap raknya, datacenter kami telah memenuhi standard datacenter internasional.
Ingin Buat Email Profesional Untuk Bisnis? Di Rumahweb.com Saja

Rumahweb Terjamin Kecepatannya

Rumahweb menjamin pelanggannya dalam beberapa hal yaitu:

pentingnya penggunaan email profesional
Jaminan Uptime Konektivitas Internet

Rumahweb Indonesia memberikan jaminan konektivitas internet pada server hosting sebesar 99% uptime per bulan di luar downtime akibat maintenance yang sebelumnya telah di umumkan melalui http://www.rumahweb.com. Untuk server yang berlokasi di US, pelanggan mendapatkan jaminan redundancy link ke berbagai backbone internasional, sedangkan untuk server yang berlokasi di Indonesia, pelanggan mendapatkan jaminan konektivitas internasional dan konektivitas langsung ke local exchange (IIX atau OIXP).

pentingnya penggunaan email profesional
Jaminan Uptime Server

Rumahweb Indonesia memberikan jaminan uptime server sebesar 99% uptime per bulan di luar downtime akibat maintenance yang sebelumnya telah di umumkan melalui http://www.Rumahweb Indonesia.com. Untuk menjaga performance server, kami melakukan maintenance rutin pada hari Minggu malam dan Senin dini hari. Selama maintenance, ada kemungkinan server akan direboot tanpa notifikasi sebelumnya melalui website.

pentingnya penggunaan email profesional
Jaminan Keamanan Data

Rumahweb Indonesia memberikan jaminan keamanan data pelanggan meliputi data file web, database, dan e-mail sepanjang resiko terhadap keamanan data tersebut tidak ditimbulkan oleh pelanggan sendiri. Kelalaian pelanggan tersebut di antaranya tersebut dibawah ini :



  1. Pencurian otorisasi akses (hosting account dan seluruh fasilitas di dalamnya, CPANEL, e-mail, dan billing) akibat ketidakamanan komputer pelanggan. 
  2. Ketidakamanan komputer pelanggan meliputi adanya worm, virus, keylogger, atau karena pelanggan mengakses dari komputer publik
  3. Memiliki file atau direktori dengan permission all read write (mode 777) pada account hostingnya
  4. Memiliki script yang beresiko keamanan tinggi atau secara umum telah diketahui sebagai bug

Rumahweb Menggunakan 5 Teknologi Canggih

pentingnya penggunaan email profesional
Supermicro Server
Kami tidak pernah mempertaruhkan kehandalan layanan web hosting dan VPS kami dimana salah satu faktor penentunya adalah kehandalan hardware. Pilihan kami jatuh pada SuperMicro yang terkenal sebagai produsen perangkat komputer kelas server yang terbaik.
pentingnya penggunaan email profesional
cPanel
cPanel adalah web based hosting control panel yang paling luas diadopsi oleh provider hosting di seluruh dunia karena keunggulannya di sisi kemudahan, fleksibilitas, dan keamanan. Rumahweb menggunakan cPanel untuk memberikan layanan web hosting yang mudah digunakan, lengkap fasilitasnya, dan aman.
pentingnya penggunaan email profesional
centOS
CentOS menjadi pilihan utama yang digunakan untuk webhosting di Rumahweb karena kompatibilitasnya dengan cPanel. Meski gratis, CentOS ditujukan kepada pengguna kelas enterprise yang membutuhkan kehandalan, kompatibilitas, dan keamanan.
pentingnya penggunaan email profesional
Parallels Virtuozzo
Parallels Virtuozzo menjadi pilihan teknologi virtualisasi yang digunakan dalam layanan Virtual Private Server (VPS) / Cloud karena kecepatan, keamanan, dan fleksibilitas. Dengan Virtuozzo, Anda dapat mengupgrade RAM dan space tanpa downtime.
pentingnya penggunaan email profesional
R1 Soft
Merupakan andalan dari Disaster Revocery wwwcol di Rumahweb, R1 Soft memungkinkan kami untuk melakukan backup setiap jam tanpa beban yang berarti. Teknologi Full Virtual backup dari R1 Soft bahkan dapat melakukan restore di level baremetal.

Bagaimana? tertarik dengan layanan email profesional di Rumahweb?. Perlu anda ketahui bahwa Rumahweb telah menyediakan 3 layanan untuk email & kolaborasi diantaranya adalah Google Suite (Google Apps), FlockMail (terbaru), dan Alibaba Mail (terbaru). Untuk melihat keuggulan setiap paket email profesional anda bisa melihat keterangan dibawah ini.

3 Layanan Email Profesional di Rumahweb.com


Untuk menikmati layanan email profesional dari Rumahweb.com anda harus terlebih dahulu menjadi member rumahweb. Hal tersebut bertujuan untuk kenyamanan dan keamanan anda sendiri. Anda bisa login ke rumahweb.com dengan empat metode, yaitu melalui akun facebook, akun twitter, akun google atau juga bisa melalui email personal anda.

Jika sudah membuat akun untuk akses login anda bisa memilih satu dari 3 layanan email profesional dengan keunggulan sebagai berikut:

Paket Google Suite


pentingnya penggunaan email profesional

Layanan paket Google Suite ini memiliki dua jenis yaitu basic & Business yang tentunya memiliki keunggulan tersendiri. Bagi anda seorang pengusaha awal anda bisa menikmati layanan paket Google Suite basic dengan 30Gb storage seharga Rp. 80.000 per user per bulan atau Rp. 960.000 per user per tahun. Adapun bagi anda seorang pengusaha yang sudah terkenal ada baiknya anda menggunakan paket Google Suite Business dengan unlimited storage dan archiving (Vault) seharga Rp.170.000 per user perbulan (bisa di bayar per tahun).

Untuk pengguna paket Google Suite Basic anda bisa menikmati beberapa fasilitas yaitu:

  • Email bisnis Gmail dengan domain sendiri
  • 30 GB cloud storage
  • Video dan voice conferencing
  • Smart shared calendar
  • Documents, spreadsheets, dan presentasi
  • Dukungan pelanggan 24/7 jam lewat telepon & email
  • Security dan kontrol admin


Adapun untuk pengguna paket Google Suite Business anda bisa menikmati beberapa fasilitas lebih banyak dari paket basic diantaranya:

  • Email bisnis Gmail dengan domain sendiri
  • Unlimited cloud storage (atau 1TB jika dibawah 5 user)
  • Video dan voice conferencing
  • Smart shared calendar
  • Documents, spreadsheets, dan presentasi
  • Dukungan pelanggan 24/7 jam lewat telepon & email
  • Security dan kontrol admin
  • Archiving dengan Vault untuk email, chat, & file
  • Mengarsip semua email dan chat perusahaan
  • Konfigurasi pengarsipan lebih fleksibel

Bagaimana ingin membelinya?, klik Disini untuk membeli paket Email Google Suite

Paket FlockMail

pentingnya penggunaan email profesional

Jika anda belum mampu menggunakan layanan paket Google Suite maka paket FlockMail bisa menjadi solusi utama. Dengan menggunakan paket FlockMail anda sudah bisa mendapatkan layanan email yang dilengkapi dengan aplikasi android, iOS, Windows, dan macOS serta terdapat juga video conference, kalender, kontak, dan lain sebagainya. Untuk kapasitas sendiri bisa mencapai 30Gb yang setara dengan paket Google Suite basic.

Adapun Untuk paket FlockMail sendiri memiliki dua jenis paket yaitu Profesional & Premium. Untuk paket profeional sendiri memiliki kapasitas 10Gb dengan harga Rp. 14.900 per account per bulan sedangkan paket premium sendiri memiliki kapasitas 30Gb dengan harga Rp. 29.900 per account perbulan.

Untuk pengguna paket FlockMail Profesional anda bisa menikmati beberapa fasilitas diantaranya:


  • Email dengan kapasitas 10GB
  • Webmail, POP, dan IMAP
  • Desktop apps untuk MacOS, Windows, dan Linux
  • Mobile untuk IOS dan Android
  • Contact
  • Calendar
  • Antivirus dan inbound SPAM protection
  • Video calls untuk 8 partisipan
  • Video calls screen sharing untuk presentasi dan kolaborasi
  • Video calls US dial numbers (Soon!)


Sedangkan untuk pengguna paket FlockMail Premium anda bisa menikmati beberapa fasilitas diantaranya:


  • Email dengan kapasitas 30GB
  • Webmail, POP, dan IMAP
  • Desktop apps untuk MacOS, Windows, dan Linux
  • Mobile untuk IOS dan Android
  • Contact
  • Calendar
  • Antivirus dan inbound SPAM protection
  • Video calls untuk 50 partisipan
  • Video calls screen sharing untuk presentasi dan kolaborasi
  • Video calls global dial numbers (Soon!)

Secara umum FlockMail memiliki beberapa keunggulan yang dapat anda simak pada keterangan berikut:

FlockMail lebih dari sekedar email

Flockmail dilengkapi semua fitur yang Anda butuhkan untuk bekerja dan berkolaborasi mulai dari email, kalender, kontak, video conference, screen sharing, dan banyak fitur lainnya.

FlockMail merupakan Email dengan fitur yang memudahkan kerja anda

Fitur ini memiliki keunggulan diantaranya:
  • Email dengan Thread (Ikuti semua percakapannya dengan lebih mudah). Percakapan dalam subject yang sama akan ditampilakan dalam thread. Memudahkan Anda untuk mengikuti semua percakapan dalam topik yang sama dengan lebih mudah.
  • Advanced Search(Mencari arsip email dengan mudah dan cepat). Cari email apapun dari mailbox Anda dengan lebih mudah dan cepat berdasarkan email pengirim/penerima, subject, tanggal, dan kata kunci tertentu.
  • Follow-up Reminder (Mengingatkan saat harus follow up). Seringkali penawaran yang dikirimkan lewat begitu saja karena kita lupa melakukan follow up. Reminder akan mengingatkan Anda saat harus melakukan follow up email yang Anda kirimkan.
  • Snooze Email (Tetap fokus pada yang Anda kerjakan sekarang). Sedang sibuk dan menerima email penting yang belum bisa direspon sekarang? Snooze saja dulu. Email akan masuk lagi ke inbox pada waktu yang tepat dimana Anda bisa meresponnya dengan lebih nyaman. Minimalkan gangguan dan membuat Anda lebih fokus.
  • Read Receipts (Lihat apakah email Anda dibuka penerima). Lihat apakah penerima email Anda sudah membaca, mengklik link didalamnya, dan mendownload attachmentnya. Track semua email yang Anda kirimkan dengan mudah dan efektif.
  • Undo Send (Tidak ada lagi email salah yang terkirim). Kita pasti pernah melakukannya - typo, lupa attachment, mengirimkan ke alamat yang salah. Itulah mengapa Flockmail dilengkapi fitur Undo Send sehingga Anda dapat bekerja dengan lebih teliti dan percaya diri.

Video conference dengan sharing screen
Video Conference (Menggelar meeting kapanpun dimanapun). Meeting tak lagi harus bertatap muka ditempat yang sama. Gunakan fitur video conference dari Flockmail dan mulai gelar meeting kapanpun dan di manapun.


Screen Sharing (Untuk presentasi secara online). Fitur screen sharing memungkinkan Anda untuk membagikan tampilan desktop sehingga lebih mudah untuk melakukan presentasi secara online kepada semua peserta meeting.

Kalender terintegrasi untuk anda dan team

Fitur ini memiliki keunggulan diantaranya:

  • Single View (Melihat kalender dengan lebih mudah). Melihat jadwal harian, mingguan, dan bulanan menjadi lebih intuitive sehingga Anda dapat bekerja dan mengatur waktu dengan lebih efisien.
  • Calendar Sharing (Membantu menjadwalkan dengan lebih cepat). Anda dapat mengecek jadwal rekan kerja dengan lebih mudah, sangat membantu untuk menjadwalkan event bersama team.
  • Link Video Conference Terintegrasi (Undangan video conference dalam satu klik). Undangan virdeo conference / e-meeting terintegrasi langsung dengan kalender. Anda dapat mengundang team untuk mengadakan rapat dengan lebih mudah dan terjadwal langsung pada kalender.

Tersedia aplikasi untuk semua device

Flockmail memungkinkan Anda mengakses email dengan semua perangkat yang Anda miliki baik online maupun offline. Flockmail tersedia dalam native application untuk Mac, Windows, dan Linux serta IOS dan Android saat Anda mobile.

Bagaimana ingin membelinya?, klik Disini untuk membeli paket Email FlockMail

Alibaba Mail

pentingnya penggunaan email profesional

Jika anda ingin paket yang sedang-sedang saja tidak terlalu murah atau tidak terlalu mahal maka paket ini sangat cocok buat anda. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp.29.900 anda akan mendapatkan paket Alibaba Mail Standard yang berkapasitas penyimpanan hingga 100Gb atau sebesar Rp.39.900 anda akan mendapatkan paket Alibaba Mail Anvanced yang berkapasistas penyimpanan hingga 1Tb.

Lantas apa bedanya paket Alibaba Standard dengan Advanced?, secara umum penyajian fitur antara kedua jenis paket tersebut adalah sama akan tetapi yang membedahkan adalah kapasitas dari fitur-fitur yang ada. Untuk lebih lanjut anda bisa cek berikut ini:

Paket Alibaba Mail Standard

  • Email dengan kapasitas 100GB.
  • 1GB large attachment, 50MB standard attachment.
  • 5GB personal online storage (file sharing).
  • Webmail, POP, SMTP, dan IMAP.
  • Contact, Calendar, Task, & Group.
  • Custom tampilan webmail (logo, background, dll).

Paket Alibaba Mail Advanced

  • Email dengan kapasitas 1TB (1024GB).
  • 2GB large attachment, 50MB standard attachment.
  • 10GB personal online storage (file sharing).
  • Webmail, POP, SMTP, dan IMAP.
  • Contact, Calendar, Task, & Group.
  • Custom tampilan webmail (logo, background, dll).

Jika anda seorang pengusaha dengan memiliki banyak kebutuhan untuk kirim file berupa soft file maka Alibaba Mail adalah saran bagi saya. Selain sebagai sarana komunikasi anda juga bisa menjadikan Email sebagai media arsip yang sangat penting untuk perusahaan. Dengan kapasitas hingga 1Tb anda akan lebih leluasa menyimpan email-email penting beserta attachmentnya.

Selain email dengan mailbox berukuran besar, Alibaba Mail hadir lengkap dengan fitur kolaborasi
yang dibutuhkan perusahaan untuk bekerja dengan lebih efisien. Fitur - fitur tersebut diantaranya adalah:

Webmail yang Lebih Cerdas

Percakapan dalam subject yang sama akan dijadikan satu thread sehingga lebih mudah untuk dibaca. Webmail Alibaba Mail juga dilengkapi dengan folder dan tagging untuk pengelompokan email dengan lebih efisien.

Time Management dengan Calendar

Kerja jadi lebih efisien waktu dengan pengaturan kalender yang tertata. Mengirimkan undangan meeting dan memasukkannya secara otomatis ke dalam calendar hanya dalam satu langkah mudah.

Address Book Individu & Perusahaan

Selain masing-masing individu dapat mempunyai kontak, perusahaan juga dapat memiliki kontak yang dapat diakses oleh individu / karyawan. Membagikan kontak kepada kolega lain menjadi lebih mudah dan dapat diatur permissionnya dengan lebih detail.

Task - tak ada lagi tugas terlewat

Manajemen task / tugas terintegrasi dengan email, membuat pengaturan pekerjaan menjadi lebih terorganisir. Task memungkinkan team leader untuk memberikan tugas kepada team member dengan deadline tertentu.

File Sharing dengan Drive

Drive memungkinkan Anda untuk berbagi file pada sesama team member maupun ke pihak lain seperti pelanggan dengan permission yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Dengan kapasitas hingga 10GB, Anda dapat berbagi file dengan lebih leluasa.

Bagaimana? anda tertarik dengan paket yang mana? Apakah Google Suite? ataukah FlockMail atau yang Alibaba Mail?. Dari ketiga layanan ini tentunya memiliki keunggulan masing - maing oleh karena itu anda harus selektif untuk memilih salah diantara ketiganya. Kalau saya ditanya, maka saya akan menjawab saya akan memilih Alibaba Mail. Mengapa demikian?, karena selain harganya yang lebih murah fiturnya pun kurang lebih sama dengan paket Google Suite hanya saja tidak terintegrasi dengan Google Drive dan Google Docs.

Bagaimana ingin membelinya?, klik Disini untuk membeli paket Alibaba Mail.
Layanan hosting di Rumahweb memang memberikan Anda fitur email juga. Namun spacenya akan berbagi dengan space untuk website, database, dan data lain. Email Profesional Rumahweb adalah layanan email yang berdiri sendiri sehingga spacenya tidak mempengaruhi space di hosting.

Fitur-fitur dan tampilan Email Profesional Rumahweb di webmail maupun aplikasinya juga jauh lebih canggih dibandingkan fitur email bawaan dari web hosting.
->rumahweb.com<-

Simpulan

Bagi saya saat ini tidak ada simpulan kecuali bagi anda pengunjung blog ini dan sedang ingin membangun branding usaha anda maka solusi yang baik adalah gunakan Hosting Murah dari Rumahweb, Domain Murah dari Rumahweb serta gunakan Email Profesional juga dari Rumahweb. Rumahweb adalah "Orang Rumah" yang siap melayani anda dalam 24 jam x 7 x 365.

Demikianlah artikel tentang Ingin Buat Email Profesional Untuk Bisnis? Di Rumahweb.com Saja. Semoga artikel ini bermanfaat, Amin.

Teruslah berkembang Rumahweb.com "Orang Rumah" yang siap melayani pelanggannya dimanapun dan kapanpun. Salam Pelanggan Setia Azid Zainuri.

pentingnya penggunaan email profesional dalam bisnis

#rumahweb #blogcompetition
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar
Close Disqus