Skip to main content

Cara Membuat Sitelink Search Box Di Blogger

www.azid45.web.id - Cara Membuat Sitelink Search Box Di Blogger. Assalamualaikum, Wr.Wb, pada kesempatan ini saya akan share terkiat Sitelink Search Box dengan menggunakan schema markup Microdata dan LD-JSON.

Anda mungkin sering menjumpai dan bisa jadi pernah mendapatkan sitelink dari google berupa kategori atau nama postingan yang muncul dibawah judul blog Anda saat menulis keyword blog. Misalnya saja pada blog saya, ketika menulis keyword di pencarian google dengan nama "Kolom Ilmu" maka kurang lebih dibawah kata kunci tersebut Anda akan menjumpai kata lain seperti Search This Blog, seputar Islam, Pendidikan, dan Tutorial. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini

Cara Membuat Sitelink Search Box Di Blogger

Dari gambar diatas, saya sudah memperoleh sitelink dari google. Namun pada kesempatan ini saya tidak akan membahas cara bagaimana mendapatkan sitelink tersebut karena saya akan fokus untuk mengupas cara mendapatkan sitelink search box google pada blogger.

Apa bedanya sitelink pada umumnya (seperti gambar diatas) dengan sitelink search box?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut atau mungkin Anda yang penasaran sehingga membaca artikel ini tentunya pernah melihatnya akan tetapi belum tau namanya bukan?.

Secara umum kita akan mendapatkan sitelink berupa tulisan dari kategori postingan kita, akan tetapi untuk sitelink search box akan tampil pada pencarian google berupa kota pencarian yant letaknya tepat diatas sitelink pada umumnya. Biasanya sitelink ini tampil di website besar seperti layanan jasa hosting Rumah Web. Lebih jelasnya Anda bisa lihat gambar dibawah ini

Cara Membuat Sitelink Search Box Di Blogger

Untuk pengguna wordpress Anda bisa mendapatkan sitelink search box dengan menginstall plugin Sitelink Search Box (disini - klik tulisan sitelink search box). Dengan plugin tersebut tentunya akan memudahkan Anda tanpa editing template lagi untuk menambahkan kode sitelink search box berupa LD-JSON.

Apakah bagi pengguna blogger bisa mendapatkan sitelink search box ini?, meskipun secara pengalaman pribadi saya belum pernah menjumpai blogger yang menggunakan platform blogspot mendapatkan sitelink tersebut akan tetapi pihak google telah merilis script terkait seitelink ini. Oleh karena itu bisa jadi dengan menggunakan script tersebut blog kita kedapannya bisa jadi akan menadapatkan sitelink search box. Dengan sitelink ini tentunya akan menjadikan blog kita lebih keren dan profesional lagi seperti situs besar yang saya contohnkan sebelumnya.

Sitelink Search Box Google dengan Skema Markup LD-JSON

Untuk menampilkan sitelink search box pihak google telah membuat skema markup berupa LD-JSON dan Microdata. Anda bisa memilih script tersebut sesuai keinginan Anda. Jika Anda ingin memasang script search box ini dengan menggunakan skema markup LD-JSON Anda bisa copas kode berikut ini dan letakkan diatas kode </head>

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<script type="application/ld+json">   
{
  "@context": "https://schema.org",
  "@type": "WebSite",
  "url": "<data:blog.canonicalHomepageUrl/>",
  "potentialAction": {
    "@type": "SearchAction",
    "target": "<data:blog.canonicalHomepageUrl/>/search?q={search_term_string}",
    "query-input": "required name=search_term_string"
  }
}
 </script>
 </b:if>

Sitelink Search Box Google dengan Skema Markup Microdata

Untuk Anda yang ingin menggunakan script skema markup Microdata Anda bisa copas kode berikut ini:

<div itemscope itemtype="https://schema.org/WebSite">
  <meta itemprop="url" expr:content="data:blog.canonicalHomepageUrl"/>
  <form itemprop="potentialAction" itemscope itemtype="https://schema.org/SearchAction">
    <meta itemprop="target" expr:content="data:blog.canonicalHomepageUrl/search?q={search_term_string}"/>
    <input itemprop="query-input" type="text" name="search_term_string" required/>
    <input type="submit"/>
  </form>
</div>

Secara default script microdata-nya seperti diatas. Anda tinggal mengolah script tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda seperti penambahan div class atau id. Selamat berkreasi.

Demikianlah tutorial terkait Membuat Sitelink Search Box Di Blogger. Semoga artikel ini bermanfaat, dan mengambangkan pola pikir Anda semua. Amin.

Sumber: Developer Google - Sitelink Search Box
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar
Close Disqus