Skip to main content

Recent Disqus

Click Here On Load Disqus

Upgrade Kapasitas Guru Untuk Mewujudkan Pendidikan Revolusi 4.0

Upgrade Kapasitas Guru Untuk Mewujudkan Pendidikan Revolusi 4.0
Konten [Tampil]

www.azid45.web.idUpgrade kapasitas guru untuk mewujudkan pendidikan revolusi 4.0. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kian lama semakin berkembang. Di era abad 20 ini menandakan revolusi industrial oleh berbagi belahan dunia yang ke 4. Dalam revelusi industri abad ini biasa orang menyebutnya revulusi industri 4.0 (empat titik nol). Pada revolusi industri 4.0 ini memunculkan komputer super dan berbeda dengan komputer generasi sebelumnya, kecerdasan buatan atau intlegensi artifisial.

Sejatinya terbentuknya revolusi industri diawali pada abad ke-18 dengan penemuan pertama pada masa itu adalah mesin uap. Dengan terbentuknya mesin uap tersebut menjadikan ilmu pengetahuan dan teknlogi telah mengubah dunia terutama dalam aspek bidang ekonomi. Kemudian dilanjutkan dengan revolusi industri generasi kedua yang ditandai dengan kemunculan pembangkit tenaga listrik yang memicu kemunculan pesawat telepon, mobil, pesawat terbang, dan sebagainya. Sedang pada revolusi generasi ketiga ditandai dengan kemunculan teknologi komputer, internet dan digital. Dalam generasi ketiga ini, tidak saja mengubah perekonomian dunia melainkan juga mengubah budaya dan habitan manusia di seluruh dunia.

Dengan adanya revolusi 4.0 ini menjadikan tantangan dibidang pendidikan untuk mempersiapkan sumber daya guru yang tidak tergantikan dengan robot atau kecerdasan buatan. Dengan begitu, kita sebagai guru setidaknya harus mengupgrade kapasitas kita untuk terus berkembang dan melek terhadap teknologi dan informasi di era revolusi industri 4.0 ini. Menurut Ir. Andrey Andoko Wakil rektor UMN menjelaskan ada 5 kompentensi yang dibutuhkan untuk mempersiapkan dan menghadapi revolusi industri 4.0 diantaranya pertama, kemampuan memecahkan masalah (problem solving), kedua, beradaptasi (adaptability), ketiga, kolaborasi (collaboration), keempat, kepemimpinan (leadership), dan kelima, kreatifitas serta inovasi (creativity and innovation). 

Dengan kompetensi tersebut, berharap para pengajar, guru, atau dosen mampu mengupgrade diri mereka karena pendidikan pola lama secara perlahan tidak akan relevan lagi untuk diterapkan di era revolusi industri 4.0 ini, seperti mengupgrade media pembelajaran yang tentunya relevan dengan generasi Z sekarang ini. Disamping itu kita sebagai pengajar, guru atau dosen juga perlu memberikan motivasi dan membangun karakter kepada peserta didik agar mereka menjadi insan yang berintegritas.

Demikianlah artikel tentang Upgrade kapasitas guru untuk mewujudkan pendidikan revolusi 4.0. Semoga bermanfaat.
Reactions
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar