10 Cara mengatasi Rasa Nyeri Saat Haid

10 Cara mengatasi Rasa Nyeri Saat Haid

www.azid45.web.id - Assalamualaikum.wr.wb, pada kesempatan kali ini saya akan share 10 cara mengatasi rasa nyeri saat haid. Sebelum membahas caranya, terlebih dahulu kita harus tahu apa itu haid?. Mungkin untuk kalangan perempuan remaja sudah pasti pernah merasakan haid, namun bagi perempuan dibawah umur 9-15 tahun mungkin kadang belum mereaskan haid dan akan mengalaminya. Untuk itu kita harus tahu terlebih dahulu arti dari hadi itu sendiri agar ketika haid pertama tidak khawatir sebagaimana pada seorang perempuan mengalami haid pertama kalinya, kebanyakan mereka khawatir akan hal tersebut.

Secara makna, haid merupakan suatu proses pemisahan dan peluruhan selaput lendir rahim (endometrium). Selaput lendir rahim yang berguguran tersebut keluar dari leher rahim kemudian ke vagina untuk dikeluarkan dari tubuh sebagai darah. Seorang yang sudah haid diaggap sudah matang organ-organ reproduksinya. Hal tersebut juga menandakan bahwa ia sudah memiliki kemampuan awal untuk melahirkan anak.

Biasanya, haid terjadi pada perempuan sekali dalam satu bulan (kecuali saat hamil) sampai dimulainya fase berhentinya haid yang bisanya terjadi pada kisaran umur empat puluhan (monopause). Dalam study statistik terdapat kurang lebih 80% seorang perempuan yang sedang haid mengalami tekanan atau kelelahan dikarenakan efek dari produksi hormon postaglandin. Namun pada perempuan lainnya terkadang mengalami rasa nyeri atau sakit saat pada pertengahan siklus ketika haid.

Biasanya rasa nyeri ini muncul dalam bentuk rasa pedih pada bagian bawah perut, rasa nyeri di punggung atau kedua lutut, dan kadang pula disertai dengan sakit kepala. Dimana rasa nyeri tersebut biasanya muncul pada hai pertama saat keluarnya darah haid, dan berhenti pada akhir hari kedua atau ketia dalam tenggang waktu masa haid.

Biasanya hal itu menyebabkan seorang perempuan menjadi malas, karena mengalami nyeri yang mendalam. Tetapi bagi perempuan yang mengalami hal tersebut tidak usah cemas, karena rasa nyeri tersebut dapat diredam dengan beberapa cara, diantaranya adalah;
  • tetaplah tenang, dan letakan bantalan atau botol berisi air hangat diatas perut anda, pijatlah perut secara perlahan serta ambillah tisu hangat 
  • Cobalah tidur terlentang dengan kaki atau lutut diganjal dengan bantal, dan diangkat sedikit 
  • tidurlah terlentang ke arah salah satu sisi badan anda, dengan posisi menyerupai seolah anda meletakkan janin di dalam rahim 
  • mintalah bantuan teman atau ibu anda untuk sedikit mengelus-elus punggung anda 
  • makanlah bermacam-macam makanan ringan 
  • rileks dan bernapas perlahan 
  • kurangilah makanan yang manis-manis dan menjauhi makanan yang mengandung zat gula 
  • kurangilah juga zat garam, karena akan membantu agar tubuh terhindar dari pembengkakan dan menahan keluarnya cairan tubuh 
  • kurangi minuman yang mengandung kafein 
  • pebanyaklah olah raga untuk memperbaiki siklus darah dalam tubuh 
Demikianlah 10 cara mengatasi rasa nyeri ketika haid, semoga bermanfaat.
Bagikan :
Reaksi:
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar Disqus

0 Response to "10 Cara mengatasi Rasa Nyeri Saat Haid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel