Skip to main content

Recent Disqus

Click Here On Load Disqus

2 Manfaat Dalam Problematika Rumah Tangga

2 Manfaat Dalam Problematika Rumah Tangga
Konten [Tampil]
2 Manfaat Dalam Problematika Rumah Tangga

www.azid45.web.id - Assalamualaikum.wr.wb, pada kesempatan kali ini saya akan share 2 manfaat dalam problematika rumah tangga. Artikel ini saya dapat dari salah satu buku bacaan saya "Kado Pernikahan". Mungkin bagi teman-teman akan terheran-heran dengan judul "manfaat dalam problematika rumah tangga" dan pasti bertanya-tanya, problematika ada manfaatnya? ya, memang secara nalar logika setiap problematika pasti menimbulkan hal yang tidak baik, namun kali ini saya akan mengupas bahwa sebuah problematika dalam rumah tangga memiliki manfaat diantaranya adalah menambah pengalaman seseorang dan mengajari cara menghadapi tekanan kehidupan dimasa yang akan datang.

Namun dalam paradigma saya, ada manfaat yang luar biasa lagi selain hal tersebut, yakni manfaat keimanan dan manfaat pada kejiwaan. Dimana dalam manfaat keimanan dalam rumah tangga karena hasil dari problematika yaitu; pertama, dapat menghapus dosa, sebagaimana sabda Rasulullah dalam kitab Shahih Jami'us Shaghir "ujian senantiasa menimpa orang mu'min pada diri, anak dan hartnya hingga ia bertemu Allah dengan tidak membawa kesalahan pun atasnya. Kedua, bukti kecintaan kepada Allah, sebagaimana sabda Rasulullah dalam Kitab Sahih Bukhari "barang siapa dikehendaki Allah kebaikan, maka dia akan mengujinya. Ketiga, pelajaran dan pembersiah dosa, sebagaimana firman Allah dalam Q.S Ali Imran : 154 "Dan Allah (berbuat demikian untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Allah maha mengetahui isi hati. Keempat, perbuatan orang mukmin untuk merenungi apa yang telah diperbuatnya, sebagaimana firman Allah dalam Q.S al-Rum : 41 " telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali (kejalan yang benar) dan Kelima, Agar mereka bertaubat dan kembali kepada Allah, sebagaimana dalam peryataan Ibnu Qayyim "sesungguhnya Allah menguji hamba-Nya agar Allah mendengar keluhan, ketundukan, doa, kesabaran dan keridhahan terhadap apa yang telah diberikan kepada hamba tersebut".

Adapun problematika yang memberikan manfaat pada jiwa seseorang dalam rumah tangga mereka diantaranya; Pertama, Melegakan. Sesungguhnya masalah rumah tangga memberikan kesempatan kepada suami atau istri untuk melegakan apa yang berkecamuk di dalam dada mereka dan menuangkan segala kemarahan yang tersimpan di dalam dirinya. Kedua, membangkitkan sikap ridha. Jika suami atau istri mampu mengatasi masalah yang mereka hadapi, maka mereka akan hidup dalam kebahagiaan dan seolah-olah cinta yang ada dalam diri mereka hidup kembali dan Ketiga, merenung. Sebab dengan terjadinya permasalahan dalam rumah tangga, suami atau istri sangat membutuhkan orang yang mengatakan kepadanya seperti kalimat "maaf, sebentar ya ..." sehingga mereka bisa merenungi kehidupannya dan menjalani kehidupan rumah tangganya secara bersama-sama.

itulah manfaat dari sebuah problematika rumah tangga, dimana terdapat 2 pokok manfaat yaitu dari segi keimanan dan dari segi kejiwaan. Semoga artikel tentang 2 manfaat dalam problematika rumah tangga ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Amin
Reactions
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar