5 Cara Memberikan Kritikan Yang Baik

5 Cara Memberikan Kritikan Yang Baik

5 Cara Memberikan Kritikan Yang Baik

www.azid45.web.id - Assalamualaikum.wr.wb, pada kesempatan kali ini saya akan share cara memberikan kritikan yang baik dan tidak menyakiti perasaan yang dikritik. Pada hakikatnya ketika kita mengkritik seseorang terdapat nilai positif dan negatif tergatung seseorang teresebut mengambil skiap. Jika yang dikritik memiliki perasaan yang tinggi dan egois, bisa jadi kritikan yang anda lontarkan justru menjadi bomerang bagi anda dan anda akan dicap dalam benak hatinya sebagai seorang musuh karena pada hakikatnya kritikan bagi dia merupakan sebuah hal yang merugikan bagi dia. Hal ini berbeda dengan seseorang yang dikritik, namun dia merasa bahwa kritikan tersebut memang benar adanya dan menjadikan kritikan tersebut sebagai islah agar menjadi lebih baik.

Untuk menghindari hal negatif terhadap kritikan, setidaknya terdapat cara agar kritikan yang kita lontarkan tidak menyinggung perasaan seseorang yang sudah kita kritik. Mengambil dari buku "Kado Pernikahan" setidaknya terdapat 5 cara dalam memberikan kritikan yang baik, diantaranya;

Pertama, Pujilah ia. Sebelum kita mengkritik seseroang, mulailah dengan menyebutkan kebaikan-kebaikannya. Tidak ada orang yang tidak mengucapkan terimakasih ketika disebutkan kebaikannya. Ketika kita menyebutkan kebaikan orang lain, secara psikologis hal itu dapat membuat orang tersebut bersedia menerima kritik atau nasehat. Terlebih lagi ketika orang yang dikritik atau dinasehati itu mengetahui bahwa orang yang mengkritik lebih baik dari dirinya maka orang itu akan segera menerima kritikan atau nasehat tersebut tanpa menghadapinya dengan kekerasan atau penentangan.

Kedua, Ingatlah bahwa setiap orang pasti pernah bersalah dan kesalahan itu bukanlah akhir dari segalanya. Dengan prinsip tersebut, kita sebagai pengkritik akan memiliki batasan-batasan dalam mengkritik. Dengan begitu yang dikritik secara tidak langsung menerima kritikan tersebut, selama kritikan itu tidak menyinggung secara dalam orang yang kita kritik.

Ketiga, Jangan menyerang dengan banyak pertanyaan. Hal tersebut dapat mengakibatkan orang yang kita kritik justru membuatnya bertambah sombong atau membangkang atas kritikan tersebut, serta enggan mengakui kesalahannya. Untuk itulah setiap kritikan, dan jika yang dikritik menjelaskan apa sebabnya karena pada dasarnya dia tidak ingin dikritik maka lebih baik jangan memojokkannya dengan berbagai pertanyaan lebih baik menyelesaikan dan menegaskannya saja.

Keempat, Pujilah setiap kebaikan yang dimilikinya meskipun kecil. Ketika yang dikiritik mengakui kesalahannya, ketakanlah bahwa saya "yang mengkritik" senang dengan hal itu dan akan tetap menyayanginya.

Kelima, Jadikanlah kesalahan tersebut sebagai sarana untuk menuju kebaikan. Janganlah bersandar kepada besarnya kesalahan suatu masalah, atau bahkan membesar-besarkan masalah yang tidak semestinya. 

Demikianlah 5 cara memberikan kritikan yang baik agar orang yang dikritik tersebut tidak tersinggung dan menyakitinya. Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada yang menambah silalkan berkomentar dibawah ini.
Reaksi:
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar Disqus

0 Response to "5 Cara Memberikan Kritikan Yang Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel