Inilah Hal Yang Harus Dilakukan Saat Cloning Template Blogger Agar Berhasil 100%

Inilah Hal Yang Harus Dilakukan Saat Cloning Template Blogger Agar Berhasil 100%

www.azid45.web.id - Inilah Hal Yang Harus Dilakukan Saat Cloning Template Blogger Agar Berhasil 100%. Asslamualaikum.Wr.Wb, pada kesempatan kali ini saya akan share pengalaman saya terkait kloning template cloning template blogger. Pengalaman pertama saya membuat template merupakan pengalaman yang sangat sulit, selain otodidak saat itu saya belum mengetahui struktur template dan script serta kode-kode khusus terkait template. Namun itu semua tidaklah membuat saya putus asah, maklum ada template yang saya targetkan dikarenakan template itu menarik dan bagus. Akhirnya berbulan-bulan saya mempelajari struktur template hingga lumayan bisa bahkan alhamdulillah bisa membuat template blogger sendiri.

Baca juga: membuat share button responsive dan fast loading

Apa itu cloning template blogger?
Secara umum cloning template adalah cara untuk menduplikat template blogger seseorang dengan cara mengcopy script dan css serta kode template dengan kerangka template yang berbeda. Saat kloning template blogger ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar cloning template berhasil 100%, yaitu:

Pertama, memiliki kerangka template yang sejenis. Untuk mempermudah anda dalam mengcloning template anda harus memiliki kerangka template yang serupa atau sejenis. Maksudnya adalah misalnya jika anda ingin mengcloning template buatan Arlina Design maka setidaknya anda memiliki template Arlina Design juga paling tidak yang versi gratis atau premium yang bisa anda download secara gratis. Dengan mempunyai kerangka template yang sejenis setidaknya mempermudah anda dalam edit template dan tidak merombak kerangka template 100% akan tetapi hanya antara 30%-80%.

Kedua, paham tag conditional blogger. Tag coditional adalah sebuah kode blogger yang digunakan untuk menampilkan template pada laman tertentu seperti script atau css hanya tampil di home page, di item, hanya di label, di laman statis maupun pada laman mobile saja. Dengan mengetahui tag conditional setidaknya anda akan mempermudah saat tampilan pada template yang anda cloning berbeda pada setiap lamannya. Jika anda mendapatkan tampilan yang berbeda maka tag conditional sangat diperlukan.

Baca juga: kumpulan tag kondisional template blogger

Ketiga, teliti script dan css serta kode dalam body template. Selanjutnya adalah anda harus melihat setiap css template yang akan anda cloning baik itu pada tampilan home page, laman statis maupun dalam artikel. Jika ada perbedaan maka anda bisa menambahkan css tersebut menggunakan tag conditional. Untuk kode dalam body seperti <div class='header'> maupun yang lainnya dimana kode tersebut merupakan kode pemanggil dari kode css. Perhatikanlah setiap letak dan penamaan kode karena bisa jadi ada perbedaan peletakkan maupun perubahan sedikit nama kode dan perubahan letak kode template didalam body dan css. Selain itu anda juga harus memperhatikan script (javascript js maupun css) karena hal tersebut juga akan mempengaruhi tampilan template dan kode template yang terdapat pemanggil script tersebut. Untuk mengetahui css, javascript dan pemanggil css yang ada di body blog, anda bisa dengan ctrl + U (atau jika diredirect bisa dengan tambahkan view-source: seperti view-source:https://domain.com/.....) dan dengan Ctrl+Shift+I atau dengan klik kanan pilih inpect (inpeksi) yang ingin dilihat kodenya.

Keempat, perhatikan struktur data template blogger. Setelah anda selesai mengcloning template blogger tujuan, anda harus cek kesehatan template salah satunya adalah dengan mengecek struktur data template karena bisa jadi ada kesalahan pada template yang anda cloning. Untuk menguji struktur data setiap laman baik itu home page, item, maupun laman statis anda bisa cek pada situs https://search.google.com/structured-data/testing-tool?hl=id dan jika terdapat kesalahan anda bisa searching pada google karena banyak sekali tutorial tentang hal tersebut. Namun agar mudah dalam pencarian saya merekomendasikan cari di kompiajaib.com bungfrangki.com dan arlinadzgn.com.

Kelima, perbaiki nilai SEO, Responsive, dan Mobile Friendly template. Langkah terakhir saat cloning template adalah uji SEO template anda, Responsive template anda dan mobile friendly template anada. Dengan nilai SEO yang baik maka blog anda akan diperhatikan dimata search engine, dengan template Responsive google juga akan peduli terhadap blogger anda serta pengunjung akan lebih betah dengan template anda karena tampilannya tidak akan berantakan, serta dengan mobile friendly template anda juga akan baik dimata google dan dapat disearch pada android dengan mudah.

Baca juga: optimasi image dengan cdn staticaly agar lebih fast loading

Simpulan
Saat kloning template mungkin anda akan mengalami kegagalan dan kebingungan yang sangat. Oleh karena itu pelajarilah setiap kegagalan yang anda buat dan teruslah mencari jawaban atas kebingungan yang anda rasakan. Dengan begitu lama-kelamaan anda akan memperoleh hasil yang memuaskan dikemudian hari.

Demikianlah artikel saya tentang cara jitu cloning template terbukti berhasil 100%. Semoga artikel ini bermanfaat, Amin.
Reaksi:
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar Disqus
Tutup Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel