Skip to main content

Recent Disqus

Click Here On Load Disqus

Inilah Tips Jitu Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis

Inilah Tips Jitu Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis
Konten [Tampil]
Inilah Tips Jitu Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis
www.azid45.web.id - Inilah Tips Jitu Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis. Assalamualaikum Wr.Wb. Kali ini saya akan membahas terkait pentingnya domain dan memanfaatkan domain untuk sebuah bisnis.

Seiring perkembangan zaman, teknologi kian maju mengikuti perkembangan zaman. Mulai dari era manual menuju era digital. Di era digital ini tentunya banyak sekali perubahan terutama dalam menjalani sebuah bisnis. Jika dulu kita berbisnis harus tatap muka dan memiliki segudang tanah maka di era digital ini and cukup duduk manis di meja kerja. Dengan bermodal webste dan media sosial anda sudah dapat menguasai pasar nasional bahkan global.

Website? ya, dengan bisnis online tentunya anda akan memerlukan sebuah website untuk informasi dan transaksi bisnis online anda. Dengan memiliki website tentunya juga anda harus membutuhkan sebuah hosting dan domain. Mengenai domain, merupakan suatu hal yang penting untuk bisnis yang akan anda buat nantinya.

Dengan memilih domain yang tepat tentunya akan membuat branding bisnis yang akan anda bangun semakin mudah di ingat oleh seseorang, karena jika memilih nama domain yang sulit untuk diingat maka akan sulit pula untuk di ingat oleh orang lain.

Sebelum mengenal lebih lanjut terkait domain baik itu cara memilih nama domain dan cara memanfaatkan domain untuk bisnis tentunya anda harus tahu terkait domain itu sendiri.

Apa Itu Domain?


Menurut wikipedia pada dasarnya domain merupakan nama lain dari url (uniform resource locator) dimana sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah web server atau email server dijaringan komputer (local host) atau internet.

Nama unik dalam domain sendiri bisa berupa angka atau huruf. Misalnya saja, azid45.web.id ini merupakan domain saya yang memiliki nama unik dengan angka dan huruf. Ini saya dapatkan dari rumahweb penyedia layanan  domain murah dan hosting Indonesia.

Dengan domain setidaknya anda bisa memindahkan hasil karya anda pada layanan hosting baik itu berbayar atau gratis seperti blogger.com untuk memindahkan user dari satu halaman ke halaman lainnya dengan menggunakan media hiperlink.

Baca juga: panduan lengkap membuat blog di blogger.com

Selain fungsi tersebut, domain juga bisa digunakan untuk penamaan file yang tersimpan dalam website kita, pemberian nama alamat file pada setiap web yang berisikan dokumen, dan mempermudah user mengingat dokumen yang pernah diakses.

Contohnya saja https://www.azid45.web.id/2019/03/rumah-web-layanan-domain-dan-hosting-paling-murah.html. Dengan domain yang sudah terintegrasi url kita dapat mengakses "rumah web layanan domain dan hosting paling murah" melalui url tersebut.

Bagaimana?, setidaknya dari penjalasan tersebut anda sudah paham terkait domain itu apa. Setelah hal ini dipahami, ada hal lain yang perlu anda perhatikan sebelum memanfaatkan domain yaitu bagaimana memilih nama domain yang baik untuk bisnis anda?

Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Anda


Dalam membeli domain yang perlu anda perhatikan adalah "sebuah nama". Janganlah asal memberi nama karena bisa jadi anda akan menyesal untuk kedepannya. Untuk itu, sebelum anda membeli domain anda bisa menyimak tips berikut untuk menentukan nama domain anda.

Pertama, Tentukan layanan domain untuk bisnis anda

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menentukan penyedia layanan untuk domain anda. Di Indonesia ini sudah banyak sekali layanan penyedia domain. Untuk itu anda perlu memilih dan memilah layanan domain yang bagus untuk anda kedepannya.

Secara umum harga domain kurang lebih selisihnya tidaklah jauh berbeda akan tetapi tentunya pelayanan setiap layanan domain pasti berbeda. Dari pengalaman saya, layanan domain yang nyaman adalah rumahweb.com

Untuk itu saya sarankan layanan yang cocok untuk dijadikan langganan anda adalah rumahweb.com. Saya pernah menggunakan layanan domain selain rumahweb akan tetapi beda jauh dengan yang lainnya. Jika proses layanan lainnya kebetulan prosesnya agak lama, akan tetapi di rumah web ini layanannya sangat cepat bahkan menunggu beberapa menit saja.

Kedua, Gunakan Domain Profesional

Domain profesional yang dimaksud disini adalah domain TLD yang sudah terkenal seperti .com, .net dan .org. Meskipun sekarang banyak sekali domain TLD maupun ccTLD seperti .xyz, web.id, .online dan lain sebagainya namun domain yang ketiga tersebut masih banyak diminati banyak orang.

Dari segi profesionalitas memang domain .com, net dan .org adalah paling banyak diminati banyak orang. Harga domian tersebut juga terbilang murah kisaran 96.000 - 150.000-an. Akan tetapi dari segi kesedian nama domain tersebut tentunya sudah sangat sulit karena sudah banyak pengguna domain tesebut.

Jika anda tidak menemukan domain yang anda inginkan dengan ekstensi domain .com, .net atau .org ada solusi dan saran dari saya yaitu menggunakan domain .info.

Mengapa saya menyarankan domain tersebut?, terkait domain ini saya juga pernah dan masih menggunakan domain ini. Lihat saja hadits21.info. Domain ini saya lihat masih banyak nama unik yang tersedia dan juga menarik untuk digunakan.

Adapun untuk domain lainnya adalah bisa juga menggunakan web.id seperti yang saya gunakan sekarang ini. Ini juga masih terlihat baik, harganya pun murah kurang lebih 50.000 - 55.000. Unik namanya pun menurut saya masih banyak yang tersedia. Contohnya saja, selain saya dapat domain www.azid45.web.id dengan harga promo 10.000 saya juga menggunakan domain web.id dengan nama www.azid.web.id akan tetapi domain tersebut sudah saya nonaktifkan karena kendala pengelolaan.

Ketiga, Gunakan nama domain yang mudah diingat

Setalah sudah menentukan layanan domain dan ekstensi domain selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah nama domain itu sendiri. Pastikan nama domain yang akan anda buat nantinya mudah untuk diingat baik itu mesin pencari maupun seseorang.

Dengan nama yang mudah diingat dapat dipastikan website anda juga akan mudah dikenal oleh orang. Terus nama domain yang mudah diingat itu seperti apa?. Anda pasti sering lihat situs besar yang selalu nangkring di page one bukan sebut saja kompas, viva, dan kumparan. Semuanya memiliki karakter yang tidak terlalu panjang sehingga mudah diingat oleh khlayak umum.

Dari sini dapat disimpulkan nama domain yang mudah diingat menurut saya adalah paling tidak 4 - 10 karakter saja. Contoh 4 karakter "viva", 5 karakter "kompas" 8 karakter "kumparan" dan 10 karakter "tribun news".

"jangan menggunakan domain dengan menggunakan tanda penghubung (-) karena sangat sedikit memiliki nilai SEO serta mengurangi kredibilitas bahkan dapat terindikasi sebagai spam, sehingga sulit mendapatkan link. Selain itu tanda hubung tidak mudah untuk dingat orang"

Keempat, Gunakan nama domain seperti nama website anda

Dari berbagai situs anda pasti melihat bahwa nama domain mereka sesuai dengan nama website yang mereka kelola. Contoh saja viva.co.id, tribunnews.com, kumparan.com, rumahweb.com. Semua itu sesuai dengan nama situsnya. Hal ini tentunya mudah diingat oleh pengunjung atau konsumen.

"Jika anda ingin membuat website bisnis online pastikan nama anda jangan terlalu panjang agar mudah diingat dan sesuaikan nama domain anda dengan nama website anda"

Mengapa nama blog ini berbeda dengan nama domainnya?. Ya, saya secara pribadi juga merasa sangat menyesal menggunakan nama domain yang berbeda dengan nama website. Ini merupakan pengalaman pedih bagi saya untuk jangka panjang, oleh karena itu dari sinilah saya menyarankan anda untuk menyesuaikan nama website dan domain anda agar tidak menyesal dikemudian hari seperti saya.

Sebelum saya beri nama KOLOM ILMU sebenarnya nama website yang sedang saya kelola ini justru lebih panjang yaitu PENDIDIKAN DAN PERKEMBANGAN ISLAM. Mengapa saya ganti kolom ilmu tidak azid45 saja?, tidak lain karena azid45 bagi saya kurang terlalu menarik untuk dibaca dan tidak sesuai dengan topik yang ada pada konten website ini oleh karena itu akhirnya saya beri nama kolom ilmu saja meskipun keyword tersebut sudah banyak digunakan oleh para blogger.

Kelima, Gunakan nama domain yang unik dan tidak umum 

Biasanya seorang pedagang mengikuti nama tokonya dengan toko yang sudah terkenal agar ikut terkenal. Menurut saya itu adalah salah besar, mengapa demikian?. Tidak lain dapat dipastikan ketika dalam pencarian keyword tersebut akan mengarah ke nama domain toko yang terkenal bukan domain toko anda. Dari sinilah saya sarankan agar nama domain dan situs yang akan anda kelola nantinya memiliki nama unik yang mudah diingat dan tidak umum pada alat pencarian baik itu google, bing dan yahoo. Dengan begitu ketika orang search toko bisnis online anda maka akan muncul pertama pada laman pencarian.

Dari pengalaman saya tersebut akhirnya website saya yang satunya saya sesuaikan nama domain dan nama situs. Sebut saja "hadits21" dengan nama domain "www.hadits21.info". Coba anda cari di google hadits21 maka akan berada pada laman pertama pencarian.

Setidaknya itulah 5 tips untuk memilih nama domain. Setelah mimilih nama domain, anda dapat memanfaatkan domain tersebut untuk branding anda kedepannya.  Bagaiamana Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis Anda? Jika anda belum tahu bagaimana memanfaatkan domain yang telah anda buat anda bisa menyimak saran dari saya:

Memanfaatkan Domain untuk Bisnis Anda


Pertama, Sebagai Blog Personal dan Profesional

Bagi anda yang hobi menulis dan ingin membuat hasil dari tulisan anda maka buatlah blog personal. Dengan blog personal maka seiring berkembangan waktu anda akan semakin dikenal.

Untuk membuat blog sendiri anda bisa menggunakan blogger atau layanan self hosting wordpress murah di rumahweb.com. Untuk blogger sendiri merupakan layanan hosting gratis dengan subdomain blogspot.com akan tetapi tidaklah terlihat profesional.

Oleh karena itu jika anda ingin menjadikan blog personal anda terlihat profesional maka gunakanlah domain TLD dengan nama domain yang sudah saya jelaskan diatas. Dengan menggunakan domain TLD selain terlihat profesional anda juga akan semakin terlihat terpercaya dimata orang lain maupun pengunjung blog anda.

Terus cara menghasilkannya bagaimana? untuk menghasilkan uang salah satunya anda bisa bekerja sama dengan publisher iklan seperti google adsense. Google adsense sudah sangat terkenal untuk kerja sama penayangan iklan dan aman untuk dijadikan kerja sama.

Kedua, Membuat Toko Online

Bagi anda yang tidak suka menulis akan tetapi memiliki kemampuan entrepreneur "dagang" maka solusinya adalah buatlah toko online. Sudah banyak memang jasa toko online yang sudah terkenal seperti tokopedia.com, blibli.com, jd.id dan lain sebagainya akan tetapi kita juga perlu toko online personal sebagai branding kita kedepannya agar semakin dikenal oleh orang banyak.

Untuk membuat toko online pastinya juga kita memerlukan hosting sebagai wadah file dan domain untuk alamat web kita. Jika anda memiliki modal yang lumayan anda bisa membeli hosting murah di rumahweb.com. Biasanya anda akan mendapatkan domain secara gratis dengan membeli hosting tersebut.

Namun jika anda tidak memiliki banyak modal anda juga bisa menggunakan layanan blogger.com secara gratis dengan fasilitas yang lumayan. Untuk memiliki kepercayaan konsumen anda bisa menggunakan domain TLD seperti .com, .info, .net dan lain sebagainya.

Domain profesional sangat diperlukan selain dapat dipercaya juga anda akan memiliki branding secara personal dimana orang lain tidak akan nyasar jika sedang mencari toko online anda. Hal ini tentunya berbeda jika anda menggunakan layanan blogger.com akan tetapi masih menggunakan subdomain dari blogspot.com

Adapun masalah template untuk toko online khusus blogger dengan fasilitas tidak kalah dengan website besar seperti tokopedia.com dan blibli.com anda jangan khawatir karena di blogger juga terdapat template terseabut. Dengan modal kecil kisaran 200.000 anda sudah mendapatkan domain TLD dan template yang bagus salah satunya adalah template mirip tokopedia milik RianSEO atau Simple Blibli Templates milik saya sendiri.

Baca juga: telah hadir template jual beli online mirip blibli.com harga murah

Ketiga, Membuka Layanan Jasa

Selain anda membuat blog personal anda juga dapat mensisipkan blog tersebut dengan membuka layanan jasa atau anda bisa membuat blog dengan fokus layanan jasa.

Banyak sekali di era milenial ini mempromosikan layanan jasa secara online. Dengan layanan jasa online tersebut tentunya membutuhkan domain. Anda bisa membuka jasa penulisan artikel seperti blog personal mastimon.com, kompiajaib.com, mastrigus.com, layanan jasa backlink untuk meningkatkan peforma blogger seperti panduanmenulis.com, layanan jasa optimasi kecepatan blog seperti kodejarwo.com, layanan jasa hosting dan domain itu sendiri seperti rumahweb.com, layanan jasa buat template atau redign template seperti azid45.web.id milik saya sendiri dan bisa juga yang lainnya sesuai dengan kemampuan anda.

Keempat, Membuat Web Perusahaan atau Edukasi

Membuat web perusahaan merupakan solusi untuk mudah dikenal orang banyak. Dengan membuat web perusahaan maka domain sangat kita perlukan. Agar web perusahaan terpercaya sebagaimana saran saya gunakanlah domain TLD.

Dengan memanfaatkan domain TLD ini setidaknya perusahaan anda akan dikenal di dunia maya untuk di cari ribuan orang tatkala mereka membutuhkan perusahaan anda. Selain itu anda juga menginformasikan tatkala ada produk terbaru atau ada lamaran pekerjaan di perusahaan yang anda buat.

Terakhir, Cari Lomba Menulis Artikel Secara Online

Dengan memiliki domain dan hosting anda juga dapat menggunakannya untuk mengikuti kompetisi blog. Mulai dari kompetisi SEO, kompitisi produk, hingga kompitisi layanan hosting dan domain itu sendiri.

Dengan mengikuti blog competition anda setidaknya jika terpilih menjadi juara maka anda akan mendapatkan hadiah yang lumayan besar tergantung peringkat yang anda dapatkan dengan total minimal adalah 500.000 rupiah.

Untuk blog competition sendiri di bulan oktober kemaren hingga 20 Desember 2019 mendatang terdapat rumahweb blog competition dengan total hadiah yang lumayan besar yaitu:

untuk juara I mendapatkan Rp. 3.000.000, juara II mendapat 2.000.000, juara III mendapat 1.000.000 dan juara favorit khusus 3 orang mendapat 500.000. Untuk ketentuan anda bisa lihat di link https://www.rumahweb.com/blog-competition/

rumahweb blog competition

Demikianlah artikel saya terkait tips jitu memanfaatkan domain khusus bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat, Amin.

#rumahweb #blogcompetition
Reactions
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar