Skip to main content

Cara Membuat Link Dengan Menggunakan Javascript di Blogger

Cara Membuat Link Dengan Menggunakan Javascript di Blogger
www.azid45.web.id - Cara Membuat Link Dengan Menggunakan Javascript di Blogger. Assalamualaikum.Wr.wb, selamat malam sahabat blogger pada kesempatan kali ini saya akan share pengalaman terkait mencari cara membuat link yang bisa di setting di tata letak dan pastinya itu harus menggunakan javascripts.

Saya sudah lama tidak posting tutorial bahkan blog ini pengunjungnya jadi sedikit dibanding dengan saat saya sering update postingan. Kali ini saya akan membahas perihal javascript pemanggil link yang kita butuhkan. Ceritanya saya mencari cara ini adalah dari jasa template toko online yang sedang saya kerjakan.

Template saat ini harus dituntut lebih mudah settingannya dari pada template yang sudah ada. Lihat saja Linkmagz, template tersebut sudah di optimasi sedemikian rupa agar pengguna template tidak usah repot-repot customsize template pada menu Edit HTML.

Bahkan pada template LinkMagz keluaran terbaru (update versi 2.6.0-2) sudah tersedia widget khusus kode CSS dan kode Javascript di menu tata letak.

Dari sini saya juga harus demikian, salah satu kendala saat membuat template dari jasa template online baru-baru ini adalah kesulitan menapulasi link href agar mudah untuk di ganti tanpa menuju edit HTML. Memang secara umum untuk link href kita bisa menggunakan widget LinkList atau PageList akan tetapi saat kita link tersebut harus berada selain widget tersebut maka mau tidak mau harus di setting manual di menu edit HTML.

Itu anggapan awal saya, namun pada benak saya pasti ada cara lain untuk memanipulasinya, ya pasti dengan bantuan javascript. Mulailah mencari tutorial dari berbagai sumber dan akhirnya ada script yang cocok untuk memanggil link dengan metode variabel dan attr.

Berikut kode yang saya gunakan, dimana script ini saya dapatkan dari group Stack Overflow

  $(function(){
    var linkRegistrasi = 'https://digiartic.com/member/daftar/';
    $('a.tombol-follow').each(function(){
        $(this).attr('href', linkRegistrasi);
    });
});


Untuk melihat script aslinya Anda bisa cek di JSFiddle

Untuk cara membuat link menggunakan javascript Anda bisa simak tutorial berikut ini:


  1. login blogger
  2. menuju menu tata letak dan buat widget baru Javascript/HTML
  3. masukan kode javascript diatas dan jangan lupa Url blog dan kode a.tombol-follow di ubah sesuai kebutuhan setalah itu klik simpan terlebih dahulu
  4.  sekarang menuju menu Tema dan klik Edit HTML
  5. Jika sudah buatlah kode <a class='tombol-follow'>Nama Link</a> setelah itu save template

Keterangan:

Lihat a.tombol-follow, tombol tersebut harus sama dengan class='tombol-follow'. Anda bisa mengubah kode tersebut sesuai keinginan dan kebutuhan.

Lihat juga link https://digiartic.com/member/daftar/, jangan lupa ganti juga link tersebut dengan Url blog sesuai keinginan dan kebutuhan.

Jika Anda ingin membuat link menggunakan javascript lebih dari satu maka yang perlu Anda lalukan adalah ganti linkRegistrasi dengan nama lain sesuai keinginan dan kebutuhan agar tidak bentrok javascriptnya.

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah pernah lihat kode script tersebut, atau bisa jadi sebagian besar belum pernah lihat dan bingung terhadap tutorial yang saya buat ini. Memang tutorial ini sengaja dibuat seperti ini dan bertujuan untuk pengingat saja agar nantinya jika butuh kode script tersebut tidak cari lagi diberbagai sumber.

Terimakasih sudah membaca tutorial tentang Cara Membuat Link Dengan Menggunakan Javascript di Blogger ini, semoga bemanfaat.
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar
Close Disqus