Skip to main content

Recent Disqus

Click Here On Load Disqus

Download Makalah Tentang Etika dan Profesi Keguruan

Download Makalah Tentang Etika dan Profesi Keguruan
Konten [Tampil]

www.azid45.web.id - Assalamualaikum.wr.wb, pada artikel kali ini saya akan membagikan kepada teman-teman makalah tentang etika dan profesi keguruan yang pastinya teman-teman bisa mendownloadnya secara gratis. Sebelum mendownload, makalah tersebut, teman-teman bisa melihat latar belakang, daftar isi makalah, dan daftar pustaka pada rincian dan penjelasan berikut agar tidak kecewa terhadap makalah yang akan saya bagikan nantinya. Untuk memberitahu bahwa pokok bahasan utama pada makalah ini adalah pandangan etika dan profesi keguruan menurut KH. Hasyim Asy'ari.

Latar Belakang 

Guru merupakan salah satu pemodal pendidikan bagi perkembangan pemikiran peserta didik. Dalam UU No. 14 Tahun 2005 menjelaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.[1] Pengertian ini selaras dalam UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan, bahwa guru adalah : tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi.[2]

Sebagai seorang guru professional akan tercermin dalam penampilan pelaksanaan pengabdian tugas-tugas yang ditandai dengan keahlian baik dalam materi maupun metode. Keahlian yang dimiliki oleh guru profesional adalah keahlian yang diperoleh melalui suatu proses pendidikan dan pelatihan yang diprogramkan secara khusus. Untuk itu keahlian tersebut mendapat pengakuan formal yang dinyatakan dalam bentuk sertifikasi dan akreditasi. Dengan keahliannya itu seorang guru mampu menunjukkan otonominya, baik secara pribadi maupun sebagai pemangku profesinya.

Namun realitas yang ada, guru di era teknlogi sekarang ini mengalami kemunduran akan profesionalisme guru. Hal ini desebabkan beberapa factor antara lain: (1) masih banyak guru yang tidak menekuni profesinya secara utuh karena banyak guru yang bekerja di luar jam kerjanya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari sehingga waktu untuk membaca dan menulis untuk meningkatkan diri tidak ada; (2) belum adanya standar profesional guru sebagaimana tuntutan di negara-negara maju; (4) kurangnya motivasi guru dalam meningkatkan kualitas diri karena guru tidak dituntut untuk meneliti sebagaimana yang diberlakukan pada dosen di perguruan tinggi.

Dari pandangan demikian, maka diperlukannya sebuah upaya kebijakan-kebijakan tentang guru dan dosen yaitu tentang etika profesi guru dan kode profesi guru. Etika adalah sebuah system prinsip-prinsip kesusilaan atau moral dalam suatu profesi.[3] Etika profesi hakikatnya merupakan suatu kriteria penting dalam rangka profesionalisasi suatu profesi demikian juga dalam kode etik guru dan dosen.

Pada hakekatnya kebijakan ini sudah tertuang dalam UU Guru dan Dosen, dalam UU ini menentukan bahwa untuk menjaga dan meningkatkan kehormatan dan martabat guru dan dosen dalam pelaksanaan tugas keprofesionalan membentuk kode etik. Kode etik berisi tentang norma dan etika yang mengkat perilaku guru dalam pelaksanaan tugas keprofesionalannya.

[1] UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (Jakarta: Sinar Grafika), pasal 1 ayat 1
[2] Departemen Agama RI, Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan ( Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam, 2006), pasal 39 ayat 1
[3] Trianto dan Titik Triwulan Tutik, Tinjauan Yuridis Hak Serta Kewajiban Pendidik Menurut UU Guru dan Dosen, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2006), h.165

Daftar Isi

Pertama, Pengertian Etika dan profesi Keguruan, disini akan menyajikan pengertian etika dan keguuran dari berbagai para ahli.

Daftar Pustaka

Aris Suherman dan Ondi Saondi. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung : Refika Aditama.
Asy’ari, Hasyim. 1413 H. Adabul ‘Alim wa al-Muta’allim. Jombang: Maktabah Turats al-Islami.
Buchari alma, dkk. 2010. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Departemen Agama RI. 2006. Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan .Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam.
Fachruddin Saudagar dan Ali Idrus. 2011. Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta: Gaung Persada.
Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Herawati, Susi. 2009. Etika dan Profesi Keguruan. Batusangkar: STAIN Press.
Imron, Ali. 1996. Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Ruswandi, Uus. 2010. Pengembangan Kepribadian Guru. T.p : CV. Insan Mandiri.
Salam, Burhanuddin. 1997. Etika Individual Pola Dasar Filsafat. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardjo dan Ukim Komarudin. 2010. Landasan Pendidikan dan Konsep Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Surya, Mohamad. 2010. landasan pendidikan menjadi guru yang baik. Bogor: ghalia Indonesia.
Thomas Gardon dan Mudjito. 1990. Guru yang Efektif. Jakarta: CV Rajawali.
Trianto dan Titik Triwulan Tutik. 2006. Tinjauan Yuridis Hak Serta Kewajiban Pendidik Menurut UU Guru dan Dosen. Jakarta: Prestasi Pustaka.
UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika

Demikian ringkasan makalah tentang etika dan profesi keguruan, untuk mendownloadnya teman-teman bisa klik pada tombol download berikut ini, nanti akan dialihkan pada file makalah.

kode makalah : 6. Etika dan profesi keguruan pandangan Kh. Hasyim Asy'ari.docx

Keterangan: Dokumen berikut ini, akan dialihkan atau diredirect kelaman linku-1.blogspot.com agar terjaga dari virus dan keamanan file. Jika anda tidak tahu cara untuk melewati redirect ini, anda bisa lihat tutorial disini (cara melewati redirect linku-1.blogspot.com)

Kode: 6. etika dan profesi keguruan pandangan Kh. Hasyim Asy'ari
Reactions
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar