Skip to main content

Download Makalah Tentang Hakekat Bahasa Sebagai Dasar Filsafat Teori Bahasa


www.azid45.web.id - Assalamu'alikum.wr.wb, Pada kesempatan kali ini, saya akan share makalah saya ketika mahasiswa. Makalah ini membahas tentang Hakekat Bahasa Sebagai Dasar Filsafat Teori Bahasa. Pada makalah ini membahas tiga sub materi pokok yang akan saya jelaskan berikut ini.

Sebelum menjelaskan isi dari makalah ini, alangkah baiknya teman-teman membaca terlebih dahulu latar belakang makalah tentang Hakekat Bahasa Sebagai Dasar Filsafat Teori Bahasa

Latar Belakang 

Perhatian filsafat terhadap bahasa yang merupakan paradigma teori-teori bahasa sebenarnya telah berlangsung lama bahkan sejak zaman Yunani. Sebagaimana diketahui Herakleitos telah mengembangkan pemikiran bahwa “kata” (logos) menurutnya bukan semata-mata gejala antropologis melainkan mengandung kebenaran kosmis yang universal. Demikian pula bilamana sebelum Herakleitos ‘kata’ seringkali dipandang sebagai memiliki makna magis, namun Herakleitos mengembangkannya sebagai fungsi semantic dan simbolis. Dalam pengertian inilah dalam zaman Yunani kuno filsafat bahasa telah mendapat perhatian para filsuf. Demikian juga filsuf besar dunia Plato telah mengembangkan pemikiran filsafat bahasa. Ia telah membahas tentang hakikat bahasa, di mana ia menyatakan bahwa bahasa adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan ‘onoma’ dan ‘rhemata’ yang merupakan cermin dari ide seseorang melalui arus ujaran. Demikian juga pada saat itu telah berkembang pemikiran spekulatif tentang hakikat bahasa sebagai ‘analogi’ dan ‘anomali’. Ungkapan-ungkapan metafisik juga telah dikembangkan oleh para filsuf sebagai upaya untuk menguak hakikat bahasa, antara lain Schleiermecher, Dilthey, Heidegger maupun Gadamer.

Isi Makalah

Dalam makalah tentang hakikat bahasa sebagai dasar filsafat teori bahasa memiliki tiga sub pokok bahasa, yaitu; bahasa sebagai sesuatu yang alamiah. Bahasa sebagai sesuatu yang alamiah ini terbagi dari bahasa bersifat kausalitas bahasa bersifat bebas., Bahasa sebagai aktifitas manusia dan Bahasa bersifat dinamis.

Daftar Pustaka

Kaelan. 2013. Pembahasan Filsafat Bahasa. Yogyakarta: Paradigma.
W, Poespropoja. 2007. Logika Scientika Pengantar Dialektika dan Ilmu. Bandung: Pustaka Grafika.
Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik. Jakarta: Rineka cipta cetakan kedua.

Demikian ringkasan makalah tentang Hakikat Bahasa Sebagai Dasar Filsafat Teori Bahasa, untuk mendownloadnya anda bisa klik pada tombol download berikut ini, nanti akan dialihkan pada file makalah.
kode makalah : 9. Hakikat Bahasa Sebagai Dasar Filsafat Teori Bahasa.docx

Keterangan: Dokumen berikut ini, akan dialihkan atau diredirect kelaman linku-1.blogspot.com agar terjaga dari virus dan keamanan file. Jika anda tidak tahu cara untuk melewati redirect ini, anda bisa lihat tutorial disini (cara melewati redirect linku-1.blogspot.com)

Kode: 9. Hakikat Bahasa Sebagai Dasar Filsafat Teori Bahasa.docx
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar
Close Disqus