Skip to main content

Recent Disqus

Click Here On Load Disqus

Inilah 4 Aplikasi Yang Digunakan Dalam Penelitian Kuantitatif

Inilah 4 Aplikasi Yang Digunakan Dalam Penelitian Kuantitatif
Konten [Tampil]
Inilah 4 Aplikasi Yang Digunakan Dalam Penelitian Kuantitatif
www.azid45.web.id - Inilah 4 Aplikasi Yang Digunakan Dalam Penelitian Kuantitatif. Assalamualaikum.Wr,Wb. Pada kesempatan kali ini saya akan share pengalaman saya terkait aplikasi dalam penelitian kuantitatif. Sebuah penelitian memang secara umum terbagi menjadi 2 jenis yaitu penelitian bersifat kuantitatif dan penelitian bersifat kualitatif. Biasanya penelitian yang bersifat kuantitatif sering menggunakan sebuah angket dan data berupa angka untuk menentukan kesimpulan dan jawaban terhadap hipotesa yang telah dibuat dalam sebuah penelitian tersebut.

Data yang berupa nilai inilah yang perlu kita hitung menggunakan sebuah alat bantu agar kita sebagai peneliti tidak kebingungan jika hanya menggunakan rumus dan perhitungan manual. Dimana nilai tersebut berupa data statistik oleh karenanya kita juga harus menghitungnya dengan alat bantu statistik pula. Dari pengalaman yang sering saya alami dan saya baca dari berbagai penelitian rata-rata mahasiswa yang menggunakan jenis penelitian kuantitatif ini menggunakan SPSS untuk menguji, menghitung dan memberikan simpulan terhadap hasil data tersebut. Apakah hanya aplikasi SPSS saja? Tentunya jawabannya adalah tidak. Selain SPSS, juga terdapat beberapa aplikasi sebagai alat bantu untuk menghitung penelitian kita. Diantaranya adalah;

Baca Juga: Contoh Penelitian Kuantitatif dengan judul efektifitas

Pertama, Microsoft Ecxel. aplikasi pertama adalah microsoft excel. Anda sebagai seorang mahasiswa pasti memiliki program Microsoft Office seperti microsoft word untuk penulisan makalah, surat, penelitian dan lain sebagainya, microsoft power point untuk mempermudah dalam presentasi sebuah makalah, laporan penelitian, maupun lainnya, microsoft Office Tools untuk mengedit gambar sederhana, serta microsoft excel untuk olah data berupa nilai atau angka.

Dalam mengolah sebuah data, sebenarnya kita bisa menggunakan microsoft excel ini, namun kebanyakan mahasiswa kurang memahami terhadap software yang satu ini oleh sebab itu banyak yang tidak sadar akan sangat berguna sakali tat kala kita bisa menjalankan program tersebut baik paham rumus maupun basic macros untuk mengolah sebuah data penelitian melaluai software tersebut.

Ada sebuah tools sederhana menggunakan microsoft excel buatan dari Purwo Adi Wibowo. Tools ini berfungsi untuk menunjukkan distribusi Z dan pengujian hipotesis. Aplikasi ini terbilang cukup membantu bagi anda yang sedang belajar atau proses pengolahan data penelitian. Saya sendiri mendapatkan tools tersebut dari Ust. Qobid dosen UIN Sunan Ampel Prodi HI. Untuk memperoleh tools ini, anda bisa mendownloadnya disini.

Selain tools tersebut, sebenarnya ada tools atau add in untuk software microsoft excel khusus sebagai analyisis. Tools tersebut bernama analysis tools pack, yang merupakan feuture baru untuk microsoft excel 2010 ke atas. Tools tersebut tidak akan anda jumpai pada microsoft excel anda, kecuali anda harus menginstallnya secara manual pada laptop atau komputer anda. Jika anda menginginkan tools tersebut, anda bisa mendownloadnya disini dan untuk mengaktifkannya bisa mengikuti langkah-langakahnya bisa klik disini.

Kedua, Minitab. Aplikasi selanjutnya yang digunakan sebagai alat bantu pengolah data adalah minitab. Menurut pengalaman saya, output olah data yang disajikan pada aplikasi ini cukup sederhana tidak sedetail yang disajikan pada SPSS namun kita juga perlu menggunakannya sebagai validasi data atau penguat data. Misalnya, kita ingin mengolah data berupa uji korelasi menggunakan product moment, sebagai pengolah data sejatinya kita harus membuktikan lebih dari 2 alat tidak hanya satu alat saja. Tujuannya tidak lain adalah melihat kesamaan hasil khusus pada data tersebut.

Baca Juga: 7 Hal yang harus ada pada latar belakang sebuah penelitian

Jika kita mendapatkan nilai r 0,792 dengan p-value 0,005 pada SPSS maka seharunya pada alat lain juga harus demikian baik itu minitab maupun microsoft excel. Untuk itulah meskipun aplikasi ini cukup sederhana bagi saya namun saya tetap merekomendasikan kepada anda (sebagai pengunjung blog ini) untuk menggunakannya juga. Jikas anda belum memiliki aplikasi tersebut, anda bisa mendownload pada laman resminya di www.minitab.com atau bisa juga klik disini. Meski aplikasi tersebut masih bersifat trial, tapi setidaknya cukup membantu anda untuk mengolah data.

Ketiga, SPSS. Aplikasi selanjutnya adalah SPSS. Sebagaimana yang saya deskripsikan diawal, bahwa aplikasi ini sangat sering digunakan oleh para peneliti sebagai alat olah data. Bagi anda yang ingin belajar cara kerja aplikasi ini sudah banyak tutorial yang bertebaran di google jadi sangatlah mudah untuk memperolehnya. Namun disini, saya merekomendasikan sebuah layanan tutorial yang sangat bagus menurut saya terkait tutorial olah data khususnya menggunakan aplikasi ini, seperti www.spssindonesia.com, www.statistikian.com, dan www.laporanpenelitian.com atau subdomainnya tu.laporanpenelitian.com. Dan Bagi anda yang belum memiliki SPSS, anda bisa mendownloadnya disini. Link tersebut adalah salah satu link resmi dari SPSS dan mungkin saja masih bersifat trial. Untuk memperoleh SPSS full version, anda bisa mencarinya pada search engine dengan keyword "download IMB SPSS Statistic gratis full version". Dari hasil pencarian, ada bebarapa yang share SPSS gratis namun full version, anda bisa mendownloadnya dengan klik link disini (sumber: www.siberuang.com) untuk SPSS versi 24 dan klik link disini (password www.yasir252.com) untuk SPSS 25, dan cara menginstallnya sebagai berikut: ekstraks dengan winrar versi 5.6 - Jalankan file setup.exe, - mulai installasi - Di akhir installasi, Unceklist Open SPSS 25 - Setelah selesai, copy file crack lservrc - Paste ke folder C:\Program Files\IBM\SPSS\Statistics\25 - Tidak perlu kode license authorization - Kalo berhasil, nanti ada tulisan trial selama 6200+ days.

Keempat, aplikasi terakhir yang mungkin belum anda kenal adalah aplikasi Free Statistics and Forecasting Software, sebuah tools untuk olah data statistik yang menurut saya sangat akurat. Aplikasi ini dibuat oleh Wessa, P. (2019), Free Statistics Software, Office for Research Development and Education, dengan version 1.2.1. Aplikasi ini bersifat online, dengan mengkakses situs www.wessa.net. Pada aplikasi atau tools tersebut terdapat berbagai menu, seperti descriptive statistics software, regresson software, statistical distribution, statistical hypothesis testing software, Time series analysis, statistics education at Simon Fraser University, statistics education at Aston University, sample size software, factor analysis, dan clustering software.

Misalnya, jika anda ingin menghitung hubungan atau korelasi maka anda bisa menuju link tersebut kemudian klik pilih descriptive statistics softwer  dan pilih correlation. Disana akan disajikan dua tabel tinggil input data pada kolom tabel tersebut dan klik compute maka anda akan disajikan sebuah data lengkap dengan uji normalitas.

Demikianlah 4 aplikasi yang digunakan dalam penelitian kuantitatif dan mungkin aplikasi yang harus ada untuk penelitian kuantitatif. Semoga bermanfaat. Amin.

Reactions
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 085733513782 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar